Thursday, March 17, 2011

Prediksi Alutsista yang diterima TNI (2011 - 2014)

Pesawat Tempur Sukhoi TNI AU
Seperti diketahui untuk program pembelian alutsista TNI tahun 2010 sampai dengan 2014 telah disetujui dengan anggaran sebesar US$ 15 Milyar ( Rp. 140 Trilyun ).  Berikut ini disampaikan prediksi Alutsista yang diterima TNI (2011-2014):

  •   6  Pesawat Tempur Sukhoi SU27/30 dan Arsenal 16 Sukhoi
  • 16  Pesawat Tempur Super Tucano
  • 24  Pesawat Tempur F16 ( hibah )
  • 16  Pesawat Tempur ( opsi: Yak-130, T50 )
  • 16  Pesawat Tempur ( opsi: SU35 BM, Gripen, Typhoon)
  •   4 Pesawat Intai Strategis
  •   8 Pesawat Intai Taktis
  • 24  UAV
  • 12  Hercules
  •   6  C17J Spartan
  •   80 Rudal hanud area surface to air
  • 400 Rudal hanud titik surface to air
  •     8 Radar Militer Master T
  •   600 Rudal Anti Tank
  • 200 Rudal C802 / 705
  •   50 Rudal Yakhont
  •   20 Rudal Exocet  Blok3
  •   70 Main Battle Tank
  •   80 Infantri Fighting Vehicle
  • 100 Panser Canon
  • 300 Panser APC
  • 200 Rudal Lapan-Pindad surface to surface
  •   11 KRI Landing Ship Tank
  •     1 LPD
  •   25 KRI Kapal Cepat Rudal
  •     8 KRI Trimaran
  •     4 KRI Korvet
  •     2 Kapal Selam
  •   80 Tank Amphibi BMP3F
  •   70 Tank Amphibi BTR90
  •   20 RM Grad
  •   80 RM Langusta
  •   90 Howitzer
  •     8 Heli EC 725 Cougar
  •   12 Heli anti kapal selam (AKS)
  •   12 Heli anti kapal permukaan (AKPA)
  •     5 Heli Tempur Mi35
  •    8 Heli Tempur / Angkut  Mi17
  •  24 Heli Tempur Bell 412Ep
****
Jagvane / 17032011
(Dari berbagai sumber)
 

23 comments:

Khafidin Poedjakoesoema said...

perbanyak alutsista kita pak TNI, supaya negara kita mempunyai kekuatan persenjataan militer atau alutsista yang banyak agar negara-negara lain takut dengan negara kita.

bagas said...

meskipun sumber banyak tetep harus ditulis sumbernya dari mana aja, jadi yang baca bisa menilai kredibilitas sumber yang digunakan. saya sering sakit hati dengan tulisan-tulisan di blog yang memperlihatkan mimpi indah tentang replacement dan penambahan alutsista tapi ternyata gagal atau itu hanya sekedar isu saja.

bang Barok Asli RI said...

Betul,akur bagas!!...tapi beberapa kutipan Men Hankam dalam rangka rencana pemenuhan MEF TNI patut menjadi sumber dan kita dukung realisasinya, salut pada Pa Pur yang sudah merealisasikan langkah maju TNI...dan Insya Alloh ini bukan mimpi ya mas ya...

haqimans said...

Semoga yang ter pilih adalah opsi SUKHOI SU35BM jgn typhoon, kalo kena embargo lg nanti repott...

Anonymous said...

saya sangat mendukung pembelian alutsista canggih apalagi bila diikuti dengan ToT, tapi daftar di atas itu sangat tidak realistis,saya tanyakan
1. berapa anggaran pemerintah sampai tahun 2014? ($15M) apa cukup membeli alutsista sebanyak itu n canggih?????
2. apakah $15M itu sudah ada? ingat, perekonomian kita walau dibilang 3 terbaik di Asia tapi kenyataanya tidak stabil...
3. kenapa sumber berita anda tidak anda cantumkan?
4. tahukah anda berapa biaya pembuatan 1 kapal selam atau 1 PKR nasional? kalau tahu, anda pasti tercengang karena biayanya yang sangat tinggi, malah ne nulis daftar yang gak jelas. duit kita apa CUKUP???
maaf saya coment gini, maaf kalau ada yang tersinggung, sekali lagi saya minta maaf

Anonymous said...

Betull... mang kalo kt bandingkan dng duit yg kita miliki rasanya sulit mencukupi pembelian alutsista kt. Tapi..paling tidak sudah menunjukkan bahwa pemerintahan kt skrg sudah punya komitmen...dan saya rasa sumbernya banyak...coba baca juga di Majalah Angkasa atau majalah pertanhanan yg lain...sy kira di sana dah banyak dijelaskan mengenai renstra 2010-2014,,,...yah...intinya kt jgn pesimistis....

Anonymous said...

Pembelanjaan peralatn tu perlu...malah kurang...kan sekarang AMERIKA bangun pangkalan militernya di Singapura...
jd WASPADALAH....WASPADALAH

Anonymous said...

Pembelanjaan peralatn tu perlu...malah kurang...kan sekarang AMERIKA bangun pangkalan militernya di Singapura...
jd WASPADALAH....WASPADALAH

Anonymous said...

dari prediksi di atas mungkin beberapa saja yang akan terwujud. Seperti Sukhoi 35bm, c17 spartan sulit terwujud karena alutsista ini harganya cukup mahal dan mungkin belum akan di lirik. Selain itu 80 bmp3, 70 btr90, dan 80 rm langusta mungkin sedikit mimpi bila jumlahnya benar2 segitu yg akan di beli...

