Tuesday, August 27, 2013

TAWARAN YANG MENDEBARKAN



Tepat di perayaan proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 2013, Menhan Purnomo Yusgiantoro menghentak publik tanah air khususnya seluruh komunitas forum militer di negeri ini dengan mengumumkan adanya penawaran 10 kapal selam bekas Rusia kepada Indonesia. Inilah tawaran paling spektakuler dari perjalanan perkuatan alutsista TNI sejak tahun 2010 karena yang ditawarkan adalah alutsista bawah air yang paling ditakuti dan memiliki efek gentar yang luar biasa.

Indonesia merasa sangat perlu untuk menambah kuantitas kapal perang pemukul bawah air.  Selama ini kepemilikan alutsista strategis  itu kita hanya punya  2 biji dari Cakra Class, setidaknya itu yang terpublikasi.  Sementara negara jiran Vietnam sebentar lagi memiliki 6 kapal selam Kilo dari Rusia.  Malaysia sudah punya 2 Scorpene berencana menambah 2 lagi. Singapura punya 6 kapal selam eks Swedia dan berencana menambah 4 unit lagi.  Australia dengan 6 Collins Classnya dan sedang mempersiapkan kapal selam tercanggihnya. Belum lagi bicara tentang punya Cina yang belakangan ini menjadi penganggu ketenteraman Laut Cina Selatan.
KRI Cakra melakukan patroli di laut Ambalat
Logikanya sederhana.  Jika memang sekarang kita punya 2 kapal selam lalu 3 tahun ke depan ada tambahan 3 kapal selam jenis Changbogo dari Korsel, artinya tahun 2018 kita punya 5 kapal selam.  Tetapi sesungguhnya 2 kapal selam kelas Cakra pada saat itu sudah uzur dan perlu rawat inap lagi atau di museumkan saja.  Jadi jumlah efektifnya tak beranjak dari 2-3 kapal selam padahal pada saat yang sama kekhawatiran tentang situasi kawasan “muka belakang” halaman rumah RI makin dinamis dan perlu penjagaan lebih ketat.

Belum lagi menjaga Ambalat yang belakangan ini diganggu manuver kapal selam tetangga. Belum lagi mewaspadai gerakan kapal selam Singapura yang teritori lautnya sempit.  Sangat diyakini gerakan kapal selam Singapura selama ini selalu memasuki teritori laut Indonesia.  Jadi selain perkuatan armada kapal selam perlu juga pangkalan kapal selam di Dumai Riau selain Teluk Palu dan Surabaya. Sebagaimana skenario sebelum krisis ekonomi 1997 ketika kita hendak membeli 5 kapal selam bekas pakai Jerman U-206 yang cocok untuk perairan dangkal.  Sayang tidak jadi beli karena krisis itu.

Memang harus ada pintu lain untuk percepatan target perolehan 12 kapal selam pada tahun 2020.  Oleh sebab itu tawaran Rusia merupakan hal yang menggembirakan karena untuk urusan kapal selam Rusia merupakan produsen yang disegani kualitas produknya.  Ingat sejarah Trikora dulu, kehadiran 12 kapal selam Whiskey Class Rusia di Indonesia membuat Belanda terpaksa angkat kaki dari Papua.  Teknologi kapal selam Rusia sampai saat ini diakui adalah yang paling senyap didunia.

