Thursday, February 18, 2016

Ketika Jiran Mulai Terpana

Belanja militer Indonesia tahun 2016-2019 terus dipacu untuk memenuhi kriteria kekuatan pukul yang mampu diandalkan. Contohnya TNI AU dalam 4 tahun ke depan mendapat asupan dana US$ 3,1 milyar untuk belanja alutsista. Bulan Maret mendatang sudah kontrak pembelian 10 unit jet tempur Sukhoi SU35 lengkap dengan persenjataannya. Tidak hanya itu, TNI AU juga sedang mendatangkan 5 unit Hercules, 4 pesawat bom air  Beriev Be200, 6 helikopter Caracal, 4 Radar, termasuk melengkapi 15 unit jet tempur T50 dengan radar dan rudal, juga 11 pesawat KT1 Wong Bee. Tumben Wong Bee juga dikasih rudal.

Angkatan Laut ikut mempercepat laju modernisasinya. Setelah meluncurkan 1 kapal perusak kawal rudal PKR 10514 di Surabaya Januari lalu, proyeksi empat tahun ke depan TNI AL akan mendapatkan minimal 6 kapal fregat baru, 5 kapal selam baru, 4 kapal cepat rudal (KCR) 60 m, 54 tank amfibi BMP3F, 11 Helikopter anti kapal selam, berbagai jenis peluru kendali anti kapal, meriam artileri, roket dan peluru kendali pertahanan udara pangkalan.
Apache dan Ahmad Yani Class, luar biasa
Yang menarik, wilayah perairan luas Indonesia saat ini sudah ada pembagian tugas dimana BAKAMLA ditugaskan menjaga kemanan laut khususnya dari motif ekonomi seperti pencurian ikan dan penyelundupan. TNI AL khusus menjaga teritori kedaulatan negara dari ancaman militer asing.  Kapal-kapal BAKAMLA yang berukuran besar dipersiapkan juga menjadi armada cadangan TNI AL manakala terjadi perang. Kapal-kapal BAKAMLA yang berukuran 80 meter dan 110 meter dipersiapkan dengan landasan peluru kendali anti kapal.

BAKAMLA saat ini punya 20 kapal dan dalam empat tahun ke depan akan menjadi 50 kapal dari berbagai ukuran.  Sementara TNI AL yang saat ini punya 170 KRI akan dipertahankan dalam jumlah yang sama dengan melakukan pergantian armada yang sudah uzur dengan KRI berwajah fregat modern. Termasuk juga armada pendukung dan pangkalan AL.  Jumlah KRI sebanyak itu akan didistribusikan kedalam tiga armada, barat, tengah dan timur.

Sementara itu Angkatan Darat juga mengembangkan postur tempurnya terutama kemampuan daya pukulnya. Sambil menunggu kedatangan 8 heli Apache juga bersiap mendapatkan 8 heli Chinook, persenjataan artileri berat, 60 panser Badak dan Anoa. Juga penambahan batalyon kavaleri, artileri dan infantri di berbagai Kodam. Termasuk pembentukan Kodam Merdeka di Sulawesi dan Kodam Papua Barat.

Indonesia tidak akan terbendung lagi soal modernisasi kekuatan militernya. Ini sejalan dengan pertumbuhan GDP yang juga tidak tertandingi di kawasan ini.  Anggaran berbasis PDB yang mulai diterapkan tahun depan akan memastikan bahwa dalam 3 tahun ke depan anggaran militer Indonesia akan menjadi yang tertinggi di ASEAN. Sebagai contoh jika dipakai formula 2% dari PDB maka kita anggaran pertahanan kita menjadi nomor satu di rantau ASEAN.
Fregat terbaru, KRI Martadinata 331
Malaysia yang selama puluhan tahun komunitas forum militernya selalu melecehkan postur militer Indonesia, sudah mulai terpana dan terbangun dari mimpi kebanggaan keperkasaan militernya. Forum itu yang mayoritas pengisinya justru hanya dari satu puak “pemilik” semenanjung, selama ini selalu meremehkan kekuatan militer kita.  Namun saat ini kondisi ekonomi negerinya yang tersendat mengharuskan belanja militernya dipuasakan untuk beberapa tahun. 

Selama 4 tahun ini tidak ada belanja militer yang mengejutkan dari negeri jiran itu selain perbaikan alutsista, upgrade dan penambahan suku cadang.  Bahkan dua kapal selamnya pun ikut di rawat inap selama 18 bulan karena berbagai alasan teknis. Nah selama periode itu pula mereka mendengar dan menyaksikan gempitanya modernisasi militer tetangga sebelahnya yang bernama Indonesia, sebuah nama yang selalu diidentikkannya dengan TKI sehingga kesan melecehkan terbawa sampai bathin mereka.

