Tuesday, September 5, 2023

Menyikapi Peta Baru China "Ten Dash Line"

China baru saja mengeluarkan peta baru di Laut China Selatan (LCS), Taiwan dan Utara India. Peta teritorial di selatan yang dijuluki lidah naga menjulur dari Hainan mencaplok dan menyapu bersih seluruh wilayah LCS. Hanya menyisakan 12 mil teritori kedaulatan wilayah perairan negara ASEAN yaitu Vietnam, Indonesia, Malaysia, Brunai dan Filipina. Yang terbaru wilayah utara India di lembah Himalaya dimasukkan menjadi wilayah China. Khusus perairan timur, lidah naga China menyambar perairan selatan Taiwan dan mengubah garis putus-putus nine dash line menjadi ten dash line.

Menlu Retno Marsudi bereaksi tegas, bahwa Indonesia konsisten dengan aturan konvensi hukum laut internasional UNCLOS 1982 yang sudah diratifikasi lebih 100 negara. Bahwa menarik garis batas apapun harus sesuai dengan kaidah hukum internasional yang telah disepakati. Bengalnya China ini seperti sedang menguji kemarahan diplomatik para tetangganya termasuk India. Apalagi waktu releasenya tanggal 28 Agustus 2023  saat menjelang KTT ASEAN di Jakarta. Termasuk KTT dengan mitra strategisnya, termasuk China juga didalamnya.  Saat ini KTT ASEAN sedang berlangsung.

Artinya China sedang menguji ketahanan diplomasi ASEAN plus India dan Taiwan. Semua negara yang tersinggung dengan peta baru itu serentak mengeluarkan kemarahan diplomatik ke wajah Beijing. Sultan Brunai yang jarang-jarang mengeluarkan pernyataan diplomatik, kali ini bersuara keras menolak. India, Vietnam, Taiwan dan Filipina mengeluarkan pernyataan pedas. Bahasa emak-emaknya kira-kira begini: gak tahu diri lu. Dan seperti biasa China tidak menanggapi serius pernyataan diplomatik itu, kecuali hanya bilang ini peta rutin yang dirilis kementerian sumber daya alam China. 

Masalah tumpang tindih klaim perairan ZEE (zona ekonomi eksklusif) layaknya seperti perselisihan halaman tak berpagar antar tetangga. Misalnya antara Indonesia dan Malaysia, Indonesia dan Filipina, Indonesia dan Vietnam. Perselisihan itu ada dan nyata. Beberapa diantaranya bisa diselesaikan dengan kecerdasan diplomatik. Seperti batas wilayah ZEE Indonesia-Vietnam dan Indonesia-Filipina sudah selesai secara permanen. Soal ten dash line, Indonesia berbeda dengan 4 negara ASEAN lainnya yang tumpang tindih kepulauan Paracel dan Spratly. China tidak mengklaim kepulauan Natuna termasuk teritori kedaulatan perairan 12 mil laut dari pantai. Ten dash line mengambil wilayah ZEE laut Natuna Utara. Padahal di kawasan itu sudah ada ekploitasi migas blok Tuna milik Indonesia.

Klaim China pada seluruh ten dash line jelas tidak ada dasar hukum internasionalnya. Bikin-bikin peta sendiri, sak karepe dewe, dengan berlindung pada payung justifikasi "historis tradisional" sejarah China. Sangat tidak pantas dan menunjukkan kepongahan. Itu sebabnya meski dirayu China berkali-kali, Indonesia tidak pernah bersedia merundingkan soal ZEE Natuna. Karena jika Indonesia menyetujui itu sama saja mengakui lidah naga China yang menjulur sampai ZEE Natuna. Indonesia sah memiliki hak berdaulat di ZEE Natuna sesuai UNCLOS 1982.

Sementara itu Indonesia dan Malaysia sampai saat ini masih bersengketa soal batas ZEE di perairan Kalimantan Utara yang populer disebut Ambalat. Bahkan sempat memanas antara tahun 2005 sampai 2010. Saat itu Malaysia merasa diatas angin atas perolehan pulau Sipadan dan Ligitan melalui keputusan Mahkamah Internasional. Kemudian melakukan show of force dengan mengerahkan kapal perang dan pesawat militer ke Ambalat. Pada saat yang sama militer Indonesia berada dalam kondisi kekurangan alutsista imbas dari embargo militer dari AS dan belum pulih dari krisis ekonomi.

Kasus Ambalat menjadi pelajaran yang sangat penting untuk kita.  Bahwa kekuatan militer sejatinya menjadi kekuatan tawar yang diperhitungkan dalam menjalankan diplomasi antar negara. Malaysia tidak menunjukkan etika bertetangga. Saat itu Malaysia menunjukkan sikap arogansi militer yang berlebihan karena mereka merasa unggul dalam perolehan alutsista. Waktu itu Malaysia memiliki 18 jet tempur Sukhoi, 18 jet tempur Mig29 dan 8 jet tempur F18 Hornet. Semuanya double engine. Bandingkan dengan Indonesia yang hanya memiliki 10 jet tempur F16 dan 14 jet tempur F5E Tiger single engine yang mengalami embargo militer selama 10 tahun sejak tahun 1995 sampai tahun 2005. 

Sebuah drama pernah terjadi ketika Sipadan dan Ligitan masih dipersengketakan. Indonesia mengirim 4 pesawat counter insurgency Bronco untuk melakukan patroli udara. Tidak lama kemudian Malaysia mengirim 3 jet tempur F5E Tiger ke Sipadan. Jelas tidak seimbang. Meski kita diperlakukan seperti itu, kita marah tetapi marahnya proporsional, menahan diri. Presiden SBY kemudian merancang program modernisasi alutsista TNI yang dikenal dengan Program MEF (Minimum Essential Force) pada tahun 2010. Kemudian dilanjutkan Presiden Jokowi. Hasilnya bisa kita lihat saat ini. Keunggulan militer Indonesia sudah jauh melewati jiran serumpun itu. Pada saat yang sama Kuala Lumpur mengalami stagnasi alutsista di semua matra. 

Klaim China yang mengeras dengan mengeluarkan peta baru terhadap ZEE Indonesia di utara Natuna, mengharuskan kita mempercepat penguatan militer. Termasuk memperbanyak latihan militer gabungan multilateral seperti Super Garuda Shield yang sedang berlangsung saat ini di Jawa Timur. Konflik Ambalat menjadi pelajaran dan pengalaman penting untuk kita. Betapa ketika alutsista kita "kalah awu" ada tetangga yang show of force, merasa lebih kuat. Salah satunya ketika itu Presiden SBY berkunjung ke Karang Unarang Ambalat dengan KRI Untung Suropati 372 tiba-tiba melintas rendah pesawat militer Malaysia seakan mengejek dan mengabaikan etika diplomatik. Saat ini ketika kita sudah unggul jauh dalam perolehan alutsista, secara defacto kita menguasai Ambalat. Setiap hari ada patroli 3-4 KRI di Ambalat. Sementara Malaysia "sudah tahu diri".

Peta baru China menggambarkan ambisi teritori yang over dosis. Jawaban terhadap klaim dan merasa benar sendiri itu, salah satu pilihannya adalah memperkuat taring militer. Maka apa yang dilakukan Kementerian Pertahanan kita adalah menggelar program extra ordinary pengadaan alutsista secara besar-besaran. Semuanya untuk mengantisipasi potensi konflik dan perang terbuka di LCS. Pakemnya sederhana kok, ketika relasi otak sudah sulit diajak kompromi diplomatik, otot militerlah yang mengambil alih. Maka persiapkanlah kekuatan otot ketika ada yang mulai melotot. Cerita apapun di dunia ini tidak pernah lepas dari otak dan otot.

****

Jagarin Pane / 5 September 2023


122 comments:

Anonymous said...

Semoga segera efektif kontrak F15 dan Freem, biar ada "gajah" yg diandalkan di serambi depan natuna utara.

Jagarin Pane said...

Setuju

Anonymous said...

Untuk masa sekarang sepertinya kita harus banyak2 menggunakan kekuatan otak dari pada kekuatan otot karena mau gimana pun juga otot militer dan otot ekonomi kita belum mampu untuk melawan otot nya cina. Secara kasat mata pun sudah kelihatan seberapa kekuatan otot militer kita. Yg jelas kita harus pintar nyari teman buat menghadapi cina karena kalau sendirian kita menghadapinya gak bakalan sanggup.

Anonymous said...

Sejak Xi Jinping & Partai Komunis China berkuasa, China semakin semena-mena..
Ambisinya menjadi pemimpin China seumur hidup, jika ada yg berani menentang Xi maka orang tsb akan lsg dilenyapkan,
Visi nya menjajah dunia...
Ngeri-ngeri sedap...




Ayoeng said...

Kabarnya Freem segera diteken dan akan segera diproduksi 2024 - 2028

Anonymous said...

Suka atau tidak suka, sebagai sebuah negara yg besar memang harus punya ambisi, sombong dan sedikit arogan karena kalau tidak begitu negaranya akan jadi bahan rebutan negara lain lihat lah gimana AS, rusia, cina, india dengan semua sikap ke aroganan mereka tapi dengan begitu negara lain jadi takut untuk berbuat macam2 dengan mereka.

Anonymous said...

