Wednesday, March 11, 2020

Dipercepat Dong


Produksi tank Harimau pesanan TNI AD sudah dimulai, demikian juga dengan panser Badak. Termasuk panser amfibi Cobra yang difinishing di Pindad, aslinya adalah panser Pandur II dari Ceko.
Filipina naksir Harimau. Kapasitas produksi Pindad terbatas. Mau buat 18 Harimau, mau buat 12 Badak, mau merakit pansam Cobra, lagi merakit ranpur Sanca dan Komodo. Panser Anoa juga masih produksi. Berarti Filipina antri dulu kalau jadi beli. Moga-moga aja jadi, dan sabar.
Arhanud jadul "Simbah S60" tua2 keladi makin tua makin bertaji. Ratusan alutsista buatan Uni Sovyet tahun enampuluhan ini mau diintegrasikan menjadi air defense digital system. Tentu untuk memayungi kota-kota besar di Indonesia dari ancaman serangan udara. Baguslah.
Iver Class for Indonesian Navy
TNI AU merilis progress pembangunan kekuatan di timur negeri. Infrastuktur Koopsau III sudah selesai dibangun di Biak. Skadron 'angkut sedang', sudah diisi dengan 4 pesawat CN 235. Skadron baru 'angkut berat' Hercules yang bermarkas di Makassar juga sudah diisi 4 Hercules. Belum lengkap memang.
Yang sedang dipersiapkan skadron Helikopter TNI AU di Jayapura. Alutsista helikopter sudah dipesan. Skadron tempur lokasi definitifnya belum ditetapkan. Biak atau Kupang. Soal lokasi win win aja deh. Biak sudah siap, Kupang juga. Yang penting jenis jet tempurnya intersep.
Iver yang digadang-gadang, kembali dikunjungi pabriknya di Denmark oleh pejabat Kemhan dan anggota DPR. Sudah empat kali lho. Mau beli dua, kenapa gak tiga sekalian. Kan armada tempur kita ada tiga, masing-masing dapat bagian. Gak pake lama lho.
Proyek PKR 10514 jilid dua mau dilanjut, agak dipercepat gitu. Raja Belanda datang untuk memastikan Damen Schelde dapat lampu hijau. Mestinya sudah sejak tahun 2018 proyek ini dilanjut. Jadi tidak ada jeda terlalu lama. Misal usia KRI Martadinata 331 sudah delapan tahun baru adiknya yang nomor tiga lahir. Kelamaan kan.
TNI AL perlu kapal perang berbagai jenis. Semua berjalan biasa, padahal perlu jalan cepat. Satu LPD rumah sakit sedang dibuat. Tiga KCR paket lengkap lagi diproduksi. Program lanjutan pembuatan kapal perang jenis LST dan BCM jalan terus. Nah yang lemot adalah untuk menghadirkan KRI striking force Iver Class dan Martadinata Class paket dua.
CH4 Wing Long
Kita mau kedatangan paket alutsista model baru. Namanya Hanud area berupa satuan peluru kendali darat ke udara jarak sedang. Merknya Nassam 2 buatan Norwegia. Disebut model baru karena selama setengah abad kita tak punya pelapis kedua sistem pertahanan udara.
Selama ini model hanud kita hanya dua lapis yaitu jet tempur dan peluru kendali SAM jarak pendek. Dengan kehadiran satuan peluru kendali jarak sedang maka tersedia 3 lapis model pertahanan udara. Prioritas untuk Ibukota dan Natuna.
Proses pengadaan jet tempur F16 terus berjalan. Tetapi tiba-tiba AS mencabut status RI utk urusan perdagangan dari negara berkembang jadi negara maju. Artinya tidak ada lagi fasilitas keringanan alias GSP untuk produk ekspor kita ke AS.
Kenapa GSP dikaitkan dgn pembelian alutsista AS. Karena surplus perdagangan mau diseimbangkan dengan cara beli F16, Hercules dll. Jika fasilitas GSP dihapus ya mending cari produk lain dong sebagai bentuk independensi RI.
Apalagi soal Sukhoi SU35, setelah Ratas di kantor Menko Polhukam baru-baru ini, tiba-tiba semua pada pelit bicara. Maka menjadi pertanyaan apakah ancaman Caatsa dari AS menjadikan menteri-menteri itu pelit bicara.
Kita simak saja sembari mengajak semua proses itu: Dipercepat dong. Ayo dong. Buktikan independensi negeri. Datangkan Sukhoi SU35, percepat kontrak Iver, teken segera pengadaan jet tempur intersep selain SU35. Lanjutkan proyek KFX/IFX. Tunjukkan pada rakyat keseriusan membangun kekuatan militer dengan kinerja percepatan. Sebelum keburu resesi.
****
Bandung, 7 Maret 2020
Penulis adalah pemerhati pertahanan dan alutsista TNI.


20 comments:

Boboy said...

Keren bung jagarin, aku pembaca setia tulisanmu

Unknown said...

bung jagarin saya liat di medsos iver sdh sign. apa benar berita tersbt

Ayoeng said...

