Monday, May 30, 2011

Menyikapi Tantangan Teluk Sepanggar

Pasukan Marinir TNI AL
Entah karena ingin pamer atau karena merasa sudah kuat dalam pertahanan angkatan lautnya terutama dalam pengoperasian kapal selam, Menhan Malaysia Ahmad Zahid Hamidi “sengaja” mengumumkan kepada pers di Hotel Shangri-La Jakarta tanggal 20 Mei 2011 bahwa 2 kapal selam Scorpene Malaysia sudah siap operasi beserta pangkalannya di Teluk Sepanggar Kinabalu Sabah. Kehadiran Zahid Hamidi di Jakarta adalah dalam rangka pertemuan para Menhan ASEAN.
Malaysia telah membangun tiga pangkalan besar yang berbasis di Sabah yaitu Teluk Sepanggar, Sandakan dan Tawao.  Khusus Teluk Sepanggar dijadikan pangkalan induk untuk mengawasi perairan di sekitarnya termasuk Ambalat dan didalamnya juga menjadi basis untuk pangkalan 2 kapal selamnya.  Sepanjang sejarah negaranya baru tahun 2010 negara ini memiliki 2 kapal selam.  Boleh jadi ingin pamer pada rumah jirannya bahwa dia sudah punya  mainan baru sekalian berpesan bahwa dia tidak bisa dianggap remeh lagi.

Penempatan pangkalan kapal selam di Sabah termasuk mengumumkannya di ibukota negara yang sedang bersengketa Ambalat dengan negaranya, menyiratkan makna bahwa Malaysia sedang mempersiapkan konflik terbuka dengan jirannya Indonesia.  Namun disinilah letak ketidakpintaran seorang Menhan yang katanya masih asli Yogya itu.  Statemen dia justru memberikan stamina baru bagi hankam dan militer Indonesia untuk menjalankan perintah konstitusi: Anda jual kami beli.  Dia lupa semakin banyak dia memberikan pernyataan terbuka semakin memberikan adrenalin tempur bagi Kemhan dan TNI untuk melayani tantangan itu.

Ketidakpintaran Menhan Malaysia yang memberikan pernyataan obral itu semakin menjelaskan kepada kita bahwa ada sebuah tetangga yang memang hobbynya selalu pamer.  Semua jenis alutsista dan jumlahnya dipublikasikan terang benderang melalui release resmi, padahal seharusnya terutama jumlah dan lokasi arsenal tidak untuk konsumsi publik alias tak perlu diumbar telanjang.  Bandingkan dengan Singapura, tak perlu umbar pernyataan, biarkan publik luar tahu dengan sendirinya tanpa harus membantah atau mengiyakan.  Diam tapi mengesankan tidak untuk menantang namun jangan pandang remeh.

TNI tidak berpangku tangan menghadapi manuver Malaysia.  Pangkalan AL dan AU di Tarakan yang paling dekat dengan Ambalat sudah ditingkatkan kapabliltasnya.  Lanud Tarakan sudah disiapkan untuk rumah inap bagi 6 F16 dan 4 Super Tucano.  Berau atau Tanjung Redeb disiapkan untuk pangkalan 1 skuadron helikopter tempur.  Sangatta bahkan disiapkan sebagai pangkalan induk dan aju TNI, mampu menampung 100.000 pasukan TNI untuk berjibaku menghadapi pasukan Malaysia. Manado, Palu, Gorontalo, Makassar dan Balikpapan disiapkan sebagai pangkalan pendukung. Bahkan di Gorontalo sudah tersedia 1 brigade pasukan Kostrad yang ready for war. Arsenal-arsenal baru sudah, sedang dan akan berdatangan lebih deras lagi.

