Thursday, April 4, 2024

Makna Kunjungan Prabowo Ke China

Pakem diplomatik internasional kali ini "agak laen". Biasanya Presiden yang baru dilantik memulai kunjungan keluar negeri, ke negara sahabat terdekatnya. Namun China membuat surprise diplomatik "agak laen" dengan mengundang Prabowo Subianto ke Beijing tanggal 31 Maret sampai 2 April 2024 dalam kapasitas sebagai presiden terpilih. Walaupun legalitasnya masih disidangkan di Mahkamah Konstitusi. Belakangan Kemenhan mengklarifikasi bahwa kunjungan Prabowo dalam kapasitas sebagai Menhan.

Perhatian Beijing kepada next leader Indonesia ini menjadi tontonan diplomatik dunia. Sekaligus sebuah inisiasi kecerdasan diplomatik Xi Jinping untuk "mengambil hati" pemimpin Indonesia lima tahun ke depan. Negara Pakta AUKUS "satu perguruan dan satu nasab" Australia, Inggris dan AS yang menjadi seteru China tak luput pasang mata dan telinga intelijen. Serta sedikit kasak kusuklah membaca "arah angin" Indonesia. Maklum karena posisi geopolitik negeri kita di Laut China Selatan (LCS)sangat strategis menurut AUKUS. Jadi AUKUS harus memonitor, mengontrol dan merangkul Indonesia. Bisa aja Pakde Kus.

Kita semua tahu Prabowo adalah figur yang tegas untuk urusan marwah negeri. Potensi konflik di Indo Pasifik khususnya di LCS menguatkan adrenalin militer jendral pasukan tempur ini. Siapa pemicu huru hara "nine dash line" semua warga bumi yang bernama manusia sudah paham banget. Regulasi UNCLOS ditabrak, code of conduct diabaikan, nota protes dilecehkan. Bahkan fakta yang terjadi di lapangan adalah China membangun pangkalan militer di sejumlah Atol Spratly dan Paracel. Kemudian mengerahkan kapal penjaga pantai (coast guard) termasuk kapal nelayan milisi. Dan berkali-kali melakukan show of force armada kapal perang.

Dengan dinamika kawasan seperti ini, tensi meninggi dan intimidasi berkepanjangan, sebagai Menhan, Prabowo melihat ancaman militer secara jelas dan terbuka now and next. Oleh sebab itu Indonesia harus mempercepat perkuatan militer di tiga matra. Termasuk memperkuat armada paramiliter BAKAMLA. Perkuatan militer Indonesia yang dilakukan secara extra ordinary selama 3 tahun terakhir, menunjukkan keseriusan pemerintah. Presiden Jokowi pernah bilang untuk urusan pertahanan kita serahkan sepenuhnya kepada Menhan Prabowo.

Perkuatan alutsista TNI saat ini sesungguhnya merupakan show of force juga. Bagian dari model diplomasi militer Indonesia bernada satire "anda sopan kami segan, anda arogan kami angkat the gun". Prabowo serius soal ini. Meski tak ada kaitannya, kunjungan Menhan ke Beijing bersamaan pula dengan sign kontrak efektif alutsista strategis TNI AL, yaitu 2 kapal perang PPA dari Italia dan 2 kapal selam Scorpene Evolved dari Perancis. Sebuah pertunjukan dari kampanye militer Indonesia kepada pencetus klaim sepihak LCS.

Persiapan Indonesia mengantisipasi palagan LCS dapat dilihat dari ketersediaan anggaran belanja alutsista yang disetujui. Besaran nominalnya US$ 25 Milyar untuk periode 2020-2024. Ini adalah belanja alutsista terbesar setelah era Dwikora. Realisasinya bisa kita lihat dengan beragam transaksi alutsista. Antara lain 42 jet tempur Rafale, 2 kapal perang heavy fregate merah putih, 2 kapal perang PPA, 2 kapal selam Scorpene Evolved, 20 radar GCI, software network centric warfare, satelit intelijen, 2 pesawat A400M, 2 pesawat tanker, 12 UCAV Anka, 14 UAV Scan Eagle, 6 kapal cepat rudal, 4 kapal OPV, 2 kapal intelijen bawah air, 1 kapal  submarine rescue, 22 helikopter blackhawk, 8 helikopter Cougar, 9 helikopter Bell 412, 6 pesawat CN 235, 9 pesawat NC212, 18 tank Harimau dan lain-lain. Termasuk upgrade 41 KRI eksisting.

Ke depan akan semakin banyak alutsista yang menjadi aset TNI. Baru lima belas tahun terakhir ini pemerintah membuat rencana strategis pertahanan untuk perkuatan alutsista TNI. Dari program renstra ini ternyata banyak sekali alutsista yang harus dipenuhi untuk mengisi inventori aset di kesatrian dan pangkalan militer TNI. Padahal hanya untuk mencapai kriteria minimum essential force (MEF). Bisa kita bayangkan betapa tertinggalnya kita selama ini dalam pemenuhan kebutuhan gizi alutsista pertahanan.