Zeda waktu pembelian alatista dan kedatangan kita lumayan panjang selang beberapa tahun justru disitu kita harus memikirkan utk menutup zeda waktu tersebut ada beberapa strategi yg bisa dilakukan seperti membeli bekas pakai itupun memerlukan waktu sementara Tiongkok sepertinya sudah sangat siap menggertak negara2x yg bersinggungan dgn Ten Dash line yg menjadi pertanyaan bagaiman kita menyikapinya ? Langkah strategi apa yg harus diperbuat ? Sebab terkadang langkah diplomasi Tiongkok tidak berjalan lurus dgn di lapangan Karana harus disadari kekuatan kita sedikit terbatas dgn kondisi yg semakin menghangat mendekati memanas

Anonymous said...

Dalam zeda waktu itu pula cina sudah bisa membuat beberapa alutsista gaharnya, lihat sekarang cina sering meresmikan alutsista2 gaharnya buatan mereka di saat kita baru tanda tangan kontrak.

Anonymous said...

Harus bisa bermain cantik karena kalau nggak cantik ntar kena semprot water canonnya kapal coast guardnya cina ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Anonymous said...

Salah satu strategi Prabowo disamping mendatangkan alutsista gahar adalah Pembentukan Kom cad.
Dari tahun 2021 sampai 2023 sudah 8.574 Komcad ditetapkan. Dan jumlahnya akan terus bertambah tiap tahun.
Sejak pak Prabowo mencanangkan pembentukan Komcad sebagai bentuk implementasi Amanat Undang Undang 1945 yaitu pasal 27 & 30,
Animo warga masyarakat utk. ikut bergabung Komcad luar biasa, Patut Diapresiasi..

Anonymous said...

Kuantitas dilawan Kualitas

Koteka said...

Pencerahan yg baik dari bung Jagarin ๐Ÿ‘๐Ÿค๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

Kesimpulan yg sy dapat dari opini ini .
Musuh Indonesia itu mulai dari NEGARA SUPER POWER, Negara yg merasa super power ( Antek peliharaan FPDA / AUKUS ) maupun WARGA NEGARA RI ( Oknum / Kelompok antek asing )

Ancaman yg NYATA bisa kita lihat secara fisk seperti AKSI MILITER CINA di LCS / Natuna.
Kita dgn cepat mengantisipasinya dgn membangun kerja sama maupun pembelian ALUTSISTA dari negara" super power yg yg menjadi rivalnya Cina.
Setiap pelanggaran BATAS KEDAULATAN WILAYAH RI oleh Cina kita melakukan tindakan tegas utk mengusir militer cina ( kapal / pesawat ) keluar dari wilayah kita.

Kepekaan Indonesia terhadap pelanggaran wilayah dan penindakannya sdh menjadi RESPON NASIONAL yg dianggap sebagai TINDAKAN NEGARA YG BERWIBAWA DAN TEGAS.

Sy mencoba melihat dan beropini terhadap pelanggaran KEDAULATAN WILAYAH DAN NEGARA dari sudut yg berbeda dan negara / kelompok mana sj BERPERILAKU seperti Cina yg mengobok obok NEGARA RI.

Ada negara yg pintar dan licik menerobos wilayah Indonesia dgn tujuan mendapatkan keuntungan ekonomi dan pertahanan.
Mereka membuat skenario kerja sama baik ekonomi maupun militer dgn Indonesia tanpa membuat kita menjadi NEGARA MANDIRI dalam mengelola sumber kekayaan alam dan tehnologi.

Kita membiarkan negara" licik ini masuk dan kelola SDM kita dan tdk merasa mereka ini jahat dan merugikan malah dianggap sebagai sahabat.

Pengalaman SIPADAN dan LIGITAN serta gerakan PENTOLAN TERORIS dari MALAYSIA memperlihatkan REAKSI KEBENCIAN / KETEGASAN terhadap MUSUH kita berbeda beda.
Cina dan Malasyia sering menerobos / geser patok batas negara.

Apa yg salah ??

Ada 3 faktor yg bisa menbuat Indonesia menjadi NEGARA HEBAT atau sebaliknya MENGHANCURKAN ( Indonesia terpecah )

01. Ekonomi
Modal kekayaan alam serta manusia yg mumpuni mampu kelola kekayaan ini menjadi sumber devisa utk membiayai negara dan rakyat Indonesia.

02. Politik
Politik Indonesia yg tdk memihak terhadap kekuatan Amerika cs dan Cina / Rusia cs.
Saat ini berada dalam situasi yg sulit krn kemajuan Indonesia masih tergantung dari bantuan dari negara" besar ini. Baik bantuan dana maupun tehnologi.
Ketergantungan ini yg dipertahankan oleh mereka agar Indonesia tdk bisa menjadi negara maju.

03. Ideologi Negara ( Agama , budaya dan sejarah )
Indonesia menjadi negara seperti saat ini. Melewati sejarah dan perjuangan yg luar biasa dan unik.
Jumlah penduduk yg ratusan juta serta komposisi agama, budaya, suku dan ras yg beraneka ragam.

Menjadi tantangan bagi Indonesia utk menjadi negara seperti saat diproklamirkan.
PENEROBOSAN dan PENGGESERAN BUDAYA,SEJARAH, KEYAKINAN IMAN dan TATANAN SOSIAL dari LELUHUR MOYANG Indoneseia terpinggirkan oleh doktrin asing.

Point no 3 inilah yg menurut sy SANGAT BERBAHAYA krn bergerak dan menyusup dalam bentuk DOKTRIN AGAMA,BUDAYA dan SEJARAH terhadap segala lapisan baik di masyarakat maupun institusi negara baik sipil maupun militer.

Pelecehan nilai agama, budaya dan sejarah oleh oknum dan kelompok makin meluas serta susah ditindak.

Indonesia harus bersahabat dgn negara manapun tapi bukan berarti kita harus menjadi antek mereka.
Malaysia contoh nyata . Serumpun , seiman tapi saat Indonesia terpuruk PERILAKUNYA terhadap Indonesia MELEBIHI Cina cs.

Indonesia bukan Siria, Afghanistan, Libanon, Libya, Yaman maupun Yugoslavia serta Uni Sovyet yg hancur krn KEANGKUHAN kelompok yg merasa paling super dan benar dari kelompok masyarakat yg lain.

Indonesia pasti bisa melewati rintangan ini ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

Anonymous said...

Yang jelas China
Mengklaim wilayah ZEE kita
Kapal² nelayan mrk menjarah wilayah ZEE kita dg perlindungan Kapal² CCG yg di-backup oleh kapal² perang Angkatan Laut mrk
3. Nelayan² kita mrk usir dr wilayah ZEE kita sendiri, sedangkan Bakamla & TNI-AL akhirnya cuman planga-plongo

Anonymous said...

Negara Semenanjung tetangga kita ini emang kurang ajar,. Selalu iri & dengki kepada NKRI.. kelakuanya menggunting dalam lipatan, menusuk dari belakang..jumawa..
Masih segar dalam ingatan kita.. konflik Timor Timur., Negara semenanjung malah kirim tentara TDM bersama Aussie army bergabung membentuk Pasukan INTERFET menyerbu ABRI di Timor Timur kala itu..Tak patut lah kita sebut negara semenanjung ini sodara serumpun.. cih..
Jangankan Klaim perbatasan, kebudayaan asli kita pun mereka Klaim..dari Reog sampai batik..dll..

Sekarang negara semenanjung ini sedang terpuruk, ekonominya hancur, ditambah inflasi makin menjadi..
Kondisi militernya pun memprihatinkan.. Stagnasi Alutsista dari semua Matra membuat mental prajuritnya terdampak,. Gak punya dana buat beli alutsista baru, karena dikorupsi PM nya sendiri, tun abdul razak..
Ditambah mendengar & melihat TNI belanja alutsista canggih tiada henti, dari Raffale - A400M - Arrowhead 140- Rudal balistic KHAN,. Terbaru F15EX & S-70M BlackHawk walau belum kontrak effective, membuat semenanjung semakin cenut2..stroke stadium lanjut..

Terbaru, China mengeluarkan peta klaim wilayah baru Laut china selatan "Ten Dash Line" yg 99% mencaplok dan mengklaim Laut Sabah dan Laut Sarawak dalam peta terbaru china tsb.
Semakin menderita saja si negara Semenanjung ini, gak bisa berbuat banyak jika nanti tiba" banyak anggota PLA yg menyamar jadi kelompok kelompok nelayan china mencuri ikan dilaut sabah & sarawak.. hanya bisa menonton dan menggerutu...

Anonymous said...

Jayalah NKRI

Pusing pusing said...

Menangkal pengaruh nine atau ten dash line RRC memang tidak mudah karena RRC sekarang sudah menjelma menjadi negara produsen produk teknologi yg canggih gahar mumpuni selevel dgn Rusia USA beserta NATO bahkan sudah menjelma menjadi negara super power menyaingi Rusia dan USA beserta NATOnya. Siapa yg membuat RRC berhasil kuasai teknologi? Jawabannya adalah USA sendiri beserta sekutu USA gn mendirikan pabrik pabrik di daratan RRC karena tenaga murah di RRC. Dari pabrik pabrik inilah diam diam RRC mencuri sedikit demi sedikit teknologi yg akhirnya teknologi di pabrik tersebut berhasil dikuasai oleh RRC lalu menjiplaknya dan memproduksi sendiri dgn merek sendiri yg secara kualitas ada yg original maupun downgrade alias barang KW. Pabrik pabrik tersebut antara lain pabrik terbesar microchip USA lalu pabrik baterai listrik TESLA berikut kendaraan listrik merek TESLA USA lalu ada pabrik hp USA merek Iphone utk pasar asia lalu ada pabrik samsung pabrik nokia pabrik siemen pabrik motorola dll. Jadi udah jelas yg salah itu bukan RRC tapi USA beserta sekutunya kok mau maunya mendirikan pabrik di daratan RRC padahal udah tau kalo RRC suka menjiplak produksi. Jadi yg membuat RRC menjadi sebuah negara seperti sekarang ini ya karena ulah USA beserta sekutunya bukan Rusia. Makanya USA beserta sekutunya jadi kelabakan sendiri alias kebakaran jenggot.