Matra laut dengan KCR, PKR, Kapal Selam beserta rudal dan torpedonya, Heli tempur AKS (anti kapal selam) dan AKP (anti kapal permukaan).  Persenjataan Marinir berupa BTR-90, BMP3F, RM Grad, Rudal QW3, Howitzer, Roket sudah mengisi arsenal kesatrian.  Matra udara dengan Sukhoi, F16, F5E, Hawk, T-50, Super Tucano, rudal jarak sedang surface to air.  Matra darat dengan pembentukan Kodam baru di Kalbar, pembentukan batalyon-batalyon baru, rematerialisasi alutsista armed dan kavaleri, produksi masal roket Rhan, penempatan rudal strategis Lapan-Pindad, memperbesar skuadron Penerbad, pembentukan divisi lintas udara Kostrad dan lain-lain.

Khusus untuk kapal selam, TNI AL mempersiapkan 5 kapal selam baru untuk menambah 2 kapal selam kelas Cakra yang ada saat ini.  KRI Nanggala yang dioverhaul di Korsel diperkirakan selesai akhir Juli 2011.  Dalam renstra TNI target kapal selam yang harus dipunyai  angkatan laut kita berkisar 14-16 unit dari berbagai tipe.  Untuk saat ini memang baru tersedia 2 kapal selam namun pengalaman mengoperasikan kapal selam sampai 12 biji di masa lalu merupakan prestasi tersendiri yang memberikan semangat tempur bernyali tinggi, tabah sampai akhir.

Dalam kondisi terburuk jika Malaysia mau buka front atau mengganggu status quo Ambalat, armada TNI AL tidak akan tinggal diam dan akan membuka 3 front sekaligus yaitu Ambalat, Natuna dan Penang, sementara TNI AD membuka front Sarawak sebagai pre emptive strike.  Di Sumatera Utara dan Aceh sudah disiapkan 1 brigade Marinir yang siap didaratkan di Penang dalam serangan amphibi. Penang harus “diganggu” untuk memecah konsentrasi pasukan Malaysia. Natuna dipersiapkan untuk memblokade logistik militer ke Malaysia Timur dan ini tugasnya Armada Barat TNI yang berkekuatan 56 KRI.  Sementara satuan kapal cepat rudal berkekuatan 18 KRI akan bermanuver di selat Malaka bersama pendaratan Marinir di Penang. Ambalat sendiri akan dipertahankan oleh Armada Timur yang berkekuatan  72 KRI.  Marinir akan didaratkan di Sebatik danTawao bersama penerjunan PPRC yang lain.

Konflik terbuka bisa saja terjadi setiap saat namun dalam dua sampai tiga tahun kedepan diperkirakan tidak akan terjadi, kalaupun terjadi hanya berskala kecil.  Jika konflik terjadi setelah tahun 2014 dipastikan TNI akan memiliki keunggulan di segala matra.  TNI AU sudah punya 2 skuadron Sukhoi, 3 Skuadron F16, 1 Skuadron T-50, 2 Skuadron Hawk 200, 1 Skuadron Super Tucano, 1 Skuadron F5E dan arsenal pendukung lainnya termasuk rudal jarak sedang, pesawat intai strategis dan pesawat angkut.  TNI AL sudah punya minimal 5 kapal selam, 15 Fregat, 25 Korvet, 100 KCR, 6 LPD, 2 LHD dan 30an kapal pendukung.  TNI AD sudah menggelar rudal strategis Lapan-Pindad, Heli tempur Mi35, Mi17, Bell 412EP, Tank IFV, Tank Scorpion / Stormer, AMX 13, Panser Canon, Howitzer, Rudal anti tank, Roket,  Batalyon Infantri Mekanis, Batalyon Rudal dan lain-lain.

Tantangan Teluk Sepanggar dijawab dengan persiapan melayani tantangan tempur.  TNI sudah dan sedang mempersiapkan itu.  Pemerintah pun sejak tahun 2010 mengucurkan anggaran beli alutsista dalam jumlah besar termasuk menghidupkan kembali industri hankam strategis dalam negeri.  Seluruh galangan kapal dalam negeri dioptimalkan untuk membangun puluhan kapal perang. PT PAL sudah bekerjasama membuat PKR dan mempersiapkan kerjasama buat kapal selam baru.  Pindad memproduksi masal Panser Anoa dan Canon sementara PT DI kerjasama pembuatan peswat tempur KFX dengan Korsel.