Kalau GSP dihapus trus ada imbasnya ke program IFX kedepannya mendingan putar haluan pengadaan ke Gripen plus paket GobalEye AEW & C

Air force said...

Gambaran MEF skuadron TNI AU

*** KOGABWILHAN 1 :

* Pontianak =
1 skuadron F16 viper (pengganti hawk)
1 skuadron UCAV ch4b
* Pakanbaru =
1 skuadron F16 block52id
1 skuadron F16 viper (pengganti Hawk 100/200)

*** KOGABWILHAN 2 :

* Madiun. =
1 skuad SU35 (pengganti F5)
1 skuad F16 setara block52id
1 skuad TA50 KAI golden eagle
* Makasar. =
1 skuad SU27/SU30
* Manado =
1 skuad FA50 KAI fighting eagle (squad baru)

*** KOGABWILHAN 3 :

* Kupang. =
1 skuad F16 viper (squad baru)
* Biak. =
1 skuad SU35 (squad baru)
1 skuad UCAV ch4b

Semoga tercapai..jaya lah indonesia ku

Poeras said...

Garing

Moon said...

Menurut pendapat pribadi saya kenapa Martadinata class agak lambat masalah ada di TOT yang kurang maksimal ,ini yang sedang di usahakan katay dalam lanjutan proyek PKR nanti untuk baja y di usahakan dari kratau stell untuk penyuplai

isan said...

Program rudalnya gak ada om. Prioritas rudal jarak menengah jauh dan heavy fregat. Perisai udara bisa ditingkatkan dari nassam?

Pribumi NKRI said...
This comment has been removed by the author.
Pribumi NKRI said...

Maju Terus dengan Tulisan2 anda YG Mudah dimengerti Orang Awam. Kalau Bisa Lebih sering lg up date tulisannya. Salam

Jagarin Pane said...

Thx for atensi nya

Jagarin Pane said...

Okay, happy readinh

Jagarin Pane said...

Sdg persiapan teknis saja. Kita juga akan nambah satu lagi yg sekelas iver yaitu omega buatan damen. Raja belanda sdh matur sama pak jokowi.

Jagarin Pane said...

Rafale dan F16

Unknown said...

As stated by Stanford Medical, It is indeed the SINGLE reason this country's women get to live 10 years more and weigh on average 42 pounds lighter than us.

(Just so you know, it has NOTHING to do with genetics or some secret-exercise and absolutely EVERYTHING related to "how" they are eating.)

BTW, What I said is "HOW", not "WHAT"...

TAP this link to determine if this little test can help you release your real weight loss potential

Unknown said...

If you're trying to lose kilograms then you need to get on this brand new personalized keto meal plan.

To create this keto diet service, certified nutritionists, personal trainers, and professional cooks have joined together to produce keto meal plans that are productive, painless, economically-efficient, and delightful.

From their first launch in 2019, thousands of people have already transformed their figure and health with the benefits a good keto meal plan can provide.

Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover eight scientifically-confirmed ones given by the keto meal plan.

Unknown said...

As stated by Stanford Medical, It is in fact the one and ONLY reason women in this country get to live 10 years more and weigh an average of 19 KG lighter than us.

(And by the way, it is not related to genetics or some secret diet and really, EVERYTHING about "HOW" they eat.)

P.S, I said "HOW", and not "WHAT"...

CLICK on this link to determine if this brief test can help you decipher your true weight loss potential

Probo said...

Gimana nasip kelewang yang semakin menjadi silumann bang jagarin?

MELON BESAR BUALNYA AJA said...
This comment has been removed by the author.
MELON BESAR BUALNYA AJA said...
This comment has been removed by the author.
MELON BESAR BUALNYA AJA said...

Pandangan Pribadi Saya.. IFX Prototype'' Yang Untuk IFX Tahun 2022 (Pembuatannya di PT DI) Masuk Proses Sertifikasi 2 Tahun Produksi 2025.... Untuk block II Korea sendiri pengembangannya .. Sebaiknya mengajak kerjasama dengan Turky TFX dia mesin jetnya Buatan sendiri sedangkan IFX Mesin Jetnya Dari GE.. Prototype TFX 2023 Proses Setifikasi 2 Tahun 2025 Produksi Masal sama Dengan IFX... begitu IFX produksi dan TFX produksi .. Beli TFX dengan TOT Turky kemungkinan Besar Mau Diajak Pengembangan Jet generasi 5 itu ....Sekarang ini Membeli F35 Tipis Harapan… Maunya Beli Rafale untuk mencapai MEF TNI AU 2024 Dulu.. Karena Ada Rudal Nuklir ASMP-A 500 Km ,,,, Perancis Mau TOT pemeliaraannya...sambil menunggu SU 35... dari pada membeli F16 Viper kalau membeli F 16 Bagus Membeli Rafale Karena F16 Viper Tidak ada nilai Plusnya dibandingkan dengan Rafale... JANGAN TAKUT TRUMP ITU.. AMERIKA JUGA BUTUH KOMODITI INDONESIA JUGA BUKTINYA NERACA PERDAGANGAN KITA SURPLUS Bulan November Pemilihan President Amerika Mudah2an Partai Demokrat yang menang