Monday, April 29, 2013

Ujian Logistik Nuh

Banyak diantara kita yang tidak tahu bahwa sejak pertengahan April 2013 negara ini sedang dalam simulasi pertempuran di tiga hotspot yaitu Situbondo Jatim, Sangatta Kaltim dan Bima NTB. Ada pergerakan dan kesiagaan 20 ribu pasukan TNI, 40 KRI, 30 jet tempur berbagai jenis, 200 tank berbagai jenis termasuk artileri, rudal dan roket. Ada uji tembak rudal strategis TNI AL untuk menenggelamkan KRI Teluk Semangka termasuk pendaratan pasukan.

Nah, diantara semua kesiapan itu 2 skuadron Hercules yang bermarkas di Halim Jakarta dan Abdurrahman Saleh Malang siaga untuk mengangkut logistik perang dan pasukan. Simulasi perang kali ini sengaja mengambil waktu sampai dua bulan (April-Mei) karena salah satunya untuk menguji kesiapan logistik perang TNI yaitu logistik BBM, Air, ransum prajurit dan angkutan alutsista berat beserta amunisi perang. Ketika suasana simulasi perang itu sedang berlangsung tiba-tiba ada instruksi Presiden agar Hercules yang siaga di Halim segera berangkat mengangkut naskah Ujian Nasional ke 11 provinsi yang tertunda UN nya. Maka beberapa prajurit yang bertugas melepaskan guyon: “Tugas kita jadi berubah neh, harusnya mengangkut logistik perang jadi mengangkut naskah ujian”. Prajurit yang satu bilang: “ini ujian logistik Nuh (Maksudnya Muhammad Nuh), hitung-hitung juga pengabdian pada siswa yang jengkel”.

Itulah bagian dari kesiapsiagaan tentara, sayangnya banyak diantara kita yang tak tahu atau tak mau tahu, apalagi berterimakasih pada garda republik ini.

*****
Jagvane / 26042013

6 comments:

harno bebek said...

ahlan wasahlan agan arie jagpane,assalamualikum......ulasan tentang BBM kita ngk ada abisnya,baik untuk militer/masyarakat umum,,,.untuk militer kita yang katanya agan disebelah,utangnya dah numpuk sampe bertrilyun2,semoga kedepanya perencanaan BBm terencana dengan baik,sehingga alutsita TNI bisa berfungsi dengan baik pula untuk menjaga kadulatan NKRI tercinta

Si Rosyid said...

Terimakasih TNIku..

Anonymous said...

itulah bagian dari kesiapsiagaan tentara, sayangnya banyak diantara kita yang tak tahu atau tak mau tahu, apalagi berterimakasih pada garda republik ini. salah satu dari mereka adalah KOMNAS HAM dan KONTRAS

H. Jagarin said...

Thanks komen nya Mas Harno..

teguh irawana said...

terimakasih dalam keadaan seperti ini hanya TNI- lah satu2nya harapan kita semua,hidup TNI ...!!!!

aris juwarso said...

nikmatilah keindahan suatu berbedaan dalam hidup, dan anda akan mendapatkan kenyamanan dalm hidup. Terimakasih.