Pesan untuk rumah sebelah adalah, jangan coba menantang kekuatan militer Indonesia karena TNI bersama seluruh komponen anak bangsa akan bersinergi lahir bathin untuk  melakukan counter attack yang dahsyat dan tak diperhitungkan sebelumnya.  Jangan coba memancing adrenalin tempur TNI dan spirit nasionalis bangsa Indonesia karena jika itu terjadi Semenanjung akan luluh lantak dilumat, mau.

*****
Jagvane / 30 Mei 2011


76 comments:

Sofyan said...

Maaf Mas..mau koreksi dikit..kyknya foto di atas bukan TNI deh..soalnya senjatanya masih M-16 (kita kan pake SS), terus logo2 yg ada di tangan mrk tidak saya kenal....kmgkinan mrk klo g Thai ya Pinoy...
thnks
http://www.dialogika.tk/

Anonymous said...

Mas ko analisisnya lebih condong dari sisi kuantiti yah... padahal klo ga salah baik SU-30 MKM maupun F-18 dan MIG 29 mereka dipersenjatai dengan long range AAM spt R-77 maupun AIM120C... yang mampu menembak pesawat musuh dari jarak lebih dari 100 km, satu kemampuan yang saat ini tidak kita miliki... Oleh karena itu pengen sebenarnya mendengar SU 27/30 Indonesia juga BVR capable...

Anonymous said...

Mas mautanya, apa analisisnya sudah mempertimbangkan kebijakan negara2x commonwealth inggris?

Muhammad_Zarkasyi.Blogspot.com said...

selama ini malaysia selalu berkoar2 mereka bakal ngeroyok indonesia dengan tentara persemakmuran, itu udah basi, dewasa ini malaysia udah saingan dan sering bentrok kepentingan dengan singapura, Inggris udah ga berminat nyerang indonesia kalau mau di embargo Asean, Australia juga gitu, tentara persemakmuran cuma mimpi, palingan ga beda jauh dengan ABDA jaman perang pasifik dulu.

Nazrenda_Redy said...

Maaf ya pak Sofyan, itu fotonya dari indonesia, karena saya melihat mereka pakai SS-1 dan sebagian memakai M-16(yang memakai M-16 adalah danton)

Anonymous said...

batu api dan busuk hati! saja nak api2kan umat islam...dasar iblis!

Sukhoinovsky Su-35 said...

kami siap melakukan mobilisasi jika diperlukan.

Anonymous said...

Ini analisis nya seperti cerita filem.... gak bisa faham 100% gimana situasinya

Anonymous said...

kalian Malaysia yang keturunan LANUN alias MALING..!
Pakai bawa2 Agama Islam segala macam...DASAR PEROMPAK SETAN..!

juta juta said...

ANJING TKI di di malaysia sapa nak bagi makan?kalau ANJING TKI di hantar pulang ke indon nanti ANJING TKI makan sampah.

Anonymous said...

klo tki dsana berontak apa gag dihajar luar dalam tuh :D

Anonymous said...

PUKI' MAKMU malingsia, lebih baik jadi TKIdaripa jadi pengedar NARKOBA yang sering ketangkap di Indonesia

Anonymous said...

berapa banyak Tenaga Kerja Indonesia yang sudah kalian siksa ,kalian hina ,kalian perkosa ,tidak kau bayar gaji nya....???

berapa banyak kekayaan hutan ,ikan,pulau indonesia yang telah kalian curi???....bahkan cultur nenek moyang kami pun nak kau curi...

berapa banyak orang malay yang menjadi terorist dan menghancurkan indonesia ???

kalau kalian mengaku muslim bertobatlah MALAYSIA!!!
ingat laknat ALLAH lebih pedih dari pada murkanya bangsa indonesia yang besar ini...