Tiada hari tanpa ada kabar bagus tentang alutsista, baik berupa kedatangan alutsista baru maupun pesanan untuk kedepannya. Akhir Februari ini akan datang 4 pesawat Super Tucano, awal Maret kedatangan 5 jet tempur F16 Blok 52 Id, bulan-bulan berikutnya KCR, Radar, Hercules, Panser Badak, Helikopter Caracal, Tank Amfibi, Tank Leopard, Nexter, Astross, ATGM, UAV dan lain-lain akan beruntun datang memenuhi kesatrian militer negeri ini. Belum lagi adanya pesanan baru. Tahun ini dan tahun-tahun berikutnya adalah tahun-tahun yang paling meriah melihat kedatangan berbagai jenis alutsista canggih di negeri ini.

Malaysia dalam banyak hal memang selalu meremehkan kita, karena kacamata mereka hanya wajah TKI itu. Tetapi ketika kita mulai serius memodernisasi militer kita selama lima tahun terakhir ini, mereka khususnya forum milternya mulai bercermin diri dan mulai tahu diri. Apalagi saat ini Indonesia sedang membangun pangkalan militer di Natuna, mereka semakin gelisah. Karena meski pangkalan ini untuk membentengi ancaman dari utara Laut Cina Selatan tapi juga sekaligus bisa sebagai pangkalan penggempur Sabah, Sarawak dan memotong jalur logistik militer Malaysia ke Kalimantan jika pecah konflik Ambalat.

Makna dari semua pertumbuhan dan pemekaran militer Indonesia karena indikator potensi hebat yang dimiliki Indonesia memang tak tertandingi.  Itu sebabnya mengapa lembaga pemeringkat militer Global Fire Power menempatkan Indonesia sebagai kekuatan miilter terkuat no 12 di dunia, nomor wahid di ASEAN dan mengungguli Australia.  Indikatornya jelas, jumlah SDM raksasa, SDA melimpah, wilayah luas, alutsistanya bertambah modern.

Jadi ke depan kita akan menjadi kekuatan militer yang akan diperhitungkan di regional ini. Kalau hanya sekelas Malaysia atau hanya imbangi Singapura hanyalah sasaran antara. Jangka waktu sepuluh tahun ke depan kita harus menjadi yang terbaik dalam keunggulan teknologi alutsista berikut kuantitasnya. Optimisme itu menjadi ruang kesejukan manakala pertumbuhan ekonomi kesejahteraan dan PDB kita semakin membaik. Biarkan tetangga terpana sekaligus membalikkan opini bahwa wajah kita bukan TKI karena 4 tahun ke depan cerita tentang TKI sudah game over alias tidak ada lagi.  Dan kita tiba-tiba saja sudah jauh meninggalkan jiran yang selama ini merasa dialah yang paling jaguh.
****

Jagarin Pane / 18022016

29 comments:

muarif bayhaqi said...

Bentuk pertahanan indonesia masih gaya lama terlalu tunduk oleh pegaruh asing tidak tegas dan tidak ada kemaun kerja keras ala india dan china ...berkaca ke negara kutu bukan lah jalan terbaik jadi negara mandiri berevek makmur buat jangka panjang ...sayang di sayang pemerintahan yg kita pilih masih di kekang gaya orde baru . Semua mentri pilihan partai atas saran asing . Negara besar nusantara soal pertahanan mau tidak harus melupakan asean dan berkacalah ke india dan china dan itu akan lebih baik untuk menjaga ke utuhan nkri dari pada jadi bangsa jogos alaa orde baru kekuasan murni yg di buru bangsa nya sendiri di tindas .

muarif bayhaqi said...
This comment has been removed by the author.
luthfi arya said...

10 tahun kedepan malaysia dan singapur juga sudah memodernisasi arsenalnya toohh...

Lagian Indonesia memperkuat militernya kan bukan untuk mengancam kedaulatan tetangganya kan...

#damaiajalah

Doni Sugara said...

sesuai ucapan pak sby ketika masih menjabat militer indonesia harus yang terkuat di rantau ASEAN , MENHAN RR menargetkan di mulai 5 tahun mendatng s.d 2020 militer indonesia akan masuk 10 besar militer terkuat di dunia .

feekaes bro said...

alutsista pesanan orde SBY sudah mulai berdatangan. semoga di tangan jokowi diteruskan dan semakin gahar

feekaes bro said...
This comment has been removed by the author.
wilhud noto said...

Ya....dari dulu juga itu2 aja..Penerbag dan TNI. Banyak yg jadi koban keadaan. kasian keluarganya...sekolah tinggi2 hanya mjadi KORBAN pesawat JADOLLLLLL..GERAM AKUJJIUUUU.

gus dus said...