Yang menarik dari tawaran 10 kapal selam Rusia ini adalah “cerita-cerita” sebelumnya sehingga menimbulkan berbagai spekulasi. Seperti diketahui beberapa tahun silam Presiden Vladimir Putin menyetujui pemberian pinjaman dana Kredit State untuk pembelian alutsista sebesar US$ 1 milyar kepada Indonesia.  Nah yang 300 juta dollar itu sudah dibelanjakan alutsista made in Rusia berupa Tank Amfibi BMP3F, persenjataan Sukhoi dan suku cadangnya. 
Kapal selam jenis Amur buatan Rusia
Sisanya yang 700 juta dollar anehnya tidak boleh dibelikan alutsista lain selain sosok kapal selam, itu persyaratannya. Skenarionya yang 700 juta dollar itu merupakan jatah 2 kapal selam “herder” jenis Kilo.  Tetapi berdasarkan pengumuman, pemerintah Indonesia tidak jadi membeli 2 Kilo karena yang menang tender tahun 2012 lalu adalah Korsel dengan persetujuan membuat 3 kapal selam “anjing kampung” dengan rincian 1 dibuat Daewoo, 1 dibuat bareng Daewoo dan PAL, 1 lagi dibuat PAL dengan supervisi Daewoo.  Begitu skenario transfer teknologinya.  Rusia mundur dari tender karena ada yang “lucu” disitu. Kan gue yang kasih 700 juta dollar pinjaman untuk 2 kapal selam. Kok pake-pake tender segala sih, kata Paman Beruang Merah.

Tetapi ternyata dalam perjalanan pembuatannya ada klaim dari Jerman sebagai pemilik teknologi U-209 bahwa negeri itu hanya memberi lisensi pada Turki, bukan Korsel sehingga perjalanan pembuatan kapal selam Changbogo yang merupakan fotocopy U-209 tersendat, sebagaimana dinyatakan Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq tanggal 19 Agustus 2013 yang lalu.  Sehingga tawaran 10 kapal selam itu perlu dikaji lebih lanjut tentu dengan aroma tak perlu mempersulit minimal soal anggarannya. Jika disetujui baru bisa direalisasikan after 2014 atau MEF tahap II.  Tetapi yang menjadi pertanyaan mengapa Ketua Komisi I DPR langsung mendukung, biasanya selalu ada klarifikasi dulu, atau mempertanyakan atau mengadakan rapat bareng atau “perlawanan ala kadarnya”.

Spekulasi yang berkembang boleh jadi pembuatan kapal selam Kilo terdahulu tetap berjalan tetapi tidak untuk konsumsi publik. Tahun 2009 sudah dimulai pembangunannya sehingga diperkirakan 2 Kilo itu sudah ada di perairan Indonesia saat ini.  Nah untuk menutupi perjalanan masa lalu 2 Kilo itu maka skenario tawaran 10 kapal selam dari jenis Kilo, Amur dan Lada bekas menjadi jalan keluarnya sehingga jika pengadaan 10 kapal selam tadi disetujui sudah “include” 2 Kilo proyek sebelumnya.  Bukankah Wakil Menteri Pertahanan Malaysia belum lama ini sudah berkoar-koar di Parlemennya bahwa Indonesia sudah punya 2 kapal selam buatan Rusia.  Mengapa tidak dibantah.

Asumsi lain adalah jika masing-masing kapal selam yang di upgrade itu memerlukan dana US$ 70 juta maka klop untuk 10 kapal selam dengan kucuran kredit state Rusia yang belum terpakai sebesar US$ 700 juta.  Tetapi angka US$ 70 juta itu rasanya kok belum pantas untuk 1 kapal selam bekas. Minimal diperlukan kisaran angka US$ 100 juta.  Jangan lupa Vladimir Putin kan pernah menjanjikan tambahan Kredit State sebesar US$ 1milyar lagi untuk pengadaan alutsista Indonesia apalagi jika dikaitkan dengan rencana membangun sistem jaringan rudal penangkis serangan udara di sejumlah titik strategis di Indonesia.