Anonymous said...

malaysia sibuk sm singacalo & pendatang haram dr tuan takhur & babah liong mas.. yg nyiksa TKI juga bukan melayu.. teluk sepanggar buat konflik Laut Cina Selatan selain buat ambalat.. kalau commonwealth gak berlaku lg mereka pasti minta bantuan serumpun walau tak sama !!!!!!

JinLaut said...

@sofyan... klu di lihat lebih seksama lagi itu foto bukan M-16 tapi SS2-V1 .... liat lagi kedudukan popor senjatannya,larasnya dan bidik n sisirnya.... itu senjata SS...

Anonymous said...

GANYANG MALANGSIA .....

Anonymous said...

Mimpi basah InDOGsialan..kasihan kamu ya

Anonymous said...

malingsial bangsat...
kasihan kamu yg bakal hancur..

Anonymous said...

malay ANJING kan orang n tentara'y banci2. homo semua. liat aja kelakuan'y, apa2 Inggris, Ausie yg di koarin. klo perang mau ngumpet di anus'y Inggris n Ausie. ckckck... pengecut!!!

Anonymous said...

Buat menghantam Malaysia, kita juga perlu memotong pemasukan ekonomi mereka. Tahukan Anda berapa jumlah orang Indonesia yang melancong ke negeri Jiran? Sekitar 1,8 juta orang (mulai untuk keperluan kuliah sampai berobat). Katakanlah setiap orang yang melancong ke sana masing2 membawa 1000 US dollar udah berapa milliar dollar saja per tahun. Satu cara buat memotong pemasukan mereka adalah JANGAN MELANCONG KE MALAYSIA. Itu baru satu, kita bisa melakukan hal lainnya, misalnya Jangan Menggunakan/Memakan produk Malaysia, misalnya: Jangan naik AIR ASIA, Jangan Makan Roti Boy, Jangan Minum minuman Yeos, Jangan Ngisi Bensin di PETRONAS, dll. Pokoknya jangan gunakan barang/produk atau apapun yang dijual oleh bangsa Malaysia. Bangsa BODOH itu tidak pernah belajar bahwa INDONESIA dengn 223 juta penduduk itu adalah PASAR!. Nah kita potong dahulu sumber dana/penghasilan mereka. Mau beli ALUTSISTA pake apa kalau mereka nggak duit. Sudah 7 tahun ini, sejak Ambalat, saya sekeluarga dan juga teman2 saya menggunakan barang2 dan produk Malaysia. Sebagai gantinya kami pakai dan bangga memakai produk buatan Indonesia. Buatan kita sendiri.

Anonymous said...

Setuju brur..... good ideas. Sambil memperkuat Alutsista kita boikot semua produk buatan Malingsia.

Anonymous said...

masih pake SS1... tanda pangkat juga warna biru yg prajurit trus ada lambang marinir yang segilima...

Anonymous said...

dari pada jadi TERORIS dinegeri orang...

Anonymous said...

Kalo mau boikot produk malay jangan hanya makanan,air asia,tapi juga upin-ipin, sebel ngelihatnya, BRAVO INDONESIA, BRAVO TNI,TNI kaulah penjaga KEDAULATAN INDONESIA

Anonymous said...

Hahaha...lucu juga komen atas ane.....Emang bener tuh, ane juga sebel liat upin ipin...tapi setau ane upin ipin tuh animatornya ada orang indonesianya loh....
Apapun resikonya NKRI harus dipertahankan, Sang Merah Putih harus tetap berkibar dengan gagah di bumi pertiwi INDONESIA RAYA...JAYALAH TNI...!!!!!!!!!!

Anonymous said...

hweyy maling jangan banyak bacot kamu merdeka aja cuma NGEMIS dari inggris kok mau koar2

Anonymous said...

bangsa yg nak perangg ngan malaysia adalahhh..bodohhhh,siall..haram jadahhh..kalo nak serang malaysia..datangg laa..teringin aku nakk hirupp darahh2x tentera indonesia nihhh..yakinn bolehh menang?bodohhh kamu memangg bodohhhh..sebodohhnyaa....ingat tentera malaysia nak duduk diamm?tgok rakyat malaysia kena bunuhh?langkahh mayat akuu duluu..kalo malaysiaaa kenaa sranggg aku laa orang pertama akan mencincang lumatttt tentera indonesiiiiiaa...

