Monday, February 10, 2014

Singapura, Biarkan Dia Dengan Kegelisahannya



Akhir bulan Maret mendatang, jika tidak aral melintang Presiden SBY akan meresmikan batalyon Marinir 10 di Batam Riau.  Begitu penting kah sehingga peresmian sebuah satuan tempur berkualifikasi serbu harus diresmikan oleh orang nomor satu di negeri ini.  Lalu adakah kaitannya dengan kegalauan Singapura mempermasalahkan KRI Usman Harun dengan kehadiran satuan tempur “hantu laut” di depan rumahnya.

Penempatan satuan tempur secara permanen di batas terdepan negara yang langsung berhadapan dengan halaman tetangga memiliki arti penting dan strategis. Pembangunan batalyon Marinir 10 di pulau Setoko Batam adalah atas instruksi langsung panglima tertinggi SBY.  Sehingga suka atau tidak suka batalyon ini memiliki aura yang berbeda dengan satuan lain meski personil yang akan mengisi satuan ini diambil dari sejumlah batalyon Marinir di Jawa.  Inilah satu-satunya batalyon tempur Marinir yang berhadapan langsung dengan rumah sebelah.  Ke depan sangat dimungkinkan pengembangan satuan tempur ini menjadi setingkat Brigade.
Tank Amfibi BMP3F dalam latihan serbuan pantai
Bagi Singapura sangat dimungkinkan kehadiran batalyon serbu pantai ini menjadi beban mental.  Karena sejarah Singapura tentu mencatat kisah heroik 2 KKO (Korps Komando Operasi) Indonesia yang menjalankan tugas one way ticket di negeri itu pada masa konfrontasi tahun 60an. Boleh saja kita memahaminya seperti ini: Dengan 2 KKO saja mereka merasa tercabik apalagi dengan 1 batalyon penuh.  KKO yang sekarang bernama Marinir sangat luar biasa perkembangannya.

Indonesia saat ini memiliki dua divisi Marinir dan sedang membangun divisi ketiga di Sorong Papua berkekuatan 15 ribu pasukan berikut alutsistanya.  Persenjataan yang dimiliki pasukan elite angkatan laut saat ini terdiri dari 60 tank amfibi terbaru jenis BMP-3F, ratusan tank dan panser jenis lain seperti PT76, BTR50, BTR80, APC-10, MLRS RM Grad, Howitzer, Rudal QW3, Kapa dan lain-lain.  Belanja alutsista untuk Marinir jalan terus, terakhir dengan memesan 55 tank BTR-4 dari Ukraina.

Sebenarnya kalau Indonesia mau “ngeledek” negeri mungil yang menggemaskan itu itu banyak cara bisa dilakukan, ketika nama Usman Harun dipermasalahkan. Bisa saja nama batalyon 10 Marinir itu dinamai  Yon 10 Mar/Usman Harun atau pangkalan TNI AL di pulau Nipah ditulis besar-besar bernama Lanal Usman Harun.  Kalau mau lebih spektakuler lagi Bandara Hang Nadim Batam diganti namanya menjadi Bandara Usman Harun.

Tapi kita yakin persoalan pemberian nama KRI Usman Harun hanya merupakan rengekan anak kecil yang tak harus disikapi dengan panas hati.  Biar saja dia merengek dan ngambek sampai membatalkan undangan Singapore Air Show untuk petinggi Kemhan dan Panglima TNI yang sudah dia buat sendiri.  Yang rugi dia sendiri karena ajang pameran alutsista itu tentu terkait dengan bisnis senjata dan dunia tahu bahwa Indonesia adalah gadis manis yang sedang dikejar-kejar produsen senjata dunia.
Kapal perang Bremen Class, salah satu yg dilirik TNI AL
Biar saja dia misalnya tak ikut Komodo Naval Exercise di Natuna bulan depan, biarkan saja misalnya dia tak berminat lagi dengan serial latihan Indopura AU dan AL.  Biar saja, kita ikuti saja aliran emosinya tanpa harus menanggapi.  Ini salah satu cara mengajari dia dengan mengedepankan kecerdasan diplomatik berwajah bening. Kita juga mau lihat bagaimana nanti reaksinya ketika Presiden SBY hadir di Batam untuk meresmikan batalyon Marinir 10.  Logikanya karena ini peresmian satuan tempur elite di garis depan yang diresmikan RI-1 tentu akan banyak kapal perang dan jet tempur yang datang di Batam, apalagi ada even latgab Komodo bersama 17 negara lain.