Apapun itu, tawaran yang mendebarkan itu selayaknya patut kita apresiasi dan mendukung realisasinya karena kita memang butuh kapal selam lebih banyak untuk mengawal perairan teritori NKRI.  Tentu dengan catatan lebih selektif melihat barangnya, nilai buku dan nilai jual, kepantasan teknologinya, ongkos retrofitnya termasuk biaya pemeliharaan dan ketersediaan awak kapal selam.  Disebut mendebarkan karena tetangga kiri kanan juga ikut berdebar dengan tawaran ini termasuk juga spekulasi kehadiran Kilo, rangkaian proses persetujuan pengadaan, anggaran yang tersedia dan kesamaan pandang Ketua Komisi I DPR dengan Pemerintah yang tiba-tiba bisa seiring sejalan gitu loh.
****
Jagvane / 27 Agustus 2013


39 comments:

melvianus mua said...

BUNGKUS demi KEJAYAAN INDONESIA...

Anonymous said...

Tq om admin update artikelnya,memang akhir2 ini di formil "perlontongan" bikin galau ..

Banas patie said...

gak perlu pikir panjang..
Cepet bungkus isapkan schedule trbang ke moscow untuk ttd...moU...
Bkin gregetan aja kalao nungg chanbegoo yg molorr,belom lagi kfx,,ada lagi Pkr,c-705 juga ikutan....
Tunggu apalagi pak menhan nd dpr..
Segera bungkuss.. Ini hukumnya wajib untuk di ambil jangan pikir panjang.apalagi 2500 marinir asu udah ngumpul di cocos..kalo perlu jangan cuma kilo,tpi di campur"
2 ks kilo
2 ks amur
2 ks bnv
2 ks lada
2 ks akula..
Salnjutnya terserah agan kalo mau nambahin...

Anonymous said...

Namun hati2 kelihatanya ada usaha2 amrik untuk menggagalkan rencana ini.salah satunya dengan menggoyang perekonomian ri bagaimana rupiah kian terpuruk trhdap dolar kayak krismon 98 dulu.kedua penyetujuantpembelian apache 8 unit dgn syarat amrik diperbolehkan mencari jasad tentara amrik yg tewas pda perang dunia baik di daratan maupun lautan ri.kesempatan amrik untuk memata-matai kekuatan ri.

Anonymous said...

betul sekali,harus berhati2 sama paman yang satu itu,kita bener2 tidak mau belajar dari pengalaman,apa selamanya kita akan di bodoh2in sang paman......

Anonymous said...

banyak masyrakat awam dengan mudah menerka jurus-jurus dari paman sam,tapi kenapa pemimpin2 kita malah tutup mata,pura2 tidak tahu atau memang tidak tahu bener,,,

Anonymous said...

pemimpin bukan tidak tau bung ,,tapi dia emang tutup mata besar cakap saja para petinggi... Kitaa..
Kita sebagai rakyat mau gimana lg,serba slah bila kita bergerak. Kalaopun ada jalan kita satu"nya whatsaap sby nd menhann..
Minta penjelasanya gmna...

SPIRIT INDONESIA said...

Jelas bahwa Om Sam hanya ingin mengeruk keuntungan sebesar2nya dari RI. Ingat perimbangan kekuatan dunia tempo dulu. Sukarno berpaling ke barisan merah, tapi dampaknya RI menjadi kekuatan tersendiri di belahan Asia. Kalau kita ingin menjadi negara besar, pertimbangkan untuk melirik kekuatan lain.Ketergantungan kepada Om Sam hanya menimbulkan kesengsaraan. Saatnya merubah haluan bung.

Anonymous said...

penjelasan dari pemimpin2 kita satu keharusan,bapak2 dewan yang terhormat harus mengingatkan dengan sangat jelas kepada bapak menhan "terlalu besar nantinya harga yang harus di bayar" jika alutsista kita terlalu condong ke paman sam,jasmerah,jangan pernah lupkan sejarah...

Anonymous said...

fakta sejarah: ketika militer kita kuat,alutsista kita berasal dari blok timur,negara kita di segani wilayah kita bertambah(dengan dapat dikembalikanya lagi irian barat ke pangkuan RI)

fakta sejarah : ketika alutsista kita bergantung kepada barat,wilayah kita digerayangai,di usik2 ketika mau kita gunakan di larang berujung lepas timor-timur.

fakta : kita di kelilingi oleh sekutu2 barat,tidak akan mungkin paman sam akan berpihak kepada kita kalau terjadi konfrontasi dengan tetangga yang merupakan seketu mereka.

fakta : alutsista yang diberikan ke kita selalu kualitasnya di bawah sekutu2 paman sam di sekitar kita...