Dalam perspektif kita makna kunjungan Prabowo ke China membawa bargaining position yang kuat untuk Indonesia. China tentu melihat sosok Jenderal Prabowo yang tegas dengan latar belakang militer. Termasuk mencermati pertumbuhan kekuatan ekonomi dan pertahanan Indonesia yang terus melaju. Xi Jinping menginginkan perkuatan hubungan ekonomi skala luas dengan mengambil contoh kereta cepat China-Indonesia. Termasuk kerjasama bidang pertahanan. Nah, kalau untuk kerjasama ekonomi kita terbuka kepada semua negara. Namun untuk kerjasama pertahanan kita mesti selektif. Dan harus cerdas mendeteksi serta menganalisis bahasa diplomatik bermanis muka. 

****

Jagarin Pane / 04 April 2024


79 comments:

Anonymous said...

Terimakasih pak jagarin, tolong info kelajutan untuk u214, wedgetal dan f15ex, apakah progress ?

Anonymous said...

Kapal Opv ditambah menjadi 4 diluar kapal perang ppa apakah spesifikasinya sama ? ( Opv 90 )

Anonymous said...

Adakah kemungkinan kita mengimport alatista dari China karena beberapa dagangannya sudah ditawarkan dan cukup menggiurkan terutama kapal perang dgn spesifikasi tinggi dgn harga murah

Jagarin Pane said...

0pv 90 semua buatan gal swasta dalam negeri.

Buana said...

Bung Jagarin, apa ada rencana ke depan Indonesia memesan Kapal sekelas KRI golok dilengkapi 32 unit peluncur rudal pertahanan udara jarak menengah, dan 8 unit peluncur torpedo, serta 4 unit milenium oerlikon, dng komposisi 2 di depan dan 2 dibelakang, 4 titik peluncur rudal pertahanan udara jarak pendek sekelas RIM 112, dan 8 unit peluncur sonar palsu, serta 8 titik decoy launcher, serta 4 titik senapan otomatis dng sistem RCWS cal 7,62 mm dilengkapi radar pendeteksi dan kamera dng infra red, serta penglihatan malam,kapal dan pesawat serta drone, 4 unit peluncur drone kamikaze, 2 unit senjata laser dng radar otomatis, 8 unit RPG portabel, mengantisipasi jika ada kerusakan pada peluncur rudal pertahanan udara

Jagarin Pane said...

Kri golok sekelas kapal cepat rudal, posturnya hanya utk hit and run. Rudalnya hanya utk kapal permukaan.

Anonymous said...

Daripada pesan KRI Golok utk TNIAL mendingan pesan 28unit tank boat antasena buat TNIAL dgn perincian jumlah Lantamal TNIAL ada 14 buah sehingga masing masing Lantamal TNIAL dapat 2unit tank boat antasena, tank boat antasena ini bisa dimodifikasi utk membawa 2unit tabung terpedo 533mm dgn terpedo SUT buatan PT DI sehingga tank boat antasena berubah menjadi tank boat terpedo antasena. Tank boat anrasena lebih lincah manuvernya daripada KRI Golok.

Anonymous said...

Type kapal siluman KRI Golok lebih cocok utk kapal pemburu kapal selam dan kapal penyapu ranjau atau kapal menebar ranjau di laut.

Anonymous said...

Seandainya dana korupsi 271T, bahkan lebih dari segitu klau analisa amatir saya. Dialokasikan untuk penambahan kebutuhan Pertahanan

Buana said...

Terima kasih Bung Haji atas jawabannya yang memberikan tambahan wawasan

Anonymous said...

Tolong analisis nya pak terkait pembelian pesawat rafale dan Kapal selam scorpene terhadap kekuatan militer indonesia di Asean

Anonymous said...

Utk kondisi damai non perang keberadaan 42unit jet tempur baru utk TNI AU + 2unit kapal selam scoorpen baru utk TNIAL + 2uniit heavy korvet Itali buat TNIAL bagi RI adalah utk mengisi kekosongan armada perang karena ada alutsista umur tua yg mau dipensiunkan tapi bagi kawasan di sekitar wilayah RI keberadaan alutsista baru tersebut menarik perhatian karena alutsista baru tersebut harganya mahal mahal dan tina tiba saja RI bisa membelinya walau pake skema pinjaman luar negeri sehingga keberadaan alutsista baru mahal tersebut membuat wibawa RI meningkat alias negara sekitar RI akan berpikir 7kali kalo mau berbuat usil kepada RI. Kalo dilihat dari keadaan perang yg sesungguhnya keberadaan alutsista baru milik RI itu akan menjadi bulan bulanan serangan rudal rudal musuh beserta drone kamikaze musuh sehingga saat perang berkecamuk misalnya RI harus extra hati hati bila mau menggerakkan alutsista baru tersebut, salah perhitungan sedikit saja hancur sudah alutsista baru kebanggaan RI itu. Itu kira kira gambarannya.

Anonymous said...

KASAL bilang akan ada tambahan kapal selam (beli plus tot) dari negara lain selain perancis

Jagarin Pane said...

Prediksinya Jerman

Anonymous said...