Makanya hari-hari ke depan ini kita ikuti saja jalan cerita “sinetron” Usman Harun tanpa perlu mengepalkan tangan. Kita juga ingin tahu seberapa dalam nilai kekecewaannya terhadap nama Usman Harun itu.  Bisa saja dalam bingkai politik dalam negerinya sebagai pengalihan isu karena negeri itu baru saja dilanda rusuh ekspatriat yang kebetulan sama warna etnisnya dengan Menlu Shanmugam.  Bukankah efek dari rusuh itu membekas di kalangan etnis tertentu disana dan sebagai lem perekatnya dikeluarkanlah pernyataan galaunya sekaligus untuk mengukur kadar kebangsaaan warga Singapura.

Bisa juga karena negeri itu gelisah dengan perkembangan kekuatan ekonomi dan militer Indonesia.  Bagaimanapun negeri kepulauan besar di selatan dan timur negaranya dalam anggapannya punya peluang besar mematikan eksistensinya di masa depan.  Punya puluhan jet tempur canggih tapi ruang udara terbatas, punya 6 kapal selam tetapi perairannya secuil.  Komposisi penduduknya yang lima setengah juta itu 45 persen adalah pendatang.  Ruang pandangnya sangat sempit karena ketika hendak terbang begitu take off sudah harus ke luar negaranya.  Bandingkan dengan dua tetangganya Indonesia dan Malaysia yang menikmati sajian alam raya darat air dan udara yang luas melimpah.

Dalam pandangan kita itulah sejatinya kegelisahan eksistensi psikologis Singapura.  Sebuah negara makmur, sejahtera, semua ada apapun bisa, tapi miskin sumber daya alam dan terbatas ruang gerak dan geliat pernafasan perjalanan berbangsanya.  Maka bersyukurlah kita kepada Allah telah dikarunia tanah air yang luas, subur dan kaya meski penduduknya sebagian belum makmur sejahtera.  Maka bersyukurlah kita punya negara bernama Republik Indonesia yang kadar kebangsaannya membanggakan.  Maka bersyukurlah kita karena pengawal republik sedang digagahperkasakan karena itu bagian dari jawaban agar tidak ada lagi tetangga yang mencoba mendikte.  Maka bersyukurlah kita karena Singapura ngambek dengan nama Usman Harun karena setidaknya kita kembali membuka sejarah heoik keduanya yang membanggakan nilai-nilai kebangsaan kita.
****
Jagvane / 10 Feb 2014

28 comments:

ratna agustin said...

Bagus komentar nya pak haji.jayalah trus Indonesia

Anonymous said...

izin share bang...
terimakasih sebelumnya.

Anonymous said...

jos gandos tingal lihat saja ap reaksi singapura selanjutnya kata pak marty cukup ditulis saja protes n gambeknya negara seupil itu...alias di cuekin NKRI.kita lihat aj bisa ap singapura tanpa RI ap perlu kita stop pasokan airnya biar rakyatnya cebok pakai air asin...I LOVE NKRI JAYALAH TNIKU.

Muhammad Solikin said...

mantab pak haji.....kita tunggu episode berikutnya.....mohon izin share ya.....

Anonymous said...

peryataan menlu sinngapura bahwa penamaan KRI usman harun telah menimbulkan ketidakstabilan di di dalam negeri singa itu. kalau saya terjemahkan berarti singapura telah memantik api kebencian dan permusuhan berkaitan dua orang pahlawan nasioanal RI yang di maksud. karakter negara pendendam seperti ini apakah layak di jadikan negara sahabat ?

BEGUNDALHELLCLUB said...

Mantap tulisannya Om

Anonymous said...

Siiip, Bung Javgane! Ulasan Anda sangat intelek, jauh dari kesan grasa-grusu, emosional atau pun membabi buta. First Class deh pokoknya. Seperti dalam ilmu bela diri, jika kita mengikuti arah gerak tubuh lawan, maka yang akan kita dapatkan adalah elakan. Dan apabila kita melawan arah gerak tubuhnya, maka yang akan kita dapatkan adalah serangan. Saya setuju untuk membiarkan kemanapun arah emosi S'pore. Terbayang, betapa malunya S'ngapore ketika mengetahui bahwa dirinya dicuekin alias gak dianggap. Ibarat pelawak yang udah mati-matian melucu, berharap penonton akan riuh-rendah tertawa, ternyata gak ada satu pun yang ketawa. Kasihan deh Lu..! Hahaha...!

Anonymous said...

Mantap.....Jayalah Indonesia ku. Ijin share ya

Anonymous said...

Saya setuju dgn pembangunan batalyon marinir di batam,,,,supaya daerah batam sekitar lbh aman dan tentunya ada efek gentar buat s'pore

Palapa said...