Si Rosyid said...

mendebarkan...

Anonymous said...

bagaimana dengan rencana kunjungan SBY ke RUSIA pada bulan inich,apakah kunjungan inich untuk memantapkan pembelian 10 kapal selam tersebut

H. Jagarin said...

Inilah pertanyaan yg mendebarkan...

H. Jagarin said...
This comment has been removed by the author.
melvianus mua said...

Tawaran mendebarkan,
Rencana SBY ke Rusia mendebarkan,
Hasil kunjungannya yg ditunggu-tunggu pasti mendebarkan,
Semuanya mendebarkan,
sampai-sampai yg di kiri-kanan kita bukan hanya mendebarkan, tapi semakin ketar-ketir, dag-dig-dug...sekalian goyang dangdut......minta jgn diapa-apakn kalau udah punya yg mendebarkan itu....VIVA TNI....

Anonymous said...

semoga hasilnya benar-benar mendebarkan..!!!
capek karena sejak dulu selalu mendapat yang ecek-ecek...
sekarang saatnya..!!!

Anonymous said...

berdebar hatiku berdebar...
menunggu info selanjutnya...

Anonymous said...

Tidak ada kata-kata yg hrs di ucapkan selain, rakyat akan berdiri dibelakang mu wahai prajurit. Dgn salah satu alutsista (kasel) yakinlah NKRI akan tetap berdiri.

Banas patie said...

bagaimmana dengan kabar dari omm ruskie tentang 10 lontong gan..
Skalian staf TNI au yg ikut pergi ruskie..
Ada kabar apa. Tolong pencerahanya..??
Smoga smmuanya berjalan lancar..


Salam 1jiwa NkrI

khansa ayub said...

indonesia negara besar, dan punya ribuan pulau maka semestinya punya alutsista yang kuat... Hidup..!!!

Anonymous said...

Saya yakin penawaran 10 KS pasti diterima. Jangan lupa bahwa seluruh masyarakat pasti mendukungnya jayalah NKRI....

Anonymous said...

udah ambil aja.....!technology Rusia lebih canggih dibanding yg lain.
jd sekutunya Rusia aja,seperti prs.Soekarno yg dulu sahabatnya pres.Rusia....

Anonymous said...

aneh bin ajaib petinggi2 kita susah amat mengambil keputusan, padahal rusia sudah amat sangat baik, sampai menawarkan penambahan kredit segala, jangan2 ada campur tangan negara lain, AGAR TNI TIDAK MEMPUNYAI KS DARI RUSIA, anehnya lagi pembelian KS dari korsel ( yang entah KW berapa ) lancar2 saja !!!
kami rakyat indonesia tdk bodoh bung, NKRI HARGA ,MATI !!!
-by. chev lham bdg-

Anonymous said...

bapak2 kita gak punya nyali, takut sama amrik cs !!!

saeful misbach said...

OM Sam !!!!!! Baik Pasti Ada Udang Dibalik Batu

Anonymous said...

tolong pemerinta tindak lajuti segerah tawaran 10 kapal selam dari rusia rakayat Indonesia akan mendukung jika uang rakyat dipakai untuk mendukung peningkatan alusista TNI,dan memang sebaiknya kita lebih bermitra dengan rusia,jangan bangsa ini jatu kedua kalinya pada lobang yg sama.ingat kita perna di embargo!!

Anonymous said...

satu visi satu tujuan satu kemenangan dalam kebersamaan jayalah negeriku!

Anonymous said...

