Thursday, February 16, 2023

Kapal Cepat Rudal

PT PAL pekan ini kembali meluncurkan produk ke enam kapal cepat rudal 60 meter paket lengkap, diberi nama KRI Panah 626. Persenjataan utama nantinya dilengkapi dengan peluru kendali anti kapal permukaan Exocet blok 3.

Sampai hari ini TNI AL sudah memiliki 14 kapal cepat rudal produksi dalam negeri. 8 unit yang lain dari "Clurit Class" merupakan produksi PT Palindo Batam. Kapal cepat rudal adalah alutsista "hit and run" yang diperlukan dalam sistem senjata armada terpadu TNI AL. Seluruhnya diberi nama senjata tajam tradisional Indonesia

CLURIT CLASS 40 meter (Buatan PT Palindo Batam)

KRI Clurit 641

KRI Kujang 642

KRI Beladau 643

KRI Alamang 644

KRI Surik 645

KRI Siwar 646

KRI Parang 647

KRI Terapang 648


SAMPARI CLASS 60 meter (Buatan PT PAL Surabaya)

KRI Sampari 628

KRI Tombak 629

KRI Halasan 630

KRI Kapak 625

KRI Panah 626

KRI Kerambit 627

Yang menarik, berbagai jenis kapal perang TNI AL seperti kapal cepat rudal, kcr trimaran, kapal patroli cepat, korvet, landing ship tank, landing platform dock, tanker bcm, dan bahkan kapal selam sudah bisa diproduksi di dalam negeri. Saat ini PT PAL sedang mempersiapkan pembangunan 2 kapal perang terbesar heavy fregate "merah putih" 140 meter. Luar biasa kemajuan industri pertahanan kita khususnya matra laut. Tapi biasanya berita bagus seperti ini tidak menjadi perhatian kita.

****

(Jagarin Pane/ 16 Feb 2023)

20 comments:

Anonymous said...

Ulasan yg luar biasa pak jagarin. Namun asa satu kapal yg benar2 layak disebut kapal rudal cepat yaitu kapal yg diproduksi pt Tasco yg mampu digeber hingga 35 knot yg segera memperkuat TNI AL. Maaf jika keliru ๐Ÿ™

Anonymous said...

Ralat PT TESCO. KCR 60M kecepatan 35 knot

Anonymous said...

Kecepatan maksimal KCR ini berkisar 35 hingga 40 knot. Ini baru layak disebut KCR

Jagarin Pane said...

Semoga segera memperkuat TNI AL

Anonymous said...

Saran agar KCR bisa lama melalukan patroli di wilayah ZEE, dan agar lebih banyak persenjataan, alat peperangan elektronik dibandingkan dengan KCR ukuran panjang 60 m, agar ditambah panjangnya menjadi 110-115 meter, dibagikan depan selain meriam cal 75 mm juga dilengkapi peluncur RIM 116, dan milenium gun dari Jerman, antisipasi jika musuh meluncurkan banyak rudal ke KCR Indonesia, juga setidaknya dimasing-masing kapal KCR kita ada 16 unit peluncur rudal jarak menengah, dibagian kiri dan kanan kapal, dilengkapi jg RIM pd bagian kiri dan kanan tengah kapal, untuk pertahanan udara jarak pendek, juga dibagian kiri dan kanan belakang kapal samping kiri dan kanan belakang kapal dilengkapi peluncur RIM dan dibagian atas kapal dilengkapi perlu dilengkapi oerlikon milenium gun dari Jerman, dibagian tengah kanan dan kiri kapal, juga dibagian belakang kiri dan kanan kapal dilengkapi peluncur torpedo masing2 sisi 4 unit, dilengkapi laser militer, juga ruang operasi, ruang perawatan yg dapat menampung 20 orang, ruang pemulihan, pantry, ruang olahraga, dan hangar yg bisa menampung 8 unit drone maritim dilengkapi radar, alat peperangan elektronik, inframerah, penglihatan malam, untuk 2,lantai juga 3 helikopter,1 helikopter anti kapal selam dan anti kapal permukaan juga 2lhelikopter angkut, dpt menampung dan menyebarkan ranjau laut

Anonymous said...

b jagarin, tolong ya jangan siksa kami di lembah penantian, idealnya sebulan 3 x lah ya

Liang Tai Seng said...

