Friday, May 6, 2011

UP DATE KEKUATAN ARMADA TEMPUR INDONESIA TAHUN 2012

Armada Fregat KRI  di sebuah Pangkalan, Ready For War

KAPAL FREGAT
AHMAD YANI CLASS
  1. KRI AHMAD YANI 351
  2. KRI SLAMET RIYADI 352
  3. KRI YOS SUDARSO 353
  4. KRI OSWALD SIAHAAN 354
  5. KRI ABDUL HALIM PERDANA KUSUMA 355
  6. KRI KAREL SATSUIT TUBUN 356
KI HAJAR DEWANTARA CLASS
  1. KRI KI HAJAR DEWANTARA 364
KAPAL KORVET
FATAHILLAH CLASS
  1. KRI FATAHILLAH 361
  2. KRI MALAHAYATI 362
  3. KRI NALA 363
SIGMA CLASS
  1. KRI DIPONEGORO 365
  2. KRI HASANUDDIN 366
  3. KRI SULTAN ISKANDAR MUDA 367
  4. KRI FRANS KAISIEPO 368
PARCHIM CLASS
  1. KRI KAPITAN PATIMURA 371
  2. KRI CUT NYAK DIN 375
  3. KRI SULTAN TAHA SYAIFUDDIN 376
  4. KRI MEMET SASTRAWIRIA 380
  5. KRI HASAN BASRI 382
  6. KRI IMAM BONJOL 383
  7. KRI PATI UNUS 384
  8. KRI TEUKU UMAR 385
  9. KRI SILAS PAPARE 386
  10. KRI UNTUNG SUROPATI 872
  11. KRI SULTAN NUKU 873
  12. KRI LAMBUNG MANGKURAT 874
  13. KRI SUTANTO 877
  14. KRI SUTEDI SENOPUTRA 878
  15. KRI WIRATNO 879
KAPAL SELAM
CAKRA CLASS
  1. KRI CAKRA 401
  2. KRI NANGGALA 402
Kapal Selam Mini 22 m :  4 Unit

KAPAL CEPAT RUDAL
MANDAU CLASS Berpeluru Kendali
  1. KRI MANDAU 621
  2. KRI RENCONG 622
  3. KRI BADIK 623
  4. KRI KERIS 624
CLURIT CLASS Berpeluru Kendali
  1. KRI CLURIT 641
  2. KRI KUJANG 642 
Catatan: Sampai dengan tahun 2014 Clurit Class mencapai 6 KRI

BRUNAI CLASS
  1. KRI SALAWAKU 642==>  No lambung menjadi kepala 8
  2. KRI BADAU 643 ===> No lambung menjadi kepala 8
ANDAU CLASS Torpedo
  1. KRI ANDAU 650
  2. KRI SINGA 651
  3. KRI TONGKAK 652
  4. KRI AJAK 653
KAKAP CLASS
  1. KRI KAKAP 811
  2. KRI KERAPU 812
  3. KRI TONGKOL 813
  4. KRI BARAKUDA 814
PANDRONG CLASS Berpeluru Kendali
  1. KRI PANDRONG 801
  2. KRI SURA 802
TODAK CLASS Berpeluru Kendali
  1. KRI TODAK  803
  2. KRI HIU 804
  3. KRI LAYANG 805
  4. KRI LEMADANG 806
BOA CLASS
  1. KRI BOA 807
  2. KRI WELANG 808
  3. KRI SULUH PARI 809
  4. KRI KATON 810
  5. KRI SANCA 811
  6. KRI WARAKAS 816
  7. KRI PANANA 817
  8. KRI KALAKAS 818
  9. KRI TEDONG NAGA 819
COBRA CLASS
  1. KR I CUCUT 866
  2. KRI COBRA 867
  3. KRI ANAKONDA 868
  4. KRI PATOLA 869
  5. KRI TALIWANGSA 870
  6. KRI KALAGIAN 871
KAPAL PATROLI CEPAT
KRAIT CLASS
  1. KRI KELABANG 826
  2. KRI KRAIT 827
  3. KRI TARIHU 828
  4. KRI ALKURA 830
SIBARAU CLASS
  1. KRI SIBARAU 847
  2. KRI SILIMAN 848
  3. KRI SIGALU 857
  4. KRI SILEA 858
  5. KRI SIRIBUA 859
  6. KRI WAIGEO 861
  7. KRI SIADA 862
  8. KRI SIKUDA 863
  9. KRI SIGUROT 864
VIPER CLASS
  1