Jagarin Pane said...

Seperti berlaku hukum karma, dulu jumawa sekarang terpuruk.

Jagarin Pane said...

Sebuah ulasan cerdas bermartabat untuk membuka wawasan horizon kita. Multi dimensi, dan mengajak kita utk maju sambil mengoreksi diri. Thanks a lot Mas Koteka๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Pusing pusing said...

Saran saya:
Utk meredakan ketegangan konflik gara gara nine/ten dash line ada baiknya pemerintah RI via TNI mengadakan latihan militer bersama antara Militer RRC+militer rusia+ militer USA beserta sekutunya+TNI, supaya nantinya bisa didapat rasa saling menghargai dan menghormati antar militer dunia. Jadi kaga usah ribut ribut tarik otot tapi mari tarik otot si latihan militer bersama sama dgn nama With Garuda Together militer go around the word.

Pusing pusing said...

Perang Ukraina vs Rusia sudah buat pusing militer USA beserta sekutunya. Kebangkitan militer Iran beserta alutsista militernya yg canggih gahar dan mumpuni audah membuat pusing militer USA beserta sekutunya . Rudal rudal jarak jaug Korea Utara sudah buat pusing militer USA beserta sekutunya. Lalu bagaimana jadinya bila militer Iran + militer Korea Utara bergabung dgn militer Rusia+ militer RRC? Jawabannya adalah mungkin militer USA beserta aekutunya pada pingsan mendadak dan harus dirawat diruang UGD rumah sakit .

Koteka said...

Membaca berita dimedia bahwa ada tarik ulur KEMENHAN dan USER TNI AL antara memakai CMS buatan Thales dan Advents tentu sangat menyedihkan.

Memang agak aneh dan janggal Fregat Merah Putih yg dibanggakan memakai CMS buatan Turki . Kita semua tau klau KRI kita blom pernah pakai CMS buatan Turki.

Semoga ego pribadi / kelompok dihilangkan demi martabat dan harga diri bangsa / TNI AL.๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

Anonymous said...

Dengan kondisi situasi lcs semakin memanas perlu kiranya menambah kapal2x perang maupun kapal putih baik kcr,korvet maupun freegat dalam waktu dekat /secepatnya dgn kondisi ini harusnya bisa mengisi gap 5/6 THN sebelum selesainya pembangunan freegat merah putih pertanyaannya adakah pengadaan ( yg paling realistis korvet dalam negri ) kapal kapal perang tersebut dalam jangka waktu relatif sempit 1/ 2 tahun ke depan ? Karena jika kita melihat selama ini realitanya kita byk menambah kcr 60 m /40 m yg secara nyata maupun efek getarnya hampir tidak ada

Anonymous said...

Belum teruji dan berpengalaman seperti thales baiknya diuji dulu di KRI kelas kovet maupun kcr

Anonymous said...

Memang kcr 60/40m blm terlihat efeknya jika blm diuji dilapangan. Brg kecil dianggap remeh sbgmn dulu drone udara juga diremehkan. Sekarang?

Ayoeng said...

Hati2 dalam memilih CMS. Percuma punya kapal perang besar tapi CMS & Senjatanya minimalis. Belajar dari kasus esaf dimana harga mahal kualitas diragukan

Pusing pusing said...

KCR60 dan KCR40 diciptakan buat perang keroyokan alias hit and run, artinya 1 kapal perang besar musuh dikeroyok minimal 5-10 KCR, pastinya hasil yg ingin didapat dari kroyokan ini ada)ah 1 kapal perang musuh minimal rusak berat dan tidak dapat melanjutkan perang dan tidak usah sampai tenggelam, itu yg ingin didapat dari keroyokan 5-10 KCR.

Pusing pusing said...

Masalah CMS Turkey itu juga bukan 100% asli ciptaan Turkey, beberapa perangkat elektroniknya juga menggandeng produk Thales, salah satu diantaranya adalah radae penjejak target lalu radar navigasi lalu perangkat oennghubung antara CMS dgn senjata canon/ senjata anti serangan udara lalu menggendali sebelum melepaskan rudal itu masih pake produk Thales

Koteka said...

Sangat setuju ๐Ÿค

Pusing pusing said...

Fregat merah putih
Fregat ini adalah heavy fregat asli buatan PT PAL tapi bukan asli ciptaan PT PAL. Aslinya heavy fregat ini adalah ciptaan dan rancangan sebuag galangan di Denmark utk kebutuhan AL Denmark dan namanya adalah heavy fregat Iver ..... class, sekarang sudah tidak diproduksi lagi oleh galangan kapal Denmark karena sudah dibeli lalu dimodifikasi oleh sebuah galangan kapal di Inggris dan diganti namanya menjadi heavy fregat Barbock A140 Arrow, oleh Inggris heavy fregat ini utk keperluan AL Inggris. Rancangan desain badan kapal ini lalu dibeli lisensi oleh RI utk diprosuksi di PT PAL buat keperluan TNIAL. Heavy fregat merah putih ini tentunya akan beda dari versi aslinya di Inggris karena isinya yg beda jauh, dimana versi aslinya di Inggris itu sudah standart NATO sedang versi PT PAL bukan. Kalo ingin seperti versi aslinya tentu biaya akuisisinya sangat mahal, utk menekan biaya yg mahal tersebut makanya dicari yg lebih murah seperti CMS made in Turkey + rudal rudalnya made in Turkey + meriam canonnya 76mm atau 57mm belum ketauan made in negara mana + mesin penggerak kapalnya juga belum ketauan apa asli sepeeti versi aslinya atau sudah diganti yg lebih terjangkau ekonomis.
Apapun yg akan terjadi kita wajib bangga dgn PT PAL yg mampu bangun badan kapal besar sekelas fregat merah putih berikut mampu bereksperimen/berkreasi utk mengisi jeroan jeroan dalam kapal yg sangat jauh dari versi aslinya di Inggris.

Pusing pusing said...

Menurut sy pribadi alangkah baiknya yg didahulukan utk dibangun bukan heavy fregat merah putih tapi bangunlah dulu kapal selam diesel elektrik AIP scoorpen class perancis atau U214 AIP jerman mumpung PT PAL masih hot hotnya menyerap ilmu teknologi rancang bangun sebuah kapal selam. Segagah gagahnya heavy fregat tetap akan ciut dgn yg namanya kapal selam karena mencari atau mengendus keberadaan sebuah kapal selam di dalam laut tidaklah mudah. Kalo RI via PT PAL mulai membangun kapal selam lagi utk TNIAl tentu kawasan disekitar RI akan kwatir dan tentunya akan heboh yg lambat laun akan mengharumkan nama bangsa dan negara RI ini.

Jagarin Pane said...

Saya sependapat. Latgab TNI kemarin tdk ada penembakan torpedo dari kapal selam. Ibarat menu : Empat sehat Lima belum sempurna. Nembak 4 rudal tapi tidak ada 1 torpedo, ya belum sempurna.

Anonymous said...

Soal klaim budaya yg jadi pertanyaan apakah kita benar2 bersih. Lha budaya india di klaim oleh indonesia Negri tuan takur santai aja. Lihat tuh kesenian wayang yg diklaim kesenian tradisional lha itukan aslinya milik india.bahkan penamaan kapal selampun di ambil dari cerita wayang. Cakra,nanggala alugora itu senjata khayalan imajinasi wayang bukan asli indonesia. Lucunya india juga menamakan kapal selamnya chakra.tapi tidak pernah protes ke indo.

Anonymous said...

Utk kapal selam sebenernya ga perlu yg super canggih klo emang bujetnya terbatas kelas changbogo juga lumayan (yg penting cepet) tuh Korut juga pake ks tua torpedo lawas nembakin korvetnya Korsel tenggelem engga keditek lgi Ama sensor korvetnya Korsel

Pusing pusing said...

Kalo soal budaya india yg berakar dari agama hindu itu haknya negara india sedang budaya hindu di RI itu haknya negara RI soalnya India juga sudah tau bahwa walaupun sama sama agama hindu tetapi secara prakteknya jauh berbeda antara hindu di India dgn hindu di RI. Hindu di India menyatu dgn budaya dan peradaban hidup orang orang India sedang agama hindu di RI menyatu dgn budaya dan peradapan hidup orang orang nusantara tempo dulu. Contohnya wayang kulit wayang golek wayang orang itu berasal dari budaya orang orang nusantara tempo dulu kalo tidak salah ada kawin silang antara pengaruh agama hindu dgn kejawen yg lebih dulu ada sebelum masuknya agama hindu di tanah nusantara. Makanya negara India tidak pernah komplain karena sudah tau perkembangan agama hindu di RI yg ternyata berbeda dgn perkembangan agama hindu di India sendiri

Koteka said...

Penjelasan yg bagus krn alasan yg tepat. Kita semua mendukung TOT yg dilakukan krn bagus utk kemandirian Indonesia dalam produksi alutsista.