Kalo mau jadi negara terhormat harus bisa berdiri sendiri, kalo mau dihormat dan tidak dianggap remeh jangan tanggung-tanggung pengadaan alutsista, Sukarno jaya di Irian karena senjata rusia, fakta sejarah. Rusia tidak pernah menjajah secara ekonomi dan tidak pernah mengembargo

Anonymous said...

TAPI INDONESIA HARUS BERANI CONDONG KE SALAH SATU BLOK YAITU TIMUR DAN KEJADIAN MASA LALU DI TAHUN 1999 DAN 1965 BUAT PELAJARAN BERHARGA UNTUK KEJAYAAN NKRI.................Ingat X3 !!!, EMBARGO SANGAT MENYAKIT KAN (hallo TNI)

Anonymous said...

CANG BOBO KORSEL DAN KFX-IFX SENGAJA DI ULUR ULUR WAKTUNYA, SEHARUS NYA KITA TAU SIAPA KORSEL ?, KAN SEKUTU DEKAT AS. JADI UNTUK MENGHAMBAT LAJU KEMAJUAN TEKNOLOGI INDONESIA, YA SEPERTI ITULAH KIRA2. BUKAN TIDAK MUNGKIN KORSEL MENDAPAT TEKANAN DARI PENGASUH NYA YAITU AS.

Anonymous said...

Apa lagiiii Ndan....? Nga pake mikir lama-lama lagi... Jangan sampe mereka berubah fikiran... Bikin geregetan .....

Anonymous said...

Ikut nimbrung Gan...!saran saya indosesia perlu membentuk sekutu spy lbh disegani,dgn angota:RUSIAN,CINA,IRAN,INDONESIA!dan knp hrs negara itu,jwbn,y krn negara2 tsb pernah diperlakukan kurang baik uncle sam!sementa tetangga qt dah disiapin ribuan prajurti uncle sam,dan psti ada udang diblik batu dgn menempatkan ribuan marinir,y!JAYA TNI...MAJU iNDONESIA....

Faizal Mubarak said...

Gini aja om admin klo kita cinta sama TNI maka kita sebagai masyarakat juga perlu membantu. Jumlah penduduk indonesia kan 230 juta jiwa, coba klo tiap orang bisa sisihkan Rp10.000/bulan maka uang yang bisa terkumpul adalah Rp 2,3 trilyun/bulan. Jika kurs US$1=Rp10.000 maka total US$ 230 juta, itu klo untuk beli kapal selam seharga US$ 76 juta maka bisa beli 3 kapal selam/bln... Coba kalo satu tahun, kita bisa beli 36 kapal selam / tahun

phimhd0001 said...



Your site is very successful. Thank you
Help me please, I just wanted to introduce my site to everyone:
- FREE PORN VIDEOS, SEX MOVIES, PORN TUBE, PUSSY PORN
- JAPANESE PORN MOVIES, PORN TUBE, XVIDEOS, XHAMSTER
- BEAUTIES TUBE, XXX ASIAN PORN VIDEOS, FREE PORN CLIPS
- PORN TUBE, PUSSY PORN, FREE PORN VIDEOS, SEX MOVIES
- XVIDEOS, XHAMSTER, JAPANESE PORN MOVIES, PORN TUBE
- XXX ASIAN PORN VIDEOS, BEAUTIES TUBE, FREE PORN CLIPS

Putri Indri said...

ANDA PUTUS SEKOLAH / KULIAH ?!
MEMBUTUHKAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH ?! INGIN MERUBAH MASA DEPAN MENJADI JAUH LEBIH BAIK ?!
ATAU ANDA MEMBUTUHKAN DOKUMEN PENTING LAIN ?!
KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP UNTUK MELAYANI DAN MEMBANTU KESULITAN ANDA UNTUK MEMENUHI DOKUMEN DOKUMEN PENTING YANG ANDA BUTUHKAN.