Celoteh belaka said...

jangan tertipu sama omongan BASI orang malingsia-malingshitt , sikulit hitam buluk,bau yang kagak punya sejarah , kagak punya RAS , muak tau ngeliatnya ,, bau ketek, busuk, tembuhuk, bau tai .. BT gw liatnya ..!! udah kagak mau liat matahari lagi loh ..! baru ngerasa TKI nyari nafkah di sana aja udah BESAR MULUT ..! masih mending indo kirim TKI (NYARI DUIT HALAL) , lah MALONSIA dateng ke indo cuma buat JUAL NARKOBA, itu berarti orang-orang MALING-SIA harga dirinya semurah HARGA NARKOBA ..! dasar MALAYSIA NEGARA MURAHAN BUSUK ..!!

G-PRO said...

whixixixixi,..ngebayang kalo saat ini malas..ya nyenggol harga diri NKRI bisa habis luluh lantak tuh negeri,..giliran nyenggol trus petinggi kita melakukan persiapan,..mereka teriak,.." kita ni negara serumpun " jadi mereka minta ampun duluan,..whekeke,..

wangwa bara api said...

denger denger malinsia udah kehabisan dana ya. buktinya mereka ada rencana mo nyewa pesawat gripen. agar kelihatan jaguh .hahah
kayak kredit motor nyewa leasing

sanjaya said...

sangat jelas itu MARINIR TNI AL....karena temanku ada di situ

laskar nusantara said...

malingsia bangsa tak punya budaya...bangsa maling...pencuri...tentera kalian seperti hansip...gitu mau perang lawan NKRI...sudahkah terpikir di benak kalian haiiiiiii...bangsa maling..rakyat kami siap perang belum tentu dengan rakyat kalian bangsa maling

Anonymous said...

malaysia lupa berapa jumlah TKI di sana, ktakan itu bisa bangkit jd sukarelawan waduh luar dalem kena tuh
*just my two cent

Anonymous said...

menurut saya janganlah menghina Malaysia... tidak baik menghina bangsa yang sudah hina... gak ada guna... sudah tahu malaysia bisa merdeka dengan cara mengemis, meminta-minta, mengiba-iba dari inggris... sudah tahu malaysia tidak berbudaya makanya mereka mengklaim beberapa budaya Indonesia... sudah tau malaysia pencuri dan perampok negara tetangganya... sudahlah Sodara-sodara... jangan menghina Malaysia... karena Malaysia adalah negara hina-dina, lebih hina dari pada pengemis, lebih rendah daripada anjing dan babi sekalipun... so... hentikan penghinaan kepada Malaysia yang hina-dina itu...

Unknown said...

Hai Malaysia, Jangan lah nak sombong, Kau Jual kami beli, Liat saja tahun 2014 nanti setelah Alutsista TNI sudah diperkuat, bisa cakap apa kau nanti, paling kau hanya berkata " Hay Indonesia, Kite ini kan serumpun, jadi janganlah salingserang " Dasar "MALAY PENGECUT". Tak ade sejarahnye Tentare Malaysia menang lawan TNI Indonesia. Beda Kelas Gitu Loch " BRAVO INDONESIA" GANYANG MALAYSIA"

Anonymous said...

Mari kita lakukan tindakan nyata, jangan beli semua produk malaysia mulai dari makanan kecil, perabot, mobil sampai produk jasa perusahaan dimana malaysia punya saham didalamnya seperti bank swasta, perusahaan telekomunikasi dan lain sebagainya. Kita gunakan potensi pasar kita untuk kesejahteraan bangsa kita sendiri bukannya buat membeli jam kerja orang orang malaysia.

Anonymous said...

Setuju, mari kita boikot semua yang berkaitan dengan malaysia ....

patriot said...