Kedepannya kita hindari polemik pembelian alutsista disertai TOT .
Seperti kapal selam, pesawat tempur, kapal perang, rudal, tank dgn alasan Kenapa harus belajar dari negara lain yg juga sedang belajar membuat alutsista dgn tot ??

TOT Fregat Merah Putih membenarkan itu dgn CMS yg juga Turki belajar dari Thales.
Pertimbangan harga murah dan dana yg terbatas alasan utama CMS Turki dipilih.
Semoga tidak mengurangi kualitas CMS mungkin ini alasan TNI AL berbeda alasan dgn KEMENHAN .

Kebijakan pengadaan ALUTSISTA TNI pasti menimbulkan PRO dan KONTRA .
Kita hargai pemilihan CMS ini ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

Anonymous said...

apaan ini asal memggurui aja.bukan masalah agama ini itu apalagi soal kawin silang ini itu.walau bagaimana pun cerita itu basicnya dari mahabarata dan baratayuda cerita legenda india di copas dalam cerita wayang kesenian tradisional.intinya tidak perlu mempersoalkan hal2 tidak perlu

Anonymous said...

Kakau bisa buat kapal selam mini yang bisa menembakkan torpedo mini berdaya ledak tinggi dan dpt tampung 14 unit torpedo mini berdaya ledak tinggi juga mampu luncurkan 12 unit rudal berdaya ledak tinggi dng jangkauan 150 km, juga dipasang sonar, radar pengintaian, juga dibaviaj atas kapak dilengkapi 3 unit milenium gun dibagian depan, tengah dan belakang, tentunya akan melengkapi kemamouan pertahanan udara dan permukaan, apabila kapal sdlam mini dalam keadaan rusak, apalagi jika ada decoy launcher maka akan lengkap, yang juga desain persenjataan kapal selam mini ini bisa menjadi contoh kapal selam serang dng bobot 2800 ton, dng persenjataan torpedo menjadi 5 kali lipat dan yg dpt menampung rudal berdaya mini ledak tinggi sejumlah 60 unit, utk kapal selam mini dibuat ratusan unit secara diam2, dan membangjn pelabuhan kapal selam dng msrksd juga kogistik bahan bakar juga utk mengisi kogistik bahan pangan, obat2an, persenjataan, juga amunisi, rudal, juga personil

Pusing pusing said...

Para pemerhati alutsista militer di rubrik bpk H. Jagarin ini padtilah senang bila mendengar atau melihat RI tanda tangani pembelian heavy fregat FREMM Itali. Cuma sy pribadi agak kwatir pembelian tersebut akhirnya sama dgn pembelian heavy fregat barbock A140 Arriw inggris alias fregat merah putih yaitu cuma beli lisensi body kapal doang tanpa isinya utk dibangun sendiri di PT PAL dan isinya tentu bukan asli versi FREMM Itali tapi kemungkinan besar seperti isi fregat merah putih. Kalo memang begini situasinya mending kaga usah beli fregat FREMM Itali teruskan aja fregat merah putih sampai berjumlah 12unit, versi original heavy fregat FREMM Itali memang mahal karena standart NATO demikian pula versi asli heavy fregat barbock A140 Arriw inggris juga mahal karena standart NATO. Fregat merah putih yg sedang dibangun PT PAL ternyata bukan standart NATO.

Anonymous said...

Yg jadi pertanyaan, negara seluas indonesia ini alutsista yg dimilikinya itu harus di utamakan dari segi kualitas atau kuantitas? Kalau melihat perang di ukraina kapal perang rusia yg besar2 yg di pasangi seabreg senjata dan pelindung canggih bisa rontok hanya dengan drone laut ukraina yg murah. Di LCS ini pasti pusat pertempurannya akan terjadi di lautan sedangkan alutsista laut kita baik yg di atas permukaan atau di bawah laut sangat lah kurang dan konon katanya ketika amerika melakukan simulasi pertempuran di LCS alutsista mereka cuma bisa bertahan dalam hitungan minggu saja, terus bagaimana dengan kita?

Anonymous said...

Pesawat pembom nuklir yg harganya triliunan, tank canggih yg harganya puluhan milyar, pespur yg harganya ratusan milyar, kapal perang yg harganya ratusan milyar...semunya hancur lebur hanyah oleh sebuah drone yg harganya mungkin puluhan atau ratusan juta, cuma kapal selam yg tidak terjangkau oleh drone, maka sejelek jeleknya kasel cangbogo toh masih bisa nyelem juga aman dari serangan drone.

Anonymous said...

Seorang analis atau pemerhati militer seperti nya lebih pintar dari jenderal militer kita atau pejabat militer kita, tapi hanya pintar bicara saja, ingat seorang jenderal atau pejabat militer itu mempunyai jenjang dan rekam jejak yg jelas, mulai seleksi, pendidikan, pengalaman, kursus khusus dalam dan luar negeri dll, dlm mengambill keputusan pejabat meliter tdk sendiri byk dipengaruhi oleh : kemapuan keuangan negara, birokrasi, pola pikir pejabat lain yg ikut ambil keputusan, blm DPR kita yg sok pintar, SDM dll itu baru dari dalam indonesia, blm kebijakan negara lain terhadap kita, banyak yg lainnya lagi, saran saya jadilah komentator yg baik, jgn menggurui pejabat militer kita, sadar siapa sih kita ini ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š, lihat analisis Bpk Jagarin, tdk ada yg menggurui dan sok tau dan pintar, maaf sata org bodoh ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™, terima kasih , salam

Anonymous said...

Mana ada pembom nuklir yg di rontokan oleh drone. Asal mangap aja loe woooi.katakanlah cangbogo versi kw lisensi U 209 itu selamat dari drone. Tapi dia tidak akan sselamat dari virginia kapal selam nuklir pemburu dan pembunuh kapal salam yg segera akan dimiliki australia.loe tau australia? Itu salah satu negara yg sering bersikap arogan dan bermusuhan ke indonesia. Ya udah itu aja

Anonymous said...

Gak pernah lihat berita yah?Tuh pembom nuklirnya rusia, sudah berapa biji yg riontok , sekarang di pasang ban karena takut di serang drone lagi.t erus kalau kalau kasel scorpene berhadapan dengan kasel nuklirnya australia gimana jadinya? Berani ?

Anonymous said...

Kalau begitu jalan berfikirnya buat apa ada forum diskusi militer, sama
Halnya dengan diskusi politik, kalau di anngap politukus lebih tahu politik dari kita...harus di ingat walaupun sama2 militer sama2 jendral tapi tapi yg ada di isi kepalanya berbeda, contohnya menhan yg sekarang dengan menhan yg dulu beda dalam mengambil kebijakannya padahal sama2 jendral. jadi pengamat sepak bola itu tidak mesti harus jago sepak bola juga ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜.

Anonymous said...

Cang bogo lumayan buat patroli daripada gak ada yg jaga, sedangkan wilayah kita ini sangatlah luas, kalau wilayah kita seluas singapura sih mungkin cukup dengan 2 biji scorpene saja.

Anonymous said...

Berita hoeks pembom nuklir dirontokkan drone. Kalau di pasangi ban iya sekedar antisipasi sedia payung sebelum hujan.berani make scorpene lawan kasel nuklir?jawabnya Ya berani2 aja satu kata "siap".lha wong sudah siap mati untuk bunda pertiwi kok. mending pake scorpene dari pada kelas cangbogo meskipun kalah tapi masih bisa bikin mereka berdarah darah. Makanya perkuatan alutsista itu jgn mikirin kemurahan aja.

Anonymous said...

Torpedo yg mau di tembak kan itu betul barang nya yg tidak ada๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Anonymous said...

Torpedo yg mau di tembakkan itu barangnya yg tidak ada.kan harganya mahal jadi gak usah di beli kata ahlinya ahli intinya inti ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Anonymous said...

Kadang kadang kamu pintar juga ya koteka๐Ÿค”

Anonymous said...

Kalau lagi tiduran di pangkalan mungkin ada benarnya juga kena drone. Ya wajarlah. Lagi tidur. Makanya dipasangi ban dibagian2 tertentu.tapi lagi beraktivitas trus kena drone ini yg nyaris mustahil pembom nuklirnya kena hajar drone

Pusing pusing said...

Pembom nuklir milik rusia pernah singgah beberapa hari di kota Biak Papua Barat yg bikin Australia pusing cenat cenut.
Pada hakekatnya kalo prmbom nuklir itu benar bernar bawa bom nuklir ya jangan ditembak atau ditabrak drone kamikase karena ledakannya dan efek ledakkannya bisa sangat berbahaya bagi negara negara disekitar pembom itu meledak. Efek ledakkannya yg berbahaya adalah bahaya radiasi radioaktif yg bisa merusak lingkungan hidup beserta tempat manusia hidup., Makanya jangan sembarangan nenabrak atau membom pesawat pembom nuklir, kira kira begitu ya.

Anonymous said...

Kalau kapal perang rusia yg segede gaban yg rontok oleh drone laut ukraina, itu lagi tidur juga ya? Untuk menjaga wilayah kita yg sangat luas ini minimal di perlukan 24 unit kasel tuk menjaganya, nah apakah sumber dana kita mampu tuk membeli kasel kelas berat dalam jumlah yg banyak? Pesawat tempur kita pun tidak semuanya kelas berat karena kalau patroli pake kelas berat bisa jebol keuangan negara.