Sudah ada 3unit kasel TNIAL changbogo class yg operasional walau ada kekurangan sana sini tapi toh butuh perawatan + sparepartnya sehingga masih butuh bantuan DSME Korsel, nah dari sini bisa ditebak nantinya batch ke2 changbogo class akan direalisasikan dgn sehumlah perbaikan dan penyempurnaan di changbogo class batch ke2 ini. Kalo tidak dilanjutkan batch ke2 ini bagaimana masalah perawatan dan sukucadang nagapasa class kasel changbogo class batch1 ini? Karena pihak jerman angkat tangan kaga mau bantu soal perawatan dan berbaikan pada nagapasa class bila ada keluhan. Jadi mau kaga mau utk mempertahankan kelangsungan operasional nagapasa class ini maka batch ke2 changbogo class ya harus direalisasikan. Tidak mungkin nagapasa class yg sudah operasi ini dibuang begitu aja karena diganti dgn pengadaan kasel baru U214 jerman sebanyak 3unit. itu namanya buang buang uang negara.

Anonymous said...

Yang jadi masalah adalah ketika batch ke2 changbogo class distop selama lamanya oleh RI dan pindah ke pengadaan kasel baru U214 jerman + scoorpen class pastinya pihak DSME Korsel akan ngambek dan bagaimana bila ada kerusakan pada nagapasa class batch 1 yg butuh bantuan DSME Korsel tapi kaga mau bantu alias ngambek, apakah nagapasa class batch 1 ini harus dibuang gara gara pihak DSME ngambek karena minta tolong jerman aja susah bahkan jauh jauh hari jerman angkat tangan kaga mau perbaiki kerusakan atau keluhan yg ada di nagapasa class batch 1 ini, jerman aja bertanya kenapa beli kasel baru dari Korsel yg belum teruji? Dan kenapa kok kaga langsung beli kasel baru ke jerman? Itulah pertanyaan dari pihak produsen kasel jerman. Bingung kan jawabnya.

Anonymous said...

Makasih pak atas pandangannya, semoga kedepannya kepala staf dapat lebih meningkatkan kualitas prajurit dan membuat program yang tepat untuk terus memodernisasi alutsista TNI agar Indonesia semakin berwibawa di kancah Internasional. Dan pihak memerintah dapat mengalokasikan anggaran yang cukup besar agar semua rencana tersebut dapat terwujud demi militer Indonesia yang kuat ...

Anonymous said...

Semoga saja dapat beli kapal selam canggih dan kuat yang sangat sesuai dengan laut di Indonesia agar pertahanan Indonesia makin kuat

Anonymous said...

Setuju bung ....sy melihatnya sangat disayangkan batch 2 changbogo class tidak dilanjutkan padahal tinggal di tingkatkan saja / disempurnakan masalahnya teknologinya sudah hampir dikuasai klo yg baru akan dimulai lgi dari awal dan kepentingan kita dgn Korea akan terganggu

Anonymous said...

"Anda arogan..kami angkat the Gun"
Mantapp bung JAGARIN..
Ok Gasss..!

Anonymous said...

Terkait rencana Menhan membeli Destroyer baru, apakah sudah ada perkembangan terbaru pak?

Menurut pandangan saya, indonesia perlu menambah kapal perang destroyer canggih minimal 6 buah untuk memperkuat pertahanan Indonesia 10 tahun kedepan

Anonymous said...

kasel baru U214 di buat di pt pal 4 unit dan sekarang sudah mulai bberapa bulan yg lalu , ini terungkap saat kunker anggota DPR komisi 1 dan ada gambarnya, makanya dgn jerman gak di ekspose2 katena kerjaan senyap ala prabowo menhan top kita rasa presiden

Anonymous said...

Apakah ini pertanda bahwa China ingin lebih serius membicarakan tentang penjualan Destroyernya kepada RI ?

Anonymous said...

Pembelian U214 jerman belum deal dan yg sudah deal itu adalah pembelian kasel baru scoorpen class sebanyak 2unit, kunker anggota komisi 1 itu baru sebatas penjelasan bila RI membeli kasel baru U214 jerman dan bila dikerjakan di galangan PT PAL, hanya sebatas itu dulu. Lagian setiap pembelian suatu prosuk alitsista militer baru atau bekas pasti ada publikasi dari si produsen produk tersebut atau si pemilik lama alutsista bekas yg dijual atau dihibahkan, yang bisa tidak terdeteksi atau minim publikasi adalah bila beli produk aliutsita militer di pasar gelap via mafia makelar senjata.

black eagle said...

Kabar FREMM ada angin segar ga bro Jag? Trus isyu Destroy kumaha bang Jag?

Anonymous said...

Bisa saja beli kejerman tot nya yaitu
Perbaikan cangbogo.
Indo beli kasel u214 tot nya cangbogo.
Mudah kan Jerman pasti setuju dan indo dapat tot full cangbogo,dan bay bay korsel

Anonymous said...

Masalahnya dari awal jerman sudah omong angkat tangan soal keluhan kasel nagapasa class yg dibeli dari Korsel.

Anonymous said...

Betul Om. Masalah perbaikan kapal selam gak sekedar dibuka trus dilas lagi krn sambungan baru akan ada pengaruh thd kekuatan struktur kasel saat menyelam

Anonymous said...