PELAYANAN KAMI PROFESIONAL KARENA KAMI AKAN MEMBERIKAN BUKTI, BUKAN SEKEDAR JANJI.
DOKUMEN YANG KAMI SEDIAKAN AMAN - TERDAFTAR DAN TIDAK AKAN ADA MASALAH DIKEMUDIAN HARI KARENA UNTUK KEAMANAN LEGALITAS KAMI BERANI MENJAMIN.
RAHASIA IDENTITAS PEMESAN AKAN KAMI PASTIKAN AMAN DAN TERJAGA .
AMAN UNTUK MELANJUTKAN JENJANG PENDIDIKAN. AMAN UNTUK MELAMAR KERJA. AMAN UNTUK TEST CPNS.
AMAN UNTUK MASUK TNI / POLRI


DAFTAR HARGA IJAZAH SEKOLAH / UNIVERSITAS :

IJAZAH SD : 4.000.000
IJAZAH SLTP : 4.000.000
IJAZAH SMU : 4.000.000
IJAZAH D3 : 6.000.000
IJAZAH S1 : 8.000.000
IJAZAH S2 : 16.000.000


UNTUK INFORMASI LEBIH JELAS SILAHKAN ANDA KIRIM PERTANYAAN MELALUI EMAIL : 085736927001.ku@gmail.com
ATAU SMS KE : 085736927001

KAMI AKAN BERUSAHA MELAYANI DENGAN SEPENUH HATI KARENA KEPERCAYAAN YANG ANDA BERI AKAN MEMBANGUN KINERJA TERBAIK KAMI.

www.pembuatanijazah.blogspot.com
www.jasapembuatanijazahpalsu.blogspot.com

Anisur said...


Boobs And Pusssy Pictures of Indian And Pakistani Girl


Desi womans nudu fucking by her husband in room


Bangladeshi sexy college girls boobs fucking


Super Sexy Punjabi Bhabhi Removing Clothes and funking Nude


Porn star Indian sexy Sunny Leone Getting Fucked


Desi Indian aunties pussy photo gellary so sexy


Hottest Actress Katrina Kaif's Boob Press In Party Shocking Real Picture


Sunny Leone latest hot topless photo shoot without cloth


Naked Indian Girls Sucking Big Dick, Indian Girls Fucked Her Ass Point.


school girls hot sexy pictures photos girls without dress

Valena Michelle said...

Banteng88 MASTER AGEN BOLA
Banteng88 MASTER AGEN JUDI
Agen Bola
Agen Judi
Agen Judi Online
Agen SBOBET
Agen IBCBET
Agen Casino
Poker Online
Agen Judi Terpercaya
Prediksi Bola
Bandar Judi
Bandar Bola
Judi Online
Bola Online

Kekuatan Militer Indonesia said...

Kekuatan Militer Indonesia
Kekuatan Militer Indonesia
Kekuatan Militer Indonesia
Kekuatan Militer Indonesia
Kekuatan Militer Indonesia
Kekuatan Militer Indonesia
Kekuatan Militer Indonesia
Kekuatan Militer Indonesia
Kekuatan Militer Indonesia
Kekuatan Militer Indonesia
Kekuatan Militer Indonesia
Kekuatan Militer Indonesia
Kekuatan Militer Indonesia
Kekuatan Militer Indonesia
Kekuatan Militer Indonesia
Kekuatan Militer Indonesia

muhamad iskandar said...

KISAH NYATA..............
Ass.Saya IBU SERI HASTUTI.Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

Pesugihan Instant 10 MILYAR
Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
dll

Syarat :

Usia Minimal 21 Tahun
Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

Proses :

Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
Harus siap mental lahir dan batin
Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
Pada malam hari tidak boleh tidur

Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
Ayam cemani : 2jt
Minyak Songolangit : 2jt
bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

Prosedur Daftar Ritual ini :

Kirim Foto anda
Kirim Data sesuai KTP

Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

Kirim ke nomor ini : 081340887779
SMS Anda akan Kami balas secepatnya

Maaf Program ini TERBATAS .