Pusing pusing said...

Termasuk kapal selam nuklir, kalo kapal selam nuklir terdeteksi radar sonar laut dalam, maka jangan ditembak dgn terpedo, cari tau dulu apakah kapal selam nuklir itu bawa atau tidak rudal nuklir atau terpedo nuklir, kalo bawa maka jangan ditembak biarkan aja di terus berlayar ke tempat tujuan karena kalo ditembak dan meledak tuh kapal selam nuklir maka akan ada bahaya radiasi radioaktif nuklir yg akan merusak lingkungan hidup.

Anonymous said...

Harus di tanya dulu ya, bawa rudal nuklir apa gak? ๐Ÿคญ.

Pusing pusing said...

Yang namanya senjata nuklir itu seperti buah simalakama, bila senjata nuklir dibawa oleh kapal selam nuklir atau dibawa pembom nuklir atau di awa kapal penjelajah / destroyer nuklir intinya jangan ditembak karena bila ditembak dan meledak maka lingkungan hidup disekitar meledaknya senjata nuklir itu akan rusak selama lamanya dan tidak bisa ditempati lagi utk hidup, contoh kota hirosima dan nagasaki sampe sekarangpun tidak bisa dibuat tempat tinggal karena tanah+air tanah masih mengandung radiasi radioaktif nuklir. Jadi kalo ada kapal selam nuklir atau kapal destroyer nuklir atau pembom nuklir lewat kita semua hanya bisa plenga plengo melihat saja tanpa bisa ambil tindakan karena kalo ambil tindakan akan merugikan kita sendiri dan berharap senjata nuklirnya kaga meledak sehingga kaga ada bahaya radiasi radioaktif nuklir.

Pusing pusing said...

Sebelum ditembak atau dieksekusi ada baiknya kontak dulu ke kapal selam nulkir musuh atau kapal destroyer musuh atau pembom nuklir musuh apakah mereka bawa atau tidak senjata nuklir, karena ya itu tadi yg disebut buah simalakama, kita tembak kita beserta keturunan kita sengsara seumur hidup tapi kalo kita tidak tembak ya musuh jadi sombong angkuh petantang petenteng, serba salah jadinya kita ini

Pusing pusing said...

Yang namanya senjata nuklir itu sebetulnya adalah sebuah iklan berjalan yg isinya awas bahaya radiasi radioaktif nuklir, jangan ditembak ya kalo kaga mau terima resiko seumur hidup.

Anonymous said...

Di tahun politik apapun bisa di goreng, ketika ada konflik di masyarakat terkadang elit politik menikmatinya karena bisa jadi ladang jualan ambisi politik mereka.

Anonymous said...

Tapi ini lebih masif, sistemis,luas dan lebih kuat guncanguncanganya dari pada periode sebelum sebelumnya

Anonymous said...

Mungkin lebih parah yg dulu, dulu seakan akan pemilu itu perang agama, antara surga dan neraka dan kalau sudah ngomongin keyakinanan agama seseorang itu rela melakukan apa saja walaupun itu bertentangan dengan hukum negara, masih beruntung negara kita tidak seperti suriah ,irak, yaman dan afganistan yg terus ribut antar sesama nyaris tanpa henti.

Anonymous said...

Ketika pemimpin kita tidak bisa di dikte oleh pihak luar supaya ikut kemauannya mereka maka bisa di pastikan mereka akan ikut bermain di negara kita melakukan apa saja supaya negara kita lemah akhirnya bisa di atur oleh mereka, dan salah satu caranya adalah mendukung pemimpin yg kira2nya bisa di atur oleh mereka, masalah konspirasi ini sudah menjadi rahasia umum.

isan said...

Ulasan yg menurut saya sangat bagus. Bravo bung jagarin. Negara berdaulat atas wilayah baik darat, laut dan udara. Dimana didlmnya terkandung kekayaan alam dan tempat utk dibudidayakan demi kesejahteraan rakyat, serta medan strategis utk pertahanan. Utk mengatur kedaulatan tsb perlu otak dan otot. Oleh karena itu wilayah tsb perlu dikelola utk memperkuat otot tsb.

Anonymous said...

Ndak ada itu pemilu seperti perang agama.terlalu lebay.kalaupun ribut itu pilkada Di salah satu kota besar itu pun karena salah satu calon keceplosan mempersoalkan ayat dari kitab suci yg bukan agamanya itu yg memantik kemarahan umat agama yg bersangkutan.

Anonymous said...

Irak relatif tenang, yaman pun sudah agak reda, yg masih agak panas suriah mereka bertikai karena ada pihak luar yg membikin kekacaun dan memanas manasi. Yg lebih kurang ajar lagi justru afganistan setelah dditinggal lari terbirit birit oleh si SAM di usir taliban kemudian dikuasai sepenuhnya oleh taliban yg dianggap barbar intoleran radikal sadis justru negaranya damai tentram. Itu fakta

Anonymous said...

Menyikapi arogansi dari utara adalah 1)tingkatkan kualitas pendidikan 2) Bangun Ekonomi yg berazazkan kemandirian bangsa. 3) perkuat militer langkah cepatnya beli alutsista dan upayakan tranfer teknologi yg di perlukan dgn tujuan utamanya adalah pengusaan iptek dan kemandirian industri dalam negri.4)perkuat hubungan baik dan kerjasama di segala bidang dgn negara yg senasib sepenanggungan akibat ulah si tamak.kalau bekerja sama dgn si tamak keblinger namanya.5) perbanyak jumlah personel militer aktif dan komponen cadangan.6)pererat persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi tantangan dan ancaman dari luar serta mewaspadai gangguan dari dalam.7perbanyaklah berdoa sesuai dgn agama dan kepercayaan masing2

Anonymous said...

Tuh dulu neno warisman pernah ngomong pas kampanye buat pak prabowo bahwa pilpres waktu itu ibarat perang badar, sejarah perang badar itu antara kaum muslimin vs kafir, berarti surga dan neraka dan amin rais pun pernah ngomong bahwa ada istilah partai setan.

Anonymous said...

Dan untuk mencapai itu semua dibutuhkan sosok pemimpin yg cerdas, pemberani, tegas serta punya keinginan tulus iklas untuk memajukan bangsa ini.

Anonymous said...

Di afganistan keadaannya damai itu menurut orang luar, menurut orang afgannya belum tentu karena kebebasan di afgan sekarang jadi barang yg sangat mahal, terutama bagi kaum perempuan, pun begitu dari sisi ekonomi sekarang ekonominya sangat terpuruk tuk sekedar makan saja susah.

Anonymous said...

Itu semua sudah di lakukan oleh pemerimtahan nya pak jokowi.

Anonymous said...

Itukan pendapat pribadi dia. Sah sah saja dia berpendapat secara pribadi seperti itu.gak ngaruh.buktinya yg memenangkan pemilu kemarin itu pendukungnya dari mana? Ya orang2 ijo itu juga.coba bikin riset study berapa persen pendukung rezim di waktu pilpres kemarin yg ijo berapa persen yg non ijo? . Ya jelas banyak orang ijo lah dari pada non ijo.tuuh juragan durian yg tersangkut kardus itu dari golongan ijo tulen ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ itu pendukung setia rezim 2 periode loh๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐ŸคฃBolehlah dikatakan seakan2 perang agama jika yg ijo itu bersatu padu menghadapi yg non ijo secara masif tanpa kompromi.lhaa di negri ini aja ban serap ijo malahan apel siaga tiap tgl 25 des. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Anonymous said...

Oh yaaaa.tentu doong...pemimpin terbaik dalam sejarah NKRi.lanjutken
3 periode sodara sodara. Pemimpin yang membawa ekonomi meroket.pemimpin yg selalu membahagiakan rakyat.jaya selalu pak jokowi ku, pak jokowimu pak jokowi kita semua.akulah pendukungmu.pak jokowi is the best of the bestlah pokoknya. Topmarkotop

Anonymous said...

Yg jelas di afganistan itu tidak ada lagi pertempuran,pembunuhan,bom bunuh diri aksi tembak2 kan aksi saling lempar bom. Tidak ada lagi bunyi letusan senjata dan desingan peluru yg terjadi setiap hari dan sepanjang malam. bagaimana dikatakan menurut orang afgan belum tentu bahagia jika keadaan sudah damai dan kondusif seperti sekarang? memangnya di saat di invasi Gerombolan Si SAM cs ada kebebasan di sana? Kebebasan apaan jika tiap hari ada pertempuran, kerusuhan pertumpahan darah saling lempar bom, penjarahan, penistaan terhadap perempuan yg dilakukan gerombolan si SAM, aksi bom bunuh diri aksi saling lempar bom. Justru disaat di invasi si SAM cs yg namanya kebebasan itu tidak ada.kalau soal makan mah orang afgan sudah terbiasa menahan lapar.hebat juga ya setelah mereka berhasil mengusir musuh justru membuat mereka makin susah makan.

Anonymous said...

Pak Nganu memang top markotop. Satu²nya orang yg bisa menyabet sekaligus 2 gelar, yaitu gelar doktolngandus dan ingsinyul hanya dari satu jurusan, yaitu dari Jurusan Teknologi Ngayu, Fakultas Hutan Rimba, Universitas Gajah Mabok yg terletak di Kota Ngayogyongalto.
Dengan kedua gelar yang disabetnya dalam waktu bersamaan, beliau berhasil menjadi Lurah Konoha.

Anonymous said...