Kalo batch 2 changbogo di stop sudah Gak bakalan laku itu improve changbogo di dunia internasional

Anonymous said...

Sebenernya cbg versi ori bagus kualitasnya, dan sdh dapat pengakuan dari bbrp kali event rimpac exercise. Masalahnya kita beli yg versi improved cbg, belum proven, dan produsen terlalu memaksakan....ya gini kejadiannya

Anonymous said...

Semengecewakan itukah changbogo sehingga distop oleh Kemenhan? Moga saja tidak ada unsur politisnya

Anonymous said...

Mudah2an pembelian mirage 2000-5 ex qatar tetap dilanjutkan, lalu ditambah dgn 24 mirage 2000-9 ex uea

Lalu ditambah lagi dgn pembelian 40 mirage 2000-9 ex yunani. Hal ini akan men-cover seluruh hampir seluruh kawasan Indonesia

Indonesia akan ringan bebannya untuk menjaga seluruh wilayahnya, terlebih kalo kita juga membeli 40 F16 c/d ex yunani yg dapat diupgrade setelahnya ..

Cina dmakan berpikir 2 kali untuk masuk ke Natuna, ALKI 2 dan ALKI 3. Begitu juga negara lainnya untuk masuk Indonesia lewat papua dan aceh.

beli juga hercules 9 c130-30j ex Inggris dan 4 c130 ex Selandia Baru untuk memperbanyak daya angkut pasukan ke daerah potensi konflik.

Anonymous said...

Tak sekalian rongsokan depan rumah

Anonymous said...

Pembelian jet tempur mirage 2000 bekas tidak akan dilanjutkan bahkan distop oleh RI karena jet tempur bekas tersebut sudah distop prosuksinya dan diganti orosuk baru yaitu jet tempur rafael. Sehingga kalo udah distop produksinya maka otomatis produksi suku cadangnya juga di stop sehingga akan terjadi kelangkahan suku cadang di pasar. Walau jet tempur bekas itu masih lain terbang jam terbangnya masih rendah tapi kalo suku cadangnya langka ya percuma saja memiliki jet tempur bekas. Daripada memikirkan beli bekas lebih baik lanjutkan pembayaran tunggakan iuran kerjasama KFX-IFX antara Korsel-RI karena kalo udah lunas tunggakan iuran maka RI akan dapat 1unit prototype KFX-IFX yg bernama KF21 utk dipelajari sendiri pengembangannya oleh PT DI. Lagi pula KF21 versi RI kan akan diproduksi sendiri oleh PT DI sebanyak 48unit utk kebutuhan TNIAU. Dari 1unit prototype KF21 utk RI ini kan bisa dikembangkan menjadi jet tempur generasi5 bekerja sama dgn PT Infoglobal + perusahaan dirgantara Turkey.

Anonymous said...

Indonesia sudah waktunya punya pikiran yg berbeda yaitu bukan beli jet tempur baru atau kapal perang baru atau tank baru tetapi sudah saatnya indonesia mandiri di bidang pembuatan rudal rudal permukaan ke permukaan serta rudal rudal pertahanan udara serta rudal rudal anti tank serta harus sudah mandiri di bidang drone kamikase. Kenapa? Lihatlah negara Iran dan Korea utara, mereka madiri dibidang rudal rudal tersebut sehingga banyak negara termasuk NATO takut berhadapan langsung dgn Iran atau Korea utara. Artinya biarkanlah musuh punya kapal perang henat jet tempur hebat tank hebat serta kapal selam hebat tapi kalo indonesia sudah mandiri di bidang rudal rudal serta mandiri si bidang drone kamikaze, maka musuh indonesia tidak akan berani menyerang atau bermain api ke indonesia. Jadi yg namanya senjata canggih gahar dan mumpuni itu adalah mandiri di bidang rudal rudal serta mandiri di bidang drone kamikaze. Jangan lupakan pula kemandirian di bidang satelit militer.

Buana said...

Menurut saya suntikan aja dana penelitian dan pengembangan untuk membuat prototipe jet tempur sikatan dan jet tempur hasil desain dari Lapan

Buana said...

Serta untuk melakukan penelitian, pembuatan protipe Heli serbu gandiwa, mesinnya dan avionicnya

Buana said...

Ini juga untuk membuat mesin, avionic, peluncur rudal dan rudal hipersonik

Anonymous said...

Sangat strategis untuk teruskan pembeluan mirage 2000-5 dan mirage 2000-9 .. masih banyak megara yg pakai dan masih tersedia suku cadangnya

Anonymous said...

Menurut produsen jet tempur yg membuat Mirage 2000 berbagai varian soal suku cadang jet tempur tersebut sudah tidak diproduksi lagi, negara negara yg masih memiliki dan mengoperasikan Mirage 2000 berbagai varian juga harus extra hati hati, tidak semua yg siap operasi, sebagian masih tetap operasi sebagian lagi non operasi yg tujuannya adalah utk kanibal suku cadang bagi Mirage yg masih operasi dan langkah ini dilakukan bila gudang depo suku cadang angkatan udara sudah habis. Beda dengan F-16 versi awal yg seangkatan Mirage 2000 yg saat itu dua duanya kondisi baru ya, karena F-16 masih diproduksi hingga type terbaru yaitu F-16 Viper, makanya suku cadang semua varian F-16 masih ada dan itu dijamin pihak produsen kecuali bila produksi F-16 distop oleh pihak pabrikan maka akan terjadi kelangkaan suku cadang F-16 semua varian persis seperti yg terjadi pada Mirage 2000 semua varian .