WADDUH.....hebat..sekali juta-juta..koar-koar..!hmmmm belum pernah dicipox bambu runcing....tuh..!

roy said...

akibat ulah malaysia rakyat indonesia mulai eggan mengkonsumsi dan menggunakan produk-produk malaysia. saya sendiri sangat selektif dalam berbelanja dan sebelumnya sudah mencari tahu terlebih dahulu produk-produk malaysia itu seperti apa saja. dan saya tidak mau lagi menggunakan produk malaysia dari sejak kasus ambalat terjadi. saya merasa jijik dengan arogansi malaysia. sudahkah kalian memboikot produk malaysia?

roy said...

akibat ulah malaysia rakyat indonesia mulai eggan mengkonsumsi dan menggunakan produk-produk malaysia. saya sendiri sangat selektif dalam berbelanja dan sebelumnya sudah mencari tahu terlebih dahulu produk-produk malaysia itu seperti apa saja. dan saya tidak mau lagi menggunakan produk malaysia dari sejak kasus ambalat terjadi. saya merasa jijik dengan arogansi malaysia. sudahkah kalian memboikot produk malaysia?

Anonymous said...

hahahah... bagus teruskan tidak mengkomsumsi barangan malaysia. kerana majoritas pengusaha adalah org kafir. mereka juga majoritas peniaga dan majikan di malaysia. mereka juga yg mendera tki termasuk amah indon.. mereka juga selalu tidak membayar tax pd kjaan malaysia. bravo

AGIL DWI SAPUTRO said...

aku pengin jadi TNI

Anonymous said...

yg siksa tkw di malingsia itu majikan cina bukan melayu

Anonymous said...

lebih baik pulang darah daripada kalah di medan perang..

Oken Trix said...

itu ada tulisan TNI nya di baju dada sebelah kiri prajurit pertama di baris ke 4

Mahathirsyah Enros said...

RT broooo

drajat said...

Jaga dan tingkatkan pertumbuhan ekonomi kita agar tercipta ;lebih banyak lapangan pekerjaan serta tingkatkan pula mutu pendidikan salah satunya ada mata pelajaran yang khusus membedah masalah kewirausahaan.Kedepan harapan kita akan banyak pengusaha-pengusaha Indonesia yang ikut andil besar dalam penciptaan lapangan kerja yang baru sehingga tenaga kerja Indonesia tidak mencari nafkah di negeri orang.

Anonymous said...

SETUJUU ...DASAR MALING TIDAK TAHU BUDI ...JIKA TERDESAK MENGAKU SERUMPUN JIKA KUAT MENGHINA DAN MELECEHKAN BAHKAN SESAMA MUSLIM MEREKA ANIAYA DAN HINA ,... HUH DASAR ...NERAKA MEMANG PANTAS UNTUK ORANG-ORANG MALING

Innocent Baby said...

Brigif 3 Pasmar itu..
di nomer 6 dari bawah ada si Yosep tuh...
sep, masuk berita lo broo... xDD

Anonymous said...

WELEH WELEH........MALAYSIA SAJA KOK DI PIKIR, INI TAK BILANGIN YA, BUDAK NYA BRITIS ITU NDAK ADA APA APA NY PERCAYA WAE. SEKARANG INI ANDAI TNI MAU NGGEBUKIN TENTARA MALING, NDAK SAMPAI 5 HARI MALINGSIA SUDAH HANCUR LEBUR......

Anonymous said...

yang banyak memburukan malaysia adalah kalangan yang tidak mendapat apa2 keuntungan dengan nama mahalaysia.. rokok keretek kalian asapnya mengelegak di udara mahalaysia, produk mustika ratu/nyonya maneer melimpah ruah di apotik kami, cewek2 kalian banyak membahagia kan kaum pria melayu,cina dan india di mahalaysia... kalian punya banyak barang2 yang kami suka tapi kami bayar bukan gratis.. amat benar kata2 pemerintah indonesia sendiri, yang buat kerja2 beranasir seperti ini adalah orang orang kami yang lapar....