Kapal dg panjang 110-115m bukan kcr bro, tapi fregat....

Jagarin Pane said...

Semoga bisa terpenuhi๐Ÿค๐Ÿ™

Anonymous said...

Bung jagarin bukankah heavy frigate pal sdh keel laying dan sdg di bangun apa emg br mau di siapkan pembangunannya

Jagarin Pane said...

Sdh keel laying, lanjut.

Koteka said...

Bung Jagarin mau tanya. Khusus kapal Mogami dan Frem . Apa isitimewanya sehingga Indonesia berminat membelinya ??Berita terakhir ada pembicaraan lanjutan antara WAMENHAN dgn pihak jepang utk melanjutkan mogami.

Maksud sy adalah kelebihan MOGAMI seperti persenjataan / rudal , peralatan elektronik ,radar dibanding dgn kapal perang produk lainnya ?
Dan yg paling penting lagi TEKHNOLOGI KUNCI kapal perang MOGAMI adalah PRODUK ASLI JEPANG atau produk barat ??

Utk platform / body kapal INHAN Indonesia sdh mampu . Hanya perlu keputusan yg tegas utk nego persenjataan terutama rudal, radar dan tehnologi mumpuni lainnya yg blom bisa kita produksi .
Untk kontrak kerja sama sekalian TOT dgn perusahaan yg memproduksinya bukan dgn perusahaan kapal.
Jumlah unit kapal yg cukup pasti bisa berjalan TOT.
Selama ini negosiasi pembelian / produksi bersama dgn INHAN negara lain tapi tekhnologi kuncinya justru dipegang INHAN negara lain bukan produsen kapal yg kita jalin kerja sama. Contoh kapal selam dan KF 21 .

Semoga MOGAMI, FREM dan yg lainnya juga tdk terjebak seperti cangbogo dan kf21.
๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

Jagarin Pane said...

Awalnya Fremm aja yg diminati dan diajukan. Tapi kemudian ada lobby intensif elite agar Mogami bisa masuk daftar. Lalu terjadi Covid. Pdhal keduanya bisa paralel diakuisisi untuk percepatan jika tak ada Covid. Nah sekarang nagih janji. Harapan kita PSP Fremm dan Mogami bisa cair tahun ini. Meski jumlahnya menyusut.

Koteka said...

Alasan utk percepatan saya setuju. Dan tdk harus diproduksi di Indonesia . Semoga secepatnya Mogami dan Frem terealisasi.
Terimakasih bung Jagarin tanggapannya ๐Ÿค๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

wijaya281 said...

Bro klo panjang udah 115 meter ya itu bukan kcr tapi fregat. Fungsi KCR itu buat peperangan asimetris di lautan. Jadi lebih ke fungsi hit and run. Jadi bukan buat ngeronda di LCS he2.

Pusing pusing said...

Sebetulnya yg jadi masalah utama pembangunan kapal pera5ng itu ada di teknologi perangkat keras maupun perangkat lunak alias perangkat elektronik dan komputer seperti radar alat komunikasi komputer pengolah pilihan target buat ditembak lalu meriam Canon ato5matis maupun manual lalu rudal lalu mes5in pokok dan mesin bantu penggerak5 kapal, apa itu sudah bisa dibuat di Indonesia?

Pusing pusing said...

Dan yg terpenting adalah kestabilan kapal perang saat melewati ombak besar yg menerjang kapal bertubi tubi

Pusing pusing said...

Itulah yg dinamakan kwalitas.produk sebuah kapal perang

Pusing pusing said...

Heavy fregat FREMM Itali saat ini adalah produk terbaik dan canggih teknologi yg dibenamkan di dalam kapal sehingga menjelma jadi s6ebuah heavy fregat ygvharga barunnya sangat mahal, mogami Jepang itu masih di baw5ah FREMM Itali baik kw5alitas kapal maupun teknologi perangkatnya.

Anonymous said...

Mogami class jauh lebih canggih karena sistem yg di dalam y khusus untuk menghadapi kapal destroyer china di laut china timur, kapal fregat Mogami di rancang khusus untuk melawan kapal perang china Mogami juga designy demi siluman ,di mana RCS y kecil

Anonymous said...

Saudara kita seperti nya belum