Anonymous said...

Kelangkaan suku cadang suatu alutsista militer juga bisa disebabkan karena masalah politik seperti embargo, dan ini juga dialami oleh RI saat orde lama jatuh dan beralih ke orde baru sehingga dampak buruknya pihak rusia dan sekutu Rusia stop suplai suku cadang ke RI akibatnya semua alutsista TNI jadi lumpuh, utk menjaga operasional alutsista TNI yg Made in Rusia harus dilakukan proses kanibalisme yg kebetulan setiap alutsista TNI Made in Rusia ini dibeli dalam jumlah yg lumayan banyak tapi ada yg tidak bisa dikanibalisme seperti contohnya Tu16 yg jumlah unitnya banyak tapi tidak bisa dikanibal sehingga semua armada TU16 grounded, kapal selam whisky Tnial yg jumlah unitnya ada12unit, maka akibat proses kanibal jumlah uni yg ready tinggal 3_4unit aja lalu fregat riga TNIAl yg jumlah unitnya ada 6_12 unit, akibat proses kanibal maka yg ready use tinggal 3-4unit saja, kira kira begitu gambarannya ya

Anonymous said...

Yg jadi pertanyaan adalah tank amphibi dan panser amphibi marinir TNIAL yg notabene adalah Made in Rusia tapi kok masih tetap operasional? Jawabannya adalah karena kedua produk tersebut jeroannya sudah diganti Made in eropa dan USA dan jeroan yg Made in Rusia sudah dibuang.

Anonymous said...

cuma kemenhan dan tuhan yg tahu.

Anonymous said...

Bung jagarin....ketika kemenhan membeli satu jenis alutsista seperti kapal perang dan kasel dari beberapa produsen, tujuan utamanya itu apa sih? Apakah hanya untuk mempercepat target pengadaan dikarenakan kebutuhan yg sangat mendesak ? Atau yg di incarnya itu TOTnya? Dan kalau tujuan utamanya itu TOT, terus ujungnya itu mau di bawa kemana? Apakah kita akan menyatukan semua hasil dari TOT itu untuk membuat kapal perang dan kasel mutan atau apa? Karena setahu saya negara2 yg sekarang sudah bisa membuat kapal perang dan kasel sendiri itu hasil dari TOT satu produsen saja...apakah kita tak akan muntah2 karena kebanyakan TOT? 😁

Anonymous said...

Semisal kapal perang dari denmark, italia mungkin kedepannya di tambah lagi dari jepang dengan segala macam TOTnya, terus kasel dari korea, prancis terus kedepannya mungkin di tambah lagi dari jerman atau turki atau jepang dengan segala macem TOT nya...apakah hasil dari TOT itu semua nantinya kita bisa membuat kapal perang dan kasel jenis baru murni 100 % buatan anak bangsa?

Anonymous said...

Tujuan paling dasar dari ToT adalah mampu mandiri melakukan semua service maintenance dan memperbaiki kerusakan kerusakan yg terjadi tapi dgn catatan ini harus memiliki peralatan tools yg lengkap , pada tahap ini belum memproduksi sendiri spare part baru dan hanya sebatas memperbaiku spare part yg rusak rapi kalo tidak bisa ya harus diganti baru tuh spart partnya. Pada tahap kedua ToT adalah mampu membuat sendiri sebagian spart part baru sesuai dgn perjanjian yg ada di ToTnya. Nah pada tahap ketiga ToTnya adalah mampu mandiri membangun sendiri sebuah produk alutsista militer sesuai dgn isi dari perjanjian ToTnya. Tahap terakhir dari sebuah ToT adalah mampu mandiri menjual produk baru ke pasar di sekitar kawasan dan ini harus disesuaikan dgn isi dari perjanjian sebuah ToT yaitu boleh atau tidak kita menjualnya ke pasar sebuah produk alutsista militer dari hasil sebuah perjanjian ToT. Kira kira itu gambaran singkat dari sebuah isi perjanjian ToT.

rudi-pemerhati militer said...

sangat strategis bagi RI untuk membeli pespur mirage 2000-5 dan mirage 2000-9

suku cadang tidak lagi diproduksi? .. pasti masih diproduksi, apalagi kita sudah beli 42 Rafale
selain itu, pengguna mirage 2000 berbagai varian juga masih banyak
Taiwan saja masih menggunakan mirage 2000 - 5/9
India juga masih memakai mirage tersebut

Anonymous said...

Yang namanya produsen pesawat terbang akan menyetop produksi suku cadang bila pesawat terbang itu sudah distop produksinya karena diganti model baru, bila model barunya ini masih sebagian memakai, maka suku cadangnya masih dilanjutkan sebatas suku cadang lawas tersebut masih dipake model terbaru, jangan disamakan dgn produsen otomotif yg selalu menyediakan suku cadangnya walau mobil atau motor tersebut udah distop produksi lalu diganti model baru. Suku cadang pesawat itu semuanya itu tidak ada yg ke karena belinya harus langsung ke pabrik si produsen pesawat tersebut .