Orang yg kau hina itu sudah pernah jadi walikota, gubernur dki dan presiden 2 priode...kau sudah pernah jadi apa tong? Rt atau rw????๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜.

Anonymous said...

Keperluan yg sangat mendasar bagi seseorang itu adalah pendidikan, termasuk bagi kaum perempuan, nah di sana kaum perempuan di larang untuk bersekolah, di negara2 arab yg kaya raya saja perempuannya masih di perbolehkan sekolah dan bekerja...sudah di larang bersekolah di larang bekerja pula, dan buat laki2 wajib memelihara jenggot kalau tidak ada hukumannya, apakah itu sebuah kebebasan? Kebebasan dari senjata iya tapi kebebasan dari tekanan dan intimidasi tidak.

Anonymous said...

Ini blog ngebahas militer dan perangkatnya jangan jadi diskusi politik donk apalagi saling memaki menjelekan ....mending diskusi militer lagi boss ......

Anonymous said...

sekarang pak menhannya pun sudah jadi bacapres jadi tak bisa di pisahkan antara militer dan politik.

Pusing pusing said...

Bpk Prabowo dulu memang militer karena usianya adalah usia kerja aktif tapi sekarang bpk Prabowo sudah pensiun sudah kembali menjadi rakyat biasa dan tidak ada tongkat komando lagi di militer alias tidak punya kekuasaan lagi di tubuh militer, cuma karena sedang menjawab jadi Menhan RI maka otomatis kerjanya ada hubungannya dgn dunia militer tapi nanti kalo udah tidak menjadi Menhan RI maka otomatis tidak ada kekuasaan apapun di tubuh militer. Demikian pula bpk Andika Perkasa sudah kembali menjadi rakyat biasa setelah oensiun dari Panglima TNI serta sudah tidak punya lagi kekuasaan di tubuh TNI. Selama bertugas di TNI karena usia kerja aktif, TNI alias militer tidak boleh berpolitik atau memihak salah satu partai politik atau memihak salah satu calon ...... Jadi TNI harus netral. Jelas ya.

Pusing pusing said...

Seseorang yg sudah pensiun dari TNI tidak bisa disebut lagi orang militer ya, melainkan disebut rakyat biasa. Karena orang militer itu harus masih aktif berdinas di kesatuan TNI

Pusing pusing said...

Hayo saudara saudariku, kembalilah kita membahas teknologi dunia kemiliteran bukan membahas politik atau partai politik ya, sadar ya.

Anonymous said...

Kan narasi yg di bangun waktu itu seolah olah mau perang agama atau jihad, suka bawa2 ayat suci, takbir di umbar di mana2, tuh kelompoknya yg suka merasa paling islami, paling bener sendiri, tapi kalau mereka sendiri yg salah cukup cuma minta maaf doang, kaya yg sholat rukunya dua kali, sholat nya di atas mobil sendirian pake jubah dan sorban pula, kalau itu dilakukakan oleh kelompok lain pasti di cap penista agama ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜.uang sumbangan dari umat untuk korban bencana ehh di pake beli mobil dan rumah ama si ustadnya, kalau itu di lakukan oleh kelompok lain pasti itu di cap ustadz peniata agama๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜.koperasi syriah uang nya pada hilang, kalau itu di lakukan oleh kelompok lain pasti di cap penista agama๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ.

Anonymous said...

Setuju dulur ayo buat blok ini kaya akan argumen n pendapat masing2 individu TENTANG ALUTSISTA TNI tanpa embel POLITIK.

Anonymous said...

Belajarlah lagi lah soal kebutuhan pokok manusia.teori ngawur mencoba memutarbalikkan fakta.Belajar tentang teori hirarki kebutuhan manusia oleh moeslaw. Ilmuwan klasik barat ini membuat pola struktur kebutuhan dasar manusia. Yang pertama sekali teori dalam teori ini adalah rasa aman. Rasa aman gak ada yg lain itu sudah mutlak. Urutanya adalah 1) rasa aman .2) Pangan (makanan) . 3)sandang (pakaian) .4) papan (kediaman tempat tinggal). 5 pendidikan.
Ternyata pendidikan urutan ke 5.itu teori dari ilmuwan barat lah. Akal waras aja bagaimana bisa proses pendidikan belajar mengajar terjadi jika desingan peluru bersedingan diatas kepala dan kening. Bagaimana proses pendidikan terjadi jika tidak makan, bagaimana proses pendidikan terjadi jika tidak berpakaian???? Soal bahwa taliban tidak mengizinkan wanita menempuh dan mendapatkan pendididikan itu adalah FITNAH YG KEJI. dan semua tau dari golongan mana fitnah busuk itu berasal.taliban berikan hak kepada anak2 perempuan untuk menempuh pendidikan dan untuk itu mereka taliban memberikan aturan murid, siswa siswi bahkan guru pun dipisah antara laki2 dan perempuan.wala bagaimanapun manusia adalah makluk yg berakal untuk hidup manusia membutuhksn aturan2 demi keberlangsungan hidupnya tidak bisa tidak. Tidak bisa manusia hidup bebas karena dia makluk berakal dan harus bertanggung jawab.kehidupan bebas tidak bisa diterapkan ke manusia. Bahkan negara yg paling menjunjung tinggi kebebasan Si SAM dan negara2 gerombolan NATONYA pun masih ada aturan. Kebebasan hanya berlaku bagi hewan.

Anonymous said...

Narasi yg sengaja diciptakan dan dihembuskan oleh Golongan yg suka memusuhi dan memfitnah kaum ijo.kalau ustad berbuat itu oknum enak aja langsung memvonis semuanya begitu. Tidak. Kalau soal pemuka agama ada yg berbuat kesalahan itu ada di setiap agama itu hanya oknum. Pemuka agama yg melakukan pedofilia di negara2 barat kalau begitu apa namanya? Bahkan tidak sedikit juga dinegara barat itu pemuka agamanya yg memainkan uang amal. Bahkan paus (yg berasal dari amerika latin) pun akhirnya mengundurkan karena merasa malu dan gagal membina umatnya gara2 terbongkarnya kasus pedofilia yg di lakukan oknum pemuka agamanya.saya katakan oknum ya bukan semuanya karena masih ada yg betul. Identitas islam takbir itu sudah pasti tidak bisa dibasuh2 lagi itu pasti. Tolong beri tahu dimana pernah ada kejadian di indonesia ini dgn gema takbir ini umat islam bersama2 secara massal membunuh membantai menyemblih dan menumpahkan darah orang yg berbeda keyakinan?soal bawa2 ayat bukankah yg memulai menorehkan luka itu si......yg menyebut dan menghujat ayat itu gara2 takut kehilangan jabatan. Yang mempercayai ayat itu juga berhak membela diri.kalau soal politisasi agama ada kejadian seorang calon kepala daerah sewaktu pilkada periode lalu yg ikut memberikan qurban sapi di kepulauan seribu padahal dia golongan yg di tolak qurbanya dalam agama itu karena keyakinanya beda. Lha kok bisa dia ikut berqurban tanya kenapa?

Anonymous said...

Iya lagi tidur. Lagi mabuk vodka tau gak loe.beli kapal selam besar bertenaga nuklir Mampu pasti mampu bahkan kalau perlu pabriknya sekalian tidak ada cerita tidak mampu kalau ada keinginan kuat dan semua koruptor kelas kakap dirampas hartanya dan dihukum mati karena pengkhianat bangsa.

Anonymous said...

Biarin aja drone itu nabrak dan menghantam pembom nuklir. Nanti kita tangkap karena dia radikul. Mosok seekor drone berani beraninya merontokkan pembom nuklir yg lagi bawa senjata nuklir.kalau soal radiasi,penyebaran zat zat radioaktif dan ledakan nuklir itu adalah vaksin efektif untuk mengatasi penyakit pusing pusing dan ngomongan ngelantur komen panjang panjang sana sini๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Anonymous said...

Adakah penambahan korvet ato opv dalam dekat ini ? Klondilihat dari sisi kebutuhan KRI msh butuh byk ...tpi dengan anggaran yg terbatas paling realistis yaa korvet /opv sehingga secara kuantitas dpt menutupi kekurangan jumlah KRI striking forces

Anonymous said...

Selain opv, kelanjutan project 120 FMB (Fast Missile Boat) Lundin yg dipersenjatai Rudal NSM besutan kongsberg sudah sampai mana progress_nya yak? Kalo bener terealisasi bikin ngeri..joss..

Btw, Bapak Panglima kita kepincut LCAC nya US Navy nih saat digunakan di Super Garuda Shield 2023,
Bungkuss Pak LCAC nya, jangan kelamaan.. sudah saatnya LCU Marinir diganti.. biar tambah gahar Pasukan Marinir Penyerbu Pantai kita..

Pusing pusing said...

Soal radiasi radioaktif nuklir dari ledakan senjata nuklir atau pembangkit tenaga nuklir tidak ada yg selamat hidup, itu bukan ngomong ngelantur ya, waktu jaman perang dingin pun antara blok barat vs blok timur tidak ada yg berani memulai perang senjata nuklir karena merwka pada tau akan sia sia doang tidak ada yg menang dan tidak ada yg kalah semuanya hancur lebur binasa, sekarangpun korea utara kaga berani memulai perang senjata nuklir melawan USA beserta sekutunya, di perang Ukraina vs rusiapun rusia kaga berani memulai meluncurkan sebjata nuklir.

Anonymous said...