Anonymous said...

setuju mas, sepertinya kok beritanya lebih menggunggulkan TNI, seharusnya netral dan logis saja dalam memaparkan berita. dengan keterbatasan anggaran yang kita miliki perjalanan Indonesia untuk memperkuat militer kita akan menempuh jalan panjang

Anonymous said...

sayang kita sering melupakan senjata alam yang sering bikin pusing dan repot negara jiran selama ini... ASAP... ASAP .... klo si maling sia... macem2 kita bikin 25 macam... bakar saja beberapa hutan di wilayah NKRI... pasti asapnya akan mengarah ke negara jiran.... sebulan di jamin rakyatnya pada bengek...

Anonymous said...

kita mengirim TKI semata2 bukan krn tdk ada alasan. nnti juga tau alasannya.. hhahha

Anonymous said...

hei.. tetangga.. apa kau mau mimpi basah pakai darah kau sendiri?

Anonymous said...

wakaakakkakak.. saya tertawa ngakak dengan komentar mas bro diatas saya hahaaha
kasur kali di gebukin

Anonymous said...

haduuuhh.masa sii mas malay ?? anak bayi yg cuma diempanin inggris mau perang???

Anonymous said...

yaelah.. paling juga ke adira ngurusnya. hahahha

Putra Kal-Tim said...

SAYA PIKIR MALAY BUKAN APA APA CUMAN NEGARA KECIL YANG MENCOBA KEBERUNTUNGAN SAJA, INDONESIA ADALAH SALAH SATU NEGARA BESAR DI DUNIA DAN BERPENDUK 200 JUTA LEBIH SEHEBAT APAPUN SENJATA MALAYSIA PASTI TIDAK AKAN MAMPU MENGHADAPI INDONESIA, JADI TIDAK PERLU KWATIR DENGAN TINGKAH MALAY,IBARAT SE EKOR ANJING MENGGONGGONG APALAH ARTINYA... CUMAN TERIAK TERIAK GUG GUG GUG SAJA, SEKIAN

Anonymous said...

Biarin ajah mereka perang di LCS ama China(adu domba gitu) belajar dari belanda,setelah semua lemah baru Indo maju gebuk malon hahahaha....mantap kalimantan utuh milik Indo

Anonymous said...

upin ipin diboikot ooohh betul betul betul,

Anonymous said...

mentang mentang dilindungi Inggris, songong dia. Kalo berani ayo kita lawan 1 vs 1. Paling baru di serang 1 batalyon marinir aja udah kelabakan, gimana kalo 1 divisi?

Anonymous said...

Yg pura-pura jadi orang malay itu keliatan banget mo provokasi? udahlah. yag penting kita harus mulai hilangkan budaya "terlalu baik pada orang lain". mereka jadi jahat seperti itu karena kita sejak dulu pada siapapun selalu bersikap "terlalu baik". contohnya kita juga terlalu baik dengan jepang yang sudah banyak perkosa perempuan kita waktu PD II lantas dipaksa jadi pelacur dengan julukan "jugun Ianfu". tapi pemerintah kita masih belum berani menekan pemerintah jepang untuk meminta maaf pada para mantan Jugun Ianfu itu. sekarang jepang kembali menjajah Indonesia dengan ekonominya yang super power. Akuilah bahwa bangsa kita memang Terlalu Baik pada bangsa lain. kita harus mengubahnya.

joy dut said...

gak bengek lagi bro, bisa2 pada modar tuh malon.....