Anonymous said...

Taiwan dan india membeli baru Mirage 2000 dalam jumlah yg banyak berikut membeli suku cadang dlm jumlah yg banyak pula utk menjamin tingkat operasional ready use sekian tahun berikut membeli persenjataan nya dlm jumlah yg banyak sehingga Mirage 2000 Taiwan dan india siap ready use bertempur. Karena membeli dalam jumlah yg banyak maka Taiwan dan india tidak dipusingkan soal suku cadangnya. Contoh Mirage 2000-5 ex AU Qatar suku cadangnya masih ada di stok gudangnya sedang pihak produsen Mirage 2000 stok gudang suku cadangnya udah habis dan tidak diproduksi lagi. Beda dgn India dan Taiwan, mereka punya teknologi sendiri utk memodifikasi Mirage 2000 mereka walau mesinnya masih asli.

Anonymous said...

Kalo anda tidak percaya lihatlah RI yg punya 12unit F5 Tiger dibeli baru Gress tapi kenapa waktu pemakaiannya tidak lama dan sekarang udah digrounded dgn alasan suku cadangnya sulit diperoleh? Padahal AU Korea Selatan punya 60unit F5:Tiger dan masih operasional walau tidak semuanya, Yordania juga punya F5 Tiger sebanyak 50unit masih dipake tapi tidak semuanya. Kenapa bisa demikian?

Jagarin Pane said...

Koreksi: Indonesia membeli 16 jet tempur F5E Tiger. Ketika diputuskan grounded suku cadang masih banyak dan tahun 2023 dihibahkan ke Tunisia. Keputusan grounded murni keputusan manajemen TNI, persiapan mendatangkan Sukhoi SU35. Sayang gak jadi.

Anonymous said...

Tank AMX 13 Canon 105mm
Suatu saat nanti kali unit tank harimau udah mencapai 100unit utk mengganti tank lawas AMX 13 Canon 105mm, ada baiknya saat tank AMX 13 Canon tersebut dihapus dari operasi kavaleri TNIAD digeser penggunaannya hanya sebatas fungsi meriam Medan 105mm sehingga jumlah unit meriam Medan TNIAD menjadi lumayan banyak dan tentunya tank AMX13 Canon 105mm ex kaveleri TNIAD ini haus selalu dirawat supaya tetap beroperasi selayaknya meriam Medan saja.

Anonymous said...

Jadi kesimpulannya:
kita aman untuk beli mirage 2000-5/9 ex qatar, uea dan yunani. Perancis juga masih banyak operasikan mirage 2000 ini (pasti pabrik suku cadangnya masih ada).

Selain stok suku cadang yg qatar, uea dan yunani punya banyak, kita bisa bicara dgn Perancis untuk sediain suku cadangnya. Kita customer yg potensial masa tidak disediakan, kalo perlu buka pabriknya di Indonesia, biar India dan Taiwan juga bisa beli.

So, tunggu apalagi, Indonesia harus beli pespur mirage ini untuk pertahanan udaranya. Ini sangat strategis untuk hadapi potensi 2030 di kawasan indo-pasifik

Anonymous said...

cepat beli alutsista, terutama yang bekas
Karena perang akan muncul
Kita harus menumpuk persenjataan

12 mirage 2000-5 ex qatar
24 mirage 2000-9 ex uea
44 mirage 2000-9 ex yunani
40 F16 ex yunani
9 C130j 30j ex inggris
36 F15ex baru dari AS

Produksi 500 tank harimau
48 N219 permukaan air

percepat pengadaan hanud jarak menengah, sedang dan jauh dgn turki


Anonymous said...

Bagaimana jika dirubah menjadi cukup 12 Mirage ex Qatar tapi Rafale ditambah menjadi 48 sementara f 15 x diganti F-16 viper di mix dgn F-16 bekas 48 pesawat ( lebih murah tapi sangat berkualitas ) utk penambahan KRI dgn memperbanyak Opv 90 dalam negri menjadi 10 KRI yg ditingkatkan peralatan tempurnya setara korvet / bisa di custom...utk frigate / destroyer bisa dari jepang byk pilihan dan bisa dpt diskon baik yg bekas ataupun baru jumlah bisa disesuaikan 6 sampai 10 KRI utk darat sangat memungkinkan memperbanyak tank harimau sampai 100 tank

Anonymous said...

Itu bukan ide yang bagus untuk pespur

Untuk fregat, setuju

Untuk darat, 100 tank harimau sangat kurang. Coba hitung minimal:
100 di aceh dan medan
100 di Riau dan lampung
200 untuk jawa
100 di kaltim
100 di kalbar
100 di sulsel,
100 di sulteng
200 di papua

Anonymous said...