Anonymous said...

selain daftar alutsista tsb, kita juga perlu beli Rudal jelajah antar benua, krn selain mmg kebutuhan pertahanan, Rudal kelas jelajah dg jangkauan di atas 500 km merupakan gengsi yg menggentarkan negara2 sekitar, spt malaysia, singapura, dan australia. kita bs dekati india, korea utara, rusia utk pengadaannya.

Anonymous said...

Strateginya sudah bener. beli yang belum bisa dibuat sendiri, sambil memperkuat industri strategis dalam negeri. Sehingga akhirnya kita bisa mengembangkan sendiri ALUTSISTA canggih. India misalnya, gerakan swadeshi di segala bidang membuat mereka mampu membuat ALUTSISTA sendiri. Walaupun ketinggalan langkah dari India, optimis kita bisa menyusul.

zul_zulfikar said...

ya bener mas, kan sebenarnya MEF itu dicapai dalam 3 rensentra 2009-2014, 2014-2019,dan 2019-2024

Anonymous said...

kembangkan kemampuan generasi kita dalam memproduksi alat militer supaya jangan bergantung kepada negara lain,,pemerintah harap dukung penuh biar kita gak jadi mainan buat orang asing,,tegas dalam hal kebijakan kepada negara asing.

Anonymous said...

Saya tidak peduli daftar alustsista tsb bisa semua kita beli atau tidak, yang penting perencanaan sudah ada dan konsisten serta menyiapkan dananya. Dari pada uang dikorupsi oleh koruptor kita si"pengkianat bangsa" tsb saya sangat se-7 bikin TNI jadi perkasa.Saya doakan dan dukung sepenuhnya, bravo TNI........

Bagas Abiyu said...

Pengen jadi TNI rasanya mau gue bunuh rakyat malaysia
mau gue hapuskan malaysia dari peta dunia
karna tlh menghina bangsa indonesia

Anonymous said...

ya , gue juga mau ganyang tuh malaysia, tapi tolong sisa kan siti nurhaliza , mau gue suruh nyanyi dulu sebelum gue bunuh, hehe hehe mas nur temanggung

wirman koto said...

Kapan ya semua Kapal-Kapal Tempur TNI AL dilengkapi Misil Kawtah kashtan..?
Kapan Juga TNI AL punya kapal Induk..? Andai saja kita punya itu Pastinya Negara Internasional Tidak lagi Memandang Sebelah mata Terhadap Indonesia

panjaitaN Tan said...

membaca tentang alutsista militer indonesia.rasanya cuman muter-muter disitu juga.di komenan,kayaknya tambah kacau.soalnya orang yg kurang membaca malah ikut2an memberikan penjelasan yg saya rasa sangat di ragukan kebenarannya.sebab,sering terjadi ketidak samaan dengan sumber yg lebih di percayai/contohnya penulisan ''prediksi alutsista yg di terima tni 2014''ada yg di tambah.yaitu pada su 35 bm,tripoon.kebanyakan penulisan dikomenan ngarang sendiri...

Anonymous said...

KEKUATAN RI THN 2015
300 Pesawat Tempur Sukhoi SU27/30 dan Arsenal 16 Sukhoi
200 Pesawat Tempur Super Tucano
2400 Pesawat Tempur DWX 1. uji coba setingkat f 18
20 Pesawat Tempur ( opsi: Yak-130, T50 )
1600 Pesawat Tempur ( opsi: SU35 BM, Gripen, Typhoon)
40 Pesawat Intai Strategis
80 Pesawat Intai Taktis
500 UAV
120 Hercules made in ri DWX 212.
600 C17J Spartan
8000 Rudal hanud area surface to air
1400 Rudal hanud titik surface to air
100 Radar Militer Master T di percanggih oleh P DWX
60000 Rudal Anti Tank
200000 Rudal C802 / 705
100000 Rudal Yakhont
300000 Rudal Exocet Blok3
700 Main Battle Tank
800 Infantri Fighting Vehicle
1000 Panser Canon
3000 Panser APC
200000000 Rudal Lapan-Pindad surface to surface
1100 KRI Landing Ship Tank
100 LPD
2500 KRI Kapal Cepat Rudal
100 KRI Trimaran
100 KRI Korvet
100 Kapal Selam
8000 Tank Amphibi BMP3F
7000 Tank Amphibi BTR90
200000 RM Grad
800000 RM Langusta
90 Howitzer
8 Heli EC 725 Cougar
1200 Heli anti kapal selam (AKS)
1200 Heli anti kapal permukaan (AKPA)
6000 Heli Tempur Mi35
1000 Heli Tempur / Angkut Mi17
2400 Heli Tempur Bell 412Ep
1000 rudal jelajah DWX
10000000 rudal jelajah 100 km sd 1000 km DWX

setaiawan said...

mari kita dukung pemerintah dalam rangka melengkapi Alutsista yang saat ini Alutsista yg dimiliki sdh uzur. semoga saja dengan kecanggihan Alutsista yg akan di miliki Indonesia membuat perubahan dari sisi pandang Negara lain yg saat ini telah lebih dulu memiliki Alutsista canggih. jadi tidak ada alasan buat kita minder dengan Negara-Negara lain. Rakyat Indonesia sudah siap membela tanah air Indonesia sampai titik darah penghabisan. Bravo TNI ku jadilah Prajurit yang tangguh,kokoh dan tak kenal menyerah

Anonymous said...

Bukan hina indonesia tapi jawa keparat

Anonymous said...

Bukan hina indonesia tapi jawa keparat

Anonymous said...

Bukan hina indonesia tapi jawa keparat