Anonymous said...

apa indonsial mau perang ama majikannya?waduh anak belanda ni mau perang?ya bagus jugak perang...mending mati kebuluran bagus juga mati perang ama Malaysia untung untung bisa mampus digelar pahlawan kih kih kih mo perang senjatz aja hibah...kapal pera gnya hibah....pesawatnya hibah..makanan pun hibah mo perang.bodoh punya indon

sofyan usman said...

malaysia di bela inggris dan antek-anteknya karena ga mau negara itu masuk NKRI,yang berakibat pada penguasaan wilayah alam dan kekayaan bumi yang melimpah ruah dan dari segi ekonomi akan sangat kuat nantinya

sofyan usman said...

hal itu akan menjadi ancaman serius buat negara penjajah tersebut

setelah malaysia berdri maka disinilah letak kelicikan inggris yang selalu ingin menghancurkan kekuatan indonesia melalu jalur adu domba dengan sesama negara serumpun itu

hal ini bukan sekedar tebakan belaka mengingat perpecahan yang terjadi di timur tengah adalah pula ulah inggris
jika ingin merujuk sebuah ayat alquran yang mengatakan untuk tidak berpecah belah sebagai makna bahwa persatuan akan membuat islam sangat kuat bak sebuah bangunan kokoh yang sulit di hancurkan, karena mereka tidak ingin melihat islam itu bersatu
itupula yang membuat takut selurh bangsa eropa dan barat

Anonymous said...

iki marinir mas, lah kok poto mbah disitu? iki poto tahun berapa ya cu???

hary fortuna said...

iya mas bro....,betul mas broo......ane setuju sama ente.yg namanya malayngsia ya jelas jelas malingnya Indonesia pak dhe.......Negara g punya jati diri?apa yang dimiliki Indonesia pasti ingin dicuri. klo mo nyuri,ane kasi tuh para koruptor INDONESIA baru ane ikhlas redho lahir batin pak dhe,,,,,

bpk wijaya said...

JIKA ANDA BUTUH ANGKA GHOIB/JITU 2D.3D.4D YG DI JAMIN TEMBUS 100% DI PUTARANG SGP/HKG SILAHKAN SAJA ANDA TLP KY JAYA DI NOMOR 085-342-064-735 TRIMAH KASIH

Anonymous said...

tapi ditolak kale aplikasinya, secara predikat maling gak bakal dapet kredit motor, palagi pesawat, lah sim pilotnya aja nembak, makanya jadi ngaco, masa "eject kat hanggar" wkwkwkwkwk

ali said...

masakan china mau perang sma malaysia di LCS kok...china lagi sibuk urusan Malaysia - China Kuantan Industrial Park (MCKIP) di darat nya...

hingga US sndiri dtg ke malaysia btanya status malaysia di mana....ke pihaknya china atau ke pihak nya US....

Anonymous said...

Cakap banyak pun tak guna la jawasial.serangla kalau berani.kami akan balas serangan sampai pulau jawasial.dasar bangsa penjajah

Anonymous said...

Indonesia: baret merah (kopassus) no.3 dunia

Malingsial: baret hijau (kotoran sapi/kerbau)

Wkwkwkwk

phimhd0001 said...



Your site is very successful. Thank you
Help me please, I just wanted to introduce my site to everyone:
- FREE PORN VIDEOS, SEX MOVIES, PORN TUBE, PUSSY PORN
- JAPANESE PORN MOVIES, PORN TUBE, XVIDEOS, XHAMSTER
- BEAUTIES TUBE, XXX ASIAN PORN VIDEOS, FREE PORN CLIPS
- PORN TUBE, PUSSY PORN, FREE PORN VIDEOS, SEX MOVIES
- XVIDEOS, XHAMSTER, JAPANESE PORN MOVIES, PORN TUBE
- XXX ASIAN PORN VIDEOS, BEAUTIES TUBE, FREE PORN CLIPS

Anisur said...


Boobs And Pusssy Pictures of Indian And Pakistani Girl


Desi womans nudu fucking by her husband in room


Bangladeshi sexy college girls boobs fucking


Super Sexy Punjabi Bhabhi Removing Clothes and funking Nude


Porn star Indian sexy Sunny Leone Getting Fucked


Desi Indian aunties pussy photo gellary so sexy


Hottest Actress Katrina Kaif's Boob Press In Party Shocking Real Picture


Sunny Leone latest hot topless photo shoot without cloth


Naked Indian Girls Sucking Big Dick, Indian Girls Fucked Her Ass Point.


school girls hot sexy pictures photos girls without dress