Kami sangat bangga dgn semakin modernnya alutsista TNI,kami bersyukur dgn kekuatan pukul negeri tercinta ini.tp itu semua bukan utk memerangi nedara lain tetapi kekuatan itu utk melindungi rakyat ini dari ancaman dari dalam dan dari luar.negeri ini negeri bermartabat dan cinta damai.bukan negari agresor dan bukan pula negeri pecundang.negara indonesia adalah negara berketuhanan dan berprikemanusiaan.majulah indonesiaku jayalah negeriku makmur dan sejahteralah saudaraku rakyat indonesia.

soekarna said...

Andai negeri ini punya kas3l kilo 5 unit,andai negara ini punya fregat 20 unit berudal canggih,andai negara ini punya destroyer 5 unit.andai negra ini punya rudal S400,buk,pantsyr?andai n3gara ini punya 2 skuadron SU35S,andai negara ini IFX nya sdh diproduksi sendiri?andai negara ini bisa mengolah minyak secara mandiri tanpa tergantung asing?betapa bangga dan bahagianya aku menjadi RAKYAT INDONESIA

si uprik said...

Apalah arti kekuatan alutsista tni klo bahan bakar minyaknya masih impor dari singapura? Klo dicekal apa hendak dikata? Matilah kita ?!?!

tessy said...

Waduh...!! Gawat nih..klo gitu jangqn main2 dgn singapura.

imantu said...

Klo kemampuan dan skill personel TNI bagus dan diatas tentara malaysia,singapura,dan australia.klo kekuatan alutsista madih kelas dua yaitu sejajar dgn malaysia,kalah jauh dgn singapura &australia.bahan bakar alutsista sangat mengkhawatirkan sekali klo dibandingkan malaysia,singapura,dan auastralia apalagi bermusihan dgn mereka.parkir gak ada bahan bakarnya.

imantu said...

Walaupun semua alutsista yg ditulis bung jagarin itu datang semua tetap aja masih kalah baik kwalitas dqn kwantitasnya dibanding singapura dan australia.kecuali TNI punya SU35BM 3 skuadron,SU34 1 skuadron,pesawat peringatan dini aew&c,destroyer 5 biji,fregat berudal yakhont 20 biji,kasel kilo 10 biji,rudal S400,buk,pantsyr,roket Rhan berjangkauan 300km,tank pindad-turki 300biji.baru aku percaya klo indonesia sejajar dgn singapura dan australia dan aku yakin kekuatan TNI berada di peringkat 10 besar dunia.tp sekali lagi kekuatan alutsista itu harus diimbangi dgn kemandirian bahan bakar minyak dalam negeri.

imantu said...

Klo kemampuan dan skill personel TNI bagus dan diatas tentara malaysia,singapura,dan australia.klo kekuatan alutsista madih kelas dua yaitu sejajar dgn malaysia,kalah jauh dgn singapura &australia.bahan bakar alutsista sangat mengkhawatirkan sekali klo dibandingkan malaysia,singapura,dan auastralia apalagi bermusihan dgn mereka.parkir gak ada bahan bakarnya.

Doni Sugara said...

Klw takdir mubrom sudah tidak bisa di elakan lagi, bukan masalah dari peswatnya anda orang beriman kan ? Bukan kmounis / atheis, lihat negara " maju macem amerika, rusia, china dll, bnyak peswat tempury beguguran padahal pesawaty terbilang baru, jngan di banding malaysia, serta singapura berarti pesawat mereka kebanyakan nganggur / passif,

Doni Sugara said...

Sekarang bbrpa proyek kilang sedang di bangun di beberapa t4 di indonesia anda browsing aje, proyek ini di targetkan rampung 2018,2019, tujuan y yg psti melepas ketergantungan dari jasa kilang singo dan maloy

luthfi arya said...

Kok anggaran pertahanan RI dikurangi sama pak jokowi..?

Daftar belanja alutsista periode jokowi juga gak ada tuh..?

Ada apa yaaa? Padahal.... ah sudahlah....

maulana husen said...

baguslah prtahanan kita harus lebih di tingkatkan.terutama kapal selam.soalnya laut kita trlalu luas

maulana husen said...

baguslah prtahanan kita harus lebih di tingkatkan.terutama kapal selam.soalnya laut kita trlalu luas

Unknown said...