Secara tidak langsung, Singapura mengakui KEHEBATAN kedua prajurit KKO itu. Padahal itu kejadian 46 tahun yg lalu. Di saat pembinaan personil mgkn tdk sebaik sekarang. Sudah tentu postur Marinir sekarang akan lebih hebat dari 46 tahun yg lalu. Komposisi Pasukan Marinir saat ini sangat lengkap. Bahkan AS sendiripun mengakui kehebatan Marinir Indonesia saat latihan jungle warfare bersama. Marinir Indonesia bisa mengalahkan marinir AS di latihantsb.Padahal marinir AS yg terkuat di dunia. Marinir Indonesia, menurut AS, menempati rangking 3 Marinir terkuat dunia. Yonif 10 mar berisi prajurit2 marinir pilihan dari beberapa batalyon marinir. Yonif Mar ini sengaja ditempatkan di pagar depan kota singa. Yg setiap saat bisa hinggap dimana saja. Siapa yg tdk gemetar ! Bocoran info dari bung Jagvane tentang alutsista maut yg akan dibeli Angkatan laut/marinir dlm 5 thn ini, juga menambah galau negeri singa tsb (hehehe..). Ditambah lagi bayangan terbentuknya Pasmar 4 di Sumatra dlm Renstra 3 nanti. Lengkap dengan alutsisnya gaharnya. Akhirnya kita bisa memahami,mengapa negeri kecil tsb menjerit kencang sekali.

ozrat t said...

Mantap..
ijin share gan.

dar sudarsono said...

Assalamu alaikum pa haji,sy pembaca baru di sini,ternyata isinya bagus,artikelnya lengkap dan mudah di pahami.
Buat teman2 yg lain apa ga sebaiknya pake nama aja dr pada pake anonim..
Salam

harno bebek said...

hahahaha...singapor2.. ente klau ngak licik menampung para koruptor indonesia,mah kere.. jagan sok2an,mentang2 negara kamu kuat,kaya,sukses,,, tunggulah kehancuranmu singapor.... buat agan kagpane,mantep ulasanya ditunggu seri berikutnya...

S.Bimo said...

Ulasan yang sangat baik... Jayalah Indonesiaku...

rroossyyiidd said...

Analisis yang bagus bung..

H. Jagarin said...

Makasih buat semua yang telah memberikan komentarnya. Buat Mbak Ratna Agustin, Muhammad Solikhin, Begundal, Palapa, Bomo, Dar Darsono, Harno bebek, Rossyid, ozrat dan yg bertitel anonymous, semoga pikiran dan langkah yang baik, senantiasa khusnuzon menjadi berkah dalam langkah hidup kita di republik ini. Wassalam.

royhan bima said...

pak lee kuan yew aja sudah tabur bunga di makam dua pahlawan tersebut,mengapaa ente yang hanya anak kecil bau pesing aja petentang petetenteng.emang gua pikirin.bagi kami USMAN HARUN adalah pahlawan besar.terima kasih singaporno telah mempopukerkan kembali nama pahlawan USMAN HARUN.

Iwan Satria said...

Saya cek PM Lee Hsien Long tidak punya Facebook account seperti kita. Yang dia punya di FB cuma Facebook Page. Itu artinya ga ada friend nya.

Anggaplah kalau misalnya dia punya FB account dan remove presiden SBY dari friends list nya (BTW aku ga yakin kalau presiden kita punya FB account juga), itu juga ada kemungkinan account nya dibajak. Pembajakan FB lah sebanyak-banyaknya (-_-;) Kali ada orang iseng pingin manas2in suasana lalu nge-hack buat unfriend doang.

dar sudarsono said...

Bung,ane pembaca baru di sini.mau buka artikel yg lama tp males toh beritanya udh ketinggalan.ane cm mau tanya,denger2 bisa pesen buku2 tentang militer yah?? Klo boleh tau judulnya apa aja ?
Terimakasih

dar sudarsono said...

Bung,ane pembaca baru di sini.mau buka artikel yg lama tp males toh beritanya udh ketinggalan.ane cm mau tanya,denger2 bisa pesen buku2 tentang militer yah?? Klo boleh tau judulnya apa aja ?
Terimakasih

Mulyani Ian said...

Artikel yg bagus.yg membuat kita tdk terprovokasi oleh rengekan negara kecil macam singapura.jayalah indonesiaku.kami rakyatmu selalu menjunjung tinggi bumi pertiwiku

Sastro Kenceng said...

pantang menyerah.maju terus indonesiaku...i love U

Eyang Offiicial said...

Informasi untuk anda para blogger yang ingin mengikuti kontes seo. Th 2014 ini ada 4 situs yang menyelenggarakan kontes seo dan total hadiahnya hinga puluhan juta rupiah. Informasi ini sudah sempat di publish sebelumnya di forum ini.