Salah satu kekurangan/ kelemahan dalam dunia militer dan sipil di ndonesia adalah penelitian/ riset ini bisa dilihat dari perjalanan lembaga penelitian di Indonesia seperti LIPI, LAPAN dll ada kurang lebih 39 lembaga penelitian baik di kementrian ataupun non kementerian dgn anggaran yg relatif kurang / terbatas dan dalam perjalanannya dilebur menjadi Brin apabila dilihat dari anggaran yang terlihat besar tapi harus dibagi2x ke unit2x penelitian yang ada mudah mudahan berdampak positif dan lebih diperhatikan oleh para pemangku kebijakan pemerintah karena dalam dunia riset/ penelitian tidak ada kepastian akan keberhasilan suatu produk bisa dikatakan banyak gagalnya / mentok ataupun melalui proses yg panjang contoh adalah proses panjang roket nasional yg sudah tahunan tpi msh dalam proses pengembangan ataupun drone UAV elang militer yg mentok bisa dikatakan 10 x percobaan bisa gagal 9 sukses 1 ataupun gagal semua ( bisa dikatakan kurang lebih 10 banding 1 ) tapi apabila berhasil menjadi aset/ produk yg sangat berharga dalam dunia militer dan sipil di Indonesia meskipun strategi pemerintah dgn tot dan kerjasama dgn negara lain tpi penelitian di Indonesia harus tetap berjalan karna menjadi sangat strategis dan menjadi aset yg sangat berharga dalam dunia penelitian,/ riset di Indonesia dgn produk asli anak bangsa dgn dileburnya lemmbaga2x tersebut menjadi 1 lembaga penelitian semoga berdampak positif amiin ...🙏🙏

Anonymous said...

Ulasan diatasi hanya sekedar pengamatan saja dgn referensi yang terbatas tentang dunia riset di Indonesia mungkin bung jag bisa memberikan tulisan yg lebih tajam dan akurat sehingga menambah wawasan utk kita2x di blog ini terutama tentang dunia riset / penelitian militer di Indonesia ( mohon maaf lahir dan bathin )🙏🙏

Jagarin Pane said...

Selamat hari raya idul fitri

Anonymous said...

Diralat ya, AU perancis udah tidak pake mirage 2000 lagi karena udah diganti dgn yg model baru rafael, semua yg tersisa dari unit unit mirage 2000 berbagai varian udah dimasukkan ke gudang, lalu pihak pabrikan yg memproduksi mirage 2000 udah bilang kran produksi mirage 2000 distop termasuk suku cadangnya, bagi negara yg masih banyak jumlah unit mirage 2000 harus berpikir le;ih dalam lagi utk memodifikasinya bila stok suku cadangnya hampir habis di gudang AUnya. Taiwan dan India adalah contoh negara yg punya skill teknologi sehingga bisa memidifikasi sendiri armada mirage 2000nya tapi mesin asli mirage 2000 amat susah diganti dgn merek lain, hal itu udah diupayakan oleh Taiwan dan India tapi belum berhasil. Yunani punya armada mirage 2000 tapi kondisi masih original pabrik.

Anonymous said...

Selamat Hari Idul Fitri ya semuanya.
Daripada beli bekas jet tempur buat TNIAU, sekarang ini pemerintah RI sedang masak masak mempertimbangkan meneruskan proyek KFX-IFX atau alokasi anggarannya digeser ke pembelian baru F16Viper. Andai nanti akhirnya pemerintah memutuskan beli F16Viper berarti proyek KFX-IFX antar Korsel-RI distop selama lamanya.

Anonymous said...

Beli pespur baru boleh dan harus diagendakan

Untuk jangka pendek, penting untuk beli pespur bekas, selain untuk nambah kuantitas pespur mengingat luasnya negara kita dan potensi konflik yg dekat, serta potensi perang dunia dimana jika terjadi kita akan kesulitan untuk beli pespur dan alutsista yg lainnya, bahkan yg bekas pun sulit.

Oleh karenanya sangat strategis untuk beli pespur (dan transportssi udara militer lainnya) dalam waktu dekat.

Anonymous said...

Sakarepmu

Anonymous said...

Slama2nya pale Lo..😜😝

Anonymous said...

Giliran kita bikin pespur nanti nangis..melon😛😅😝

Anonymous said...

Di dunia ini hanya segelintir negara yg bisa secara mandiri menciptakan dan produksi sendiri jet tempur baru dgn isian teknologi yg telah dikuasai oleh negara tersebut, diluar negara tersebut memang ada negara yg berusaha membuat sendiri jet tempur baru tapi isinya gado gado, contohnya ada part yg dibikin sendiri tapi ada part yg made in negara yg sudah mandiri menciptakan jet tempur. Permasalahan utama jet tempur itu ada di mesin pendorongnya yg susah diciptakan sendiri. Makanya tak heran bila ada negara berkembang yg ingin buat sendiri jet tempur pastilah akan dihalang halangi, satu satunya negara mandiri yg mau diajak kerjasama membuat jet tempur di negara berkembang hanyalah RRC tapi soal kwalitas alias mutu jadi tanda tanya, kira kira begitulah gambarannya.

Anonymous said...

Sy setuju dgn ulasan di atas mengenai tank canon 105mm AMX 13 TNIAD digeser penggunaannya dari tank kavelery menjadi meriam medan pendukung gerak maju pasukan infantri alias turun derajat. Jadi meriam meriam medan 105mm TNIAD ada teman barunya yaitu tank AMX canon 105mm AMX13 lalu penempatan tank AMX tersebut ya di batalyon artileri medan bersama sama dgn meriam meruam medan TNIAD. Tank AMX 13 canon 105mm TNIAD masih banyak yg ori buatan pabrik sehingga tidak usah dilakukan modifikasi mekanisme canonnya cukup pake bawaan pabriknya dan diraqat supaya siap menembak karena tugasnya ganya sebagai meriam medan saja, hanya mesinnya aja yg harus diganti baru supaya siap operasi. Tank AmX 13bini kali udah jadi meriam medan saja kan bisa membantu menarik meriam meruam 105mm TNIAD ke lokasi penembakan sehingga meringankan tugas truk penarik meriam medan.
Demikian pula utk Tank canon 75mm AMX 13 TNIAD juga diturunkan tugasnya menjadi meriam medan 75mm saja sehingga meriam gunung 75mm TNIAD ada teman barunya yaitu tank canon 75mm AMX 13. Demikian pula utk panser Saraceen canon 75mm TNIAD juga diturunkan tugasnya menjadi meriam medan saja. Jadi tank amx 13 ini verikut oanser saraceen ini hanya bertugas sebagai meriam medan saja dan bukan utk duel tank lawan tank atau duel panser lawan panser.

Anonymous said...

Dari semua strategi pertahanan militer di Indonesia ada baiknya sedikit digeser dgn pembelian/ investasi di pengadaan berbagai macam dan spesifikasi drone sepertinya dunia sudah bergeser dgn memperbanyak dan meningkatkan teknologi drone dgn berbagai macam kemampuan selain jauh lebih murah dan lebih efisien dibandingkan peralatan tempur lainnya bisa dilihat di berbagai pertempuran an yg sedang terjadi ( Hamas - Israel, Iran - Israel, Rusia - Ukrania dll ) bahkan dgn negara kepulauan seperti Indonesia dibutuhkan kapal induk drone kita bisa mencontoh inggris yg sudah membangun kapal induk drone dan tentu saja cost nya lebih murah dibandingkan kapal induk pespur

Anonymous said...

Indonesia harus segera beli pespur mirage 2000-5/9 sebelum eskalasi perang meluas

Anonymous said...

Iya, anda benar soal beli jet tempur bekas mirage 2000-5/9 tapi harus diingat ya para pilot jet tempur TNIAU maunya jet tempur baru.

Anonymous said...

karena tidak tahu adanya urgensi potensi perang dan urgensi kekurangan kuantitas pespur, maka dengan naifnya nunggu beli pespur baru

akibatnya, kesempatan untuk memperbanyak pespur hilang dengan telah disetujuinya transfer mirage 2000-9 dari uea ke maroko

Indonesia sense of urgensinya kurang, padahal kalo nanti ada perang susah kita beli pespur baru atau dapetin pespur bekas...

payah lah

Anonymous said...

Oh ya tempo hari si pusing pusing pernah berkomentar lantang bahwa Indonesia tidak akan terlibat perang karena sudah mempertimbangkan masak masak untung ruginya kalo terlibat perang terbuka, kalo sudah perang terbuka tidak ada yg untung semuanya rugi hancur hancuran, untungnya cuma satu yaitu kalo menang dalam perang terbuka.tapi itupun harus ditebus mahal usai perang karena butuh modal besar utk membangun kembali sendi sendi kehidupan serta harus mengarungi waktu transisi trauma was was stress. yg lama akibat perang.

Ayoeng said...

Bukan maunya para pilot tapi ketentuan pengadaan alusista dituntut harus baru kalo kgk ntar dimarahin DPR

Erten said...

Mau keluar uang berapa lagi untuk kroya-kroya setan itu bang?

Anonymous said...

Kita mah cuma ngiler doang melihat rudal2 negara lain pada beterbangan menghiasi langit malam...kira2 kapan yah kita punya mainan seperti mereka 😴

Anonymous said...

Mesti bisa bikin sendiri yg harga produksinya ga mahal supaya bisa ngejar kuantitas makanya mesti di-push utk roket / rudal nasional , drone dgn berbagai fungsi ( drone kamikaze, serang,intai dll )

Anonymous said...

Sy punya usul utk TNIAL yaitu karena kimando armada tnial ada 3 maka sebaiknya OPV korvet PPA Itali yh dibeli 2unit harus ditambah satu unit lagi sehingga total opv korvet PPA itali utk TNIAL ada 3unit. Jadi masing masing Komando Armada TNIAL dapat 1unit OPV Korvet PPA itali. Begitu juga kapal selam baru Scoorpen Perancis utk TNIAL harus ditambah 1unit lagi sehingga total TNIAL punya 3unit kapal selam baru , masing masing Komando Armada TNIAL dapat 1unit kapal selam baru scoorpen class Perancis.scoorpen class Perancis

black eagle said...

Apa beda spek sub marine 214 dengab 218 ? Knp kita ada kecendrungan milih 214 min? Bs dibahas min

Anonymous said...

Perang ko diinginkan.... Heran saya