Ini yg komen orang indonesia bukan y! Y begini kalau paradikma nya gk jelas/GJ. Negara sendiri di umpat bukanya oktimis eh malah pesimis.
Asal kalian tau y,om aq adalah TNI dari angkatan laut. Dan asal kalian tau aj kalian pada komen tapi gk ada fata bawa tni seaungguh nya memang hebat dan terus memoderenisasi alusista nya.
Gk semua alusista nya di publikasi! Demi kemanan negara kita. Asal kalian tahu indonesia udah punya kapal selam 7 unit. 2 kapal selam kilo dari rusia 2 unit. 1 kapal selam dari inggris 1 unit kebetulan om aq yg ambil di ingris,om aq pegang di navigasi nya!
3 unuit hasil kerjasama ama korea dan 1 unit lagi kapal selam yg lama dan di apgred lagi di orancis.
Dan asal kalian tau aj semua kapal selam nya dengan tenologi yg terbaru semua lengkap dengan persenjataan nya! . Kapal yg terbaru seperti usman harun dan kri bong tomo jg denganbteknologibyg terbaru. Kapal perang yg ada rudal dari rusia namanaya yarkov tiap kapal di pasang 4 buah.
Dan kurang lebih kapal perang yg di pasangi rudal jarak jauh nya sekitar 67 kapal yg siap tempur!
Panjang rudal kurang lbh 8,9 mtr dengan diameter 1 mtr,jarak tembak kurang lbh 300-400 km. Harga rudal tiap 1 unit kurang lbh 10 milyar. Jadi jika kalian komen harus tau fakta nya,dan para pemimpin bangsa pun gk bodoh untuk melihat kan kemapuan tni dan alusista nya! Asal kalian tau aj. Masih banyak rahasia alusista yg gk di publikasikan!
Negara indonesia jika beli alusista dari ruaia pun jg ada perjanjian nya dan harus ada yg dirahasiakan . Jika kemhan beli 10 su 35 kemungkinan besar bisa lebih dan akan tetap jd rahasia negara sisa nya!

Nur Ahmad said...

Komen terbodoh....

IBU.SUMIASIH said...

Saya mau mengucapkan terima ksih g tidak terhingga, serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya kepada AKI JEYAPATI , saya sudah kerja sebagai TKI selama 5 tahun di singapore, dengan gaji lebih kurang 2.5jt/bln, tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi setiap bulan harus mengirim ortu di jawa, sudah lama saya mengetahui roomnya AKI ini, juga sudah lama mendengar nama besar aki, tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu percaya dengan hal ghoib, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng Saja.
tetapi kemarin waktu pengeluaran 8924 , saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan, angka yg diberi aki 8924 ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di singapore, tidak ada ongkos pulang, terus beliau bantu kasih angka 8924 setelah saya bantu mahar 8 juta.mulanya saya tdk percaya,mana mungkin angka ini keluar, tapidengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan januari, ternyata meledak….!!!
dapat BLT 750jt, sekali lagi terima kasih banyak AKI JEYAPATI, saya sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang aja ke sukabumi.buat aki,saya tidak akan lupa bantuan& budi baik aki.HUBUNGI AKI JEYAPTI DI NO INI 0852-4228-0055. KLIK TOGEL 2D 3D 4D 6D DISINI

rahman offshore said...

Mungkin bahasanya gini kali y, alutsistanya udah bagus lebih bagus lagi kalo BBM nya ga dari tetangga gitu pak. Bener juga sih lah.kalo di embargo gimana jangankan kapal motor aja kalo gada BBM ga bisa jln pak

Yudi said...

RIF. .. itu pengalaman bapak kamu ya. Mendidik kamu dan kamu selalu menyudutkan pemerintah.
Mungkin bapak kamu atau ibu kamu sudah di tangkap KPK.... puas...

bpk muliadi said...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

Rama Astina said...

WALAU KEKUATAN UTARA DI KUATKAN TAPI JANGAN LUPA YG DI TIMUR SELATAN. SEKARANG INI PAPUA MENJADI INCARAN IMPERALIS DENGAN MENGGUNAKAN GEREJA DAN KEGIATAN MISIONARIS YG ANTI NKRI

Anonymous said...

Ya kaum imperialis memanfaatkan gereja2 di papua supaya anti NKRI. Misionaris di papua harus di habisi. Misionaris di papua merupakan kaki tangan imperial yg ingin memisah kan papua dari NKRI dg menggelontor kan dana besar2an untuk biasiswa. Walau di papua sekarang ini muslim sudah 40% tapi stigma papua nasrani masih cukup kuat karena media mainstreem memain kan peran utama

Joni Si playboy said...

Percaya deh...kakakaakkaakkak, itu cakra sama nenggala gak disebut ? Yg kerjasama sama Korea belum jadi dek....Adek tidur lagi sana....mimpi yg indah

Joni Si playboy said...

Percaya deh...kakakaakkaakkak, itu cakra sama nenggala gak disebut ? Yg kerjasama sama Korea belum jadi dek....Adek tidur lagi sana....mimpi yg indah