Kan saya nulis dengan kata SANGAT MENDASAR bukan kata PALING MENDASAR... sandang pangan dan papan itu kebutuhan jangka pendek yg harus dipenuhi dalam kurun waktu tertentu seperti hitungan hari, minggu atau bulan sedangkan pendidikan itu kebutuhan jangka panjang, ketika orang tua memasukan anaknya kesekolah dasar, menengah hingga keperguruan tinggi kan harapannya supaya si anak kelak dengan ilmunya itu bisa mendapatkan pekerjaan yg layak, dengan begitu dia bisa memenuhi kebutuhan sandang pangan dan papannya nya dengan layak pula...fitnah atau bukan yg jelas banyak negara termasuk negara kita meminta kepada taliban supaya memberikan kesempatan kepada kaum perempuan tuk bisa menikmati pendidikan karena ketika taliban berkuasa dulu pernah melarang kaum perempuan tuk sekolah dan bekerja...darimana ceritanya perempuan sekolah dan bekerja di sebut melanggar aturan? sebuah kebebasan yg di belahan negara muslim lainnya tidak di sebut sebagai pelanggaran yg harus di hukum cambuk dan segala macem bahkan di negara arab yg konservatif sekalipun.

Anonymous said...

Itu sebagai perumpamaan saja ketika orang lain bersalah didemonya sampai berjilid jilid bahkan sampai ada reuniannya ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ dan tamasya almaidah๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ bahkan ketika si orang tersebut sudah di vonis penjara, dan sudah keluar dari penjara pun masih aja di ungkit2 kesalahannya gimana kalau misalnya allah ngasih hidayah pada si orang tersebut hingga jadi muallaf kan buat allah itu tidak ada yg mustahil, tapi ketika dari kelompoknya ada yg berbuat salah biasa aja tuh gak pernah demo2an padahal itu jelas2 mencoreng agama...takbir itu ada tempatnya bos masa kampanye dan demo takbir melulu...kan katanya di sana itu penjaga syari,ah sampai pakaiannya pun bersyariah tapi ketika ada dari kelompoknya yg melanggar syariah kok pada diam saja.๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜.

Anonymous said...

Saya minta maaf pada bung jagarin karena bahasannya melenceng dari topiknya bung jagarin.

black eagle said...

Setuju banget...LCAC sebenarnya PT.DI pernh membuat protiipenya ...FAST MISSILE BOAT Lundin sdh smp mana uji kelayakannya?

Anonymous said...

Hebat sekali ya pangan sandang dan papan kebutuhan jangka pendek teori dari mana itu padahal itu kalau begitu makan hanya untuk kebutuhan sehari saja atau cumaseminggu karena jangka pendek demikian juga dgn pakaian perumahan dan pakain. Selesai dipenuhi dalam jangka pendek selesai tidak perlu makan lagi tidak perlu pakaian lagi bugil ria tidak perlu rumah gentayangan aja. Padahal itu kebutuhan jangka panjang selama masih hidup.taliban yg berkuasa dulu beda dgn taliban generasi sekarang. Taliban generasi sekarang sudah memperbolehkan wanita dan anak2 perempuan memperoleh pendidikan yg layak itu fakta. Afganistan yg di bawah pemerintahan taliban adalah sebuah negara yg berdaulat. Tidak ada satupun bahkan semua negara yg berhak mengatur mereka. Mereka di bawah naungan falsafah, prinsip cara hidup yg telah mereka pilih. Tidak satupun bangsa atau seorang yg berhak mengatur hidup mereka. Tak satupun sekali nyawa taruhanya.sudah berapa banyak bangsa yg mencoba menginvasi mereka bukan sekedar mengatur lagi tapi mereka mampu bertahan mengusir dan membuat penjajah rakus tamak loba dan tukang fitnah plus punya penyakit iri dengki itu jengkang mampus bergelimpangan di tanah mati.yang masih hidup lari terbirit birit cipirit. Sebut saja inggris , uni soviet, bahkan yg terbaru amerika plus negara2 eropa NATO harus angkat kaki dari tanah afganistan dalam keadaan hina dina memalukan. Itu fakta dan tercatat dalam sejarah.tidak berhak dan tidak sanggup bangsa manapun didunia menginvasi dan menjajah afganista taliban apa lagi cuma mengatur dan meminta. Mereka2 hanya bisa memfitnah. Di fitnah karena tidak ada kebebasan, di fitnah untuk makan aja susah, di fitnah mengekang kehidupan wanita di fitnah tidak memberikan akses pendidikan yg layak untuk perempuan, di tuduh radikal fundamentalis dan seabrek2 fitnah keji dusta yg tidak masuk akal lainya. Apa salah taliban? Kenapa sentimen betul sama afganistan taliban? Apa pernah taliban itu menjajah kalian? Apakah pernah taliban afganistan itu merampas tanah dan hak milik kalian? Apakah pernah taliban afganistan membunuh saudara kalian? Apakah pernah taliban Afganistan itu membantai nenek moyang kalian? Apa pernah taliban afganistan itu menistai nenek kalian, emak kalian, tante kalian, keponakan kalian tetangga perempuan kalian? Kalian ingin kenal taliban afganistan datanglah ke afganistan. Sudah banyak aktivis, wartawan dan warga mancanegara terutama bule2 barat eropa amerika yg penasaran dan ingin tahu apa iya taliban afganistan sebiadab,sebar bar, segitu keji dan buasnya seperti yg di propagandakan media barat dan orang2 segolongan dgnnya. Mereka mendatangi taliban dan afganistan.Ternyata apa yg mereka alami bertolak belakang 180 darjat dgn berita2 proganda yg memfitnah taliban Afganistan. Mereka di sambut dgn ramah dan hangat penuh prikemanusian.bahkan diperlakukan bagaikan raja. Mereka tidak menyangka sama sekali. Karena memang nilai ahklak yg mulia itu yg di ajarkan kepada mereka yaitu memuliakan tamu. Akan beda perlakuanya jika kalian datang ke tanah tumpah darah mereka dgn todongan senjata. Silahkan coba.sejarah sudah mencatat siapapun menyerbu afganistan dgn todongan senjata akan mampus jengkang terhina dan yg masih hidup akan lari ketakutan tak kalah hinanya. Tidak ada satupun orang, atau negara manapun bisa mengatur dan mendikte afganistan taliban bahkan PBB sekalipun.

Anonymous said...

Mereka berdemo karena sudah terpaksa. Kenapa si mulut jamban itu mengatakan surat almaidah di jadikan alat untuk...... Tidak sanggup saya mengisi titik itu karena itu adalah penghinaan yg sangat hina dan paling kurang ajar terhadap kitab suci.keluar penjara?tidakbenar dia di penjara. Dia hanya di tahan di markas brimob kelapa dua depok. Kalau di penjara no di cipinang no cobalah mendekap di cipinang kalau berani berbaur dgn narapida yg lain. Sebelum di demo sudah di laporkan tapi tidak dihiraukan. Jalan terakhir ya di demo besar2an.kurang sabar apalagi orang2 itu? Hanya di zaman ini ada orang petentengan masuk masjid bawa2 anjing, ada yg bakar masjid, ada yg menusuk ulama, ada yg buat konten di internet yg berisikan fitnah dan caci maki yg sekeji2 terhadap agama mayoritas rasa minoritas,ada yg fitnah tokoh agama dgn chat mesum dan terbukti itu fitnah akhirnya hilang sendiri kasusnya ada juga imam solat subuh yg ditikam dll tidak bisa saya sebut satu persatu karna sangat banyak penuh nanti penuh blog pak jagarin ini. Semua itu di hadapi dgn sabar tidak ada demo apalagi berjilid2 cukup di selesaikan dgn minta maaf atau pelakun di tetapkan sebagai orang gila dan itu pun masih dicap radikal radikul intoleran.dilabeli dgn julukan yg menghina yaman dan kadrun dll. Apa lihat ada dikit2 demo untuk itu semua? Apalagi berjilid? Jawabnya PASTI TIDAK ADA FAKTA PUN MEMBUKTIKANYA.apa kamu terganggu dgn pakaian syari'ah? Padahal secara hukum tidak gangguan dan kau tidak dirugikan secara materi? Jika kau persoalkan itu berarti kau lah yg radikal dan intoleran. Apa salah ucap takbir negara ini di perjuakan dgn teriakan takbir oleh pejuang yg bersimbah darah dan mengadu nyawa dgn penjajah rakus lagi tamak dan tukang fitnah. Trus untuk menyenangkan hatimu dan menghilangkan cap intoleran serta radikal itu harus menyayi haleluya atau menyayikan lagu ganjerr ganjur itu? Tidak.sekali kali tidak sekalipun babi bisa lewat ke lobang semut sekali kali tidak.tunjuk aja batang hidung yg melanggar syariah dalam bentuk apa? Jgn mengada lah

Anonymous said...

Gak apalah biarlah gak ada yg selamat hancur total aja semua. Dari pada banyak yg pusing pusing.hidup hanya sementara semuanya akan hancur binasa. Hanya soal waktu.kematian dan kehancuran akibat nuklir itu sangat cepat dan dahsyat. Sehingga makhluk hidup yg terkena tidak sempat merasa kan sakit saking cepatnya nyawa melayang.

Pusing pusing said...

LCAC made in Indonesia udah adah 5-10th yg lalu namanya hovercraft kartika jaya buatan kerjasama sebuah perusahaan swasta di tangerang -litbang TNIAD, cuma ukurannya hanya pas utk 2truk mitsubishi 120ps.sampe sekarang belum ada tindaklanjutnya padahal sudah ditest susah diujicoba di perairan laut teluk jakarta.