Kontes SEO ini bukanlah penipuan, karena di situsnya sendiri juga menampilkan informasi mengenai kontes seo.
Siapapun boleh ikutan, baik pemula ataupun yang sudah profesional dan kesempatannya sangat banyak.

Kontes Seo Batik Poker ( http://kontes-seo-batikpoker.com )
kontes ini dipersembahkan oleh situs Batik Poker dan sudah berjalan dari tanggal 22 januari - 22 maret.
Total hadiah 32 juta rupiah kepada 50 pemenang.
Juara 1: Uang tunai Rp 10.000.000,-
Juara 2: Uang tunai Rp 7.500.000,-
Juara 3: Uang tunai Rp 5.000.000,-
Juara 4: Uang tunai Rp 2.000.000,-
Juara 5: Uang tunai Rp 1.000.000,-
Juara 6-10: Uang tunai Rp 500.000,-
Juara 11-20: Uang tunai Rp 200.000,-
Juara 21-30: Uang tunai Rp 100.000,-
Juara 31-50: Uang tunai Rp 50.000,-



Kontes Seo Afa Togel ( http://kontes-seo-afatogel.com )
kontes ini dipersembahkan oleh situs Afa Togel dan sudah berjalan dari tanggal 18 januari - 18 maret


Total hadiah 25 juta rupiah kepada 50 pemenang.
Juara 1: Uang tunai Rp 8.000.000,-
Juara 2: Uang tunai Rp 6.000.000,-
Juara 3: Uang tunai Rp 3.900.000,-
Juara 4: Uang tunai Rp 1.400.000,-
Juara 5: Uang tunai Rp 700.000,-
Juara 6-10: Uang tunai Rp 400.000,-
Juara 11-20: Uang tunai Rp 150.000,-
Juara 21-30: Uang tunai Rp 100.000,-
Juara 31-50: Uang tunai Rp 50.000,-



Kontes Seo Eyang Togel ( http://kontes-seo-eyangtogel.com )
kontes ini dipersembahkan oleh situs Eyang Togel dan akan berjalan mulai dari tanggal 26 januari - 26 maret

Total hadiah 25 juta rupiah kepada 50 pemenang.
Juara 1: Uang tunai Rp 8.000.000,-
Juara 2: Uang tunai Rp 6.000.000,-
Juara 3: Uang tunai Rp 3.900.000,-
Juara 4: Uang tunai Rp 1.400.000,-
Juara 5: Uang tunai Rp 700.000,-
Juara 6-10: Uang tunai Rp 400.000,-
Juara 11-20: Uang tunai Rp 150.000,-
Juara 21-30: Uang tunai Rp 100.000,-
Juara 31-50: Uang tunai Rp 50.000,-

Anonymous said...

" Jalesu Bhumyamca Jayamahe "

phimhd0001 said...



Your site is very successful. Thank you
Help me please, I just wanted to introduce my site to everyone:
- FREE PORN VIDEOS, SEX MOVIES, PORN TUBE, PUSSY PORN
- JAPANESE PORN MOVIES, PORN TUBE, XVIDEOS, XHAMSTER
- BEAUTIES TUBE, XXX ASIAN PORN VIDEOS, FREE PORN CLIPS
- PORN TUBE, PUSSY PORN, FREE PORN VIDEOS, SEX MOVIES
- XVIDEOS, XHAMSTER, JAPANESE PORN MOVIES, PORN TUBE
- XXX ASIAN PORN VIDEOS, BEAUTIES TUBE, FREE PORN CLIPS

Anisur said...


Boobs And Pusssy Pictures of Indian And Pakistani Girl


Desi womans nudu fucking by her husband in room


Bangladeshi sexy college girls boobs fucking


Super Sexy Punjabi Bhabhi Removing Clothes and funking Nude


Porn star Indian sexy Sunny Leone Getting Fucked


Desi Indian aunties pussy photo gellary so sexy


Hottest Actress Katrina Kaif's Boob Press In Party Shocking Real Picture


Sunny Leone latest hot topless photo shoot without cloth


Naked Indian Girls Sucking Big Dick, Indian Girls Fucked Her Ass Point.


school girls hot sexy pictures photos girls without dress

Valena Michelle said...

Banteng88 MASTER AGEN BOLA
Banteng88 MASTER AGEN JUDI
Agen Bola
Agen Judi
Agen Judi Online
Agen SBOBET
Agen IBCBET
Agen Casino
Poker Online
Agen Judi Terpercaya
Prediksi Bola
Bandar Judi
Bandar Bola
Judi Online
Bola Online

moch Dzikry Dzikry said...

Jos gandos NKRI KU