Pusing pusing said...

Sebentar sabar ya komennya jangan pake emosi namanya juga sharing info dunia tenologi kemiliteran, yg tidak tau jadi rau lalu yg tau jadi lebih paham dan yg paham jadi lebih mengerti.

Pusing pusing said...

Oke, biar tidak ada yg namanya perang atau konflik panas atau bertikai berantem yg semua pada pake ego masing masing, biarlah senjata nuklir yg membinasakan semua kehidupan di muka bumi ini tanpa menyisahkan seorang pun yg hidup. Hancur total planet bumi ini gara gara perang dgn senjata nuklir.

Pusing pusing said...

Terpedonya lagi diramu buat pempek palembang supaya enak dimakan daripada buat menghancurkan lebih baik dialihkan buat pempek terpedo.

Anonymous said...

Ya betul itu. Pak Putin sedang menyiapkan alat2 yg dianggap perlu bosqu. Siap di hidangkan.jalan menuju ke sana telah dibuka.tapi takdir menetapkan tidak semuanya manusia musnah. Ada sisa2 nya.sisa2nya inilah yg akan melanjutkan perang selanjutnya perang besar benar2 perang besar yg penghabisan.semua teknologi musnah karena baku hantam rudal nuklir. Tidak ada listrik, tidak ada sistim komputer jenis apapun tidak ada lagi alutsusta canggih yg dipandu satelit, laser apalagi yg namanya AI Yg ada hanya pedang tombak dan anak panah. Awal sejarah perang anak manusia diawali dgn batu tombak dan panah dan perang terakhir sejarah manusia juga ditutup dan diakhiri dgn panah batu dan tombak.itu sudah suratan tidak bisa dubah ubah lagi dan kita saat ini dapat merasakan proses kesana sedang berjalan bosqu.maaf kan saya karena lancang membocorkanya๐Ÿ™๐Ÿ™

Anonymous said...

Pemirsgha kita rehat sejenak

Gus Endho said...

Semoga kedepannya siapapun Menhannya visioner seperti Pak Prabowo karna dg Militer yg kuat RI akn punya bargaining power yg di segani, sehingga negara lain yg ingin mengusik NKRI berpikir 2 kali..bravo TNI๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ

Pusing pusing said...

Oke

Anonymous said...

TNI AL akan segera mendapatkan peralatan baru berupa Submarine Rescue Vehicle System (SRVS) yakni kapal selam yang berfungsi untuk mengevakuasi awak kapal selam yang tenggelam atau mengalami masalah di dasar laut. 

Kira-kira berappa unit yang dipesan kemenhan yaaa ?
Harapan sih 3 Unit ❤

Anonymous said...

Tenang jgn pusing pusing mikirin dia. Dia hanya bersemangat memaparkannya bukan emosi.dia gak gigit orang kok.

Anonymous said...

Kaselnya kapan ya ? .....kok aga gelap

Pusing pusing said...

Pemilihan kapal selam baru buat TNIAL memasuki masa kebingungan milih yaitu mau milih scoorpen perancis atau U214 AIP jerman cuma sayangnya yg dilirik yaitu U214 AIP jerman pelit ToT dan kaga mau nurunkan harga penawaran sedangkan yg tadinya kaga dilirik malah jor joran kasih ToT dan kasih harga special bila dibeli RI. Kenapa yg dilirik U214 AIP jerman? Karena PT PAL sudah menguasai dasar dasar teknologi kapal selam jerman via changbogo class korsel sehingga bila ingin melanjutkan ke pembuatan U214 AIP jerman di galangan kapal PT PAL tinggal diteruskan aja penguasaan teknologi kapal selam jerman ke tingkat yg lebih tinggi lagi. Kalo pilih scoorpen perancis ya harus dari nol sulu yaitu buru buru belajar menguasai dasar dasar teknologi kapal selam scoorpen perancis tapi ini juga butuh waktu yg tidak sebentar.

Pusing pusing said...

Afganistan
Era 60-80an Afganistan termasuk negeri yg makmur sebelum invasi Rusia ke Afganistan. Dengan berjalannya waktu dari mulai invasi Rusia ke Afganistan sampai detik ini Afganistan dikuasai kelompok Taliban. Ada yg luput tidak terekspos soal afganistan yaitu opium.
Entah kenapa tanah di Afganistan sangat cocok dgn tanaman opium sehingga sangat subur bila bercocok tanam tanaman opium, opium Afganistan ternyata no1 kualitasnya dan utk menghasilkannya twrnyata ada pabrik besar di afganistan yg mengelolah sedemikian rupa buah opium menjadi opium no1 yg harganya aduh hai, ternyata keperluan obat bius utk rumah sakit seluruh dunia dipasok oleh pabrik tersebut dan kebetulan output produksi dari pabrik tersebut besar melebihi pesanan kebutuhan rumah sakit dunia, akibatnya otak bisnis pun berjalan sehingga kelebihan produksi tersebut dilempar ke pasar gelap, disinilah dimulai kasus kasus jual beli narkoba kelas dunia, kenapa? Karena mendatangkan omset uang yg gede bagi pabrik tersebut.
Masalahnya siapakah pemilik kebun luas ladang tanaman opium + pabrik besar yg mengolah buah opium menjadi barang berharga tidak jelas dan selama konflik konflik di afganistan justru tidak tersentuh alias tidak terganggu bisnis opium berikut ladangnya berikut pabrik besar yg mengolah buah opium. Apa gara gara opium kualitas no1 ini ada negara negara di luar afganistan yg merancang konflik konflik yg timbul di afganistan selama ini?

Pusing pusing said...

Selama era perang dingin antara blok barat vs blok timur ternyata Unisoviet yg memegang kendali distribusi narkoba di black market, jujur soal perdangan pasar gelap narkoba ini ternyata tidak ada permusuhan antara blok barat dgn blok timur, karena bagi blok timur yg penting ada uang ada barang, barangnya dari blok timur sedang uangnya dari blok barat. Nah barangnya itu ternyata produksi pabrik besar di afganistan yg mengelolah buah opium menjadi barang bernilai tinggi yaitu narkoba utk black market. Nah setelah runtuhnya blok timur siapa yg pegang kendali menggantikan Unisoviet?

Anonymous said...

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto @prabowo terus memperkuat dan memodernisasi TNI AL dengan pengadaan Sistem Penyelamatan Kapal Selam atau Submarine Rescue Vehicle System (SRVS) dari Inggris.

SRV-F Mk. 3 produksi Submarine Manufacturing & Product Ltd. (SMP), merupakan sistem penyelamatan kapal selam paling unggul di dunia.

Desainnya yang revolusioner memberikan keuntungan dibandingkan sistem lainnya, memungkinkan evakuasi total seluruh awak, dari kapal selam kelas Nagapasa dan Tipe 214 dalam operasi penyelamatan tunggal, terlebih SRVS ini dilengkapi dengan Mothership (MOSHIP)

Diatas adalah tulisan deskripsi yg ada di youtube resmi kemenhan ri,
Diatas tersebut kasel kelas nagapasa dan Tipe 214.

Mungkin ini clue Armada Hiu Kencana baru atau memang sudah ada Tipe U214 yg ikut ronda di perairan Indonesia.....

Wira Ananta Rudira...

Anonymous said...

Berbicara kasel emang ga ada habisnya makin lama makin penasaran dgn kondisi geopolitik kawasan yg semakin memanas apalagi tetangga sombong dan tetangga rakus sudah dan akan terus memperkuat armada perangnya baik laut udara ataupun darat terutama di Matra laut masalah kasel terus berkembang berbagai opini bermunculan dgn asumsi yg masuk akal tinggal kita tunggu kelanjutannya sebelum pa menhan betul2x selesai jabatnya tentu akan mempertimbangkan kaseln apa yg akan memperkuat hiu kencana kita hanya saja jangan sampai seperti kejadian menhan sebelumnya pada akhir masa jabatannya ketika TTD kontrakbkasel buatan Korea yg tidak disertai kontrak efektif (di panjar ) akhirnya tidak jelas kelanjutannya padahal pertimbangan pembelian kasel telah dipertimbangkan secara matang selama hampir 5 THN Lo...

Anonymous said...

Tidak efektif pake komcad di natuna, yg bermain angkatan laut dgn teknologi tinggi

Anonymous said...

Gatel banget si nungguin kontrak efektif fregat fremm, mogami,f 15 ,kasel, black hawk dll duitnya keburu kepake pilpres, pileg Ama tetek bengek lainnya

Mas said...

Postingannya kok lama bung jagarin...

Anonymous said...

Benturan kepentingan antara user TNI AL dan kemhan, seharusnya kemhan hanya memfasilitasi saja User lbih tau dan paham mana yg lbih baik dan terintegrasi CMS Hasil kerjasama PT LEN & Thales sudah di pakai di beberapa KRI

Anonymous said...

Wah yg punya lapak kmn ni libure lama banget

Anonymous said...

Bang Haji sehat.....

Anonymous said...

Sdg kemana? Dan bagaimana keadaanya bang haji?

Anonymous said...

Alhamdulillah sehat. Sdg ada tugas lapangan, mhn dimaklumi njih.

. said...

Innalilahi wa innailaihi rojiun

Anonymous said...

Alhamdulillah.....sehat sehat selalu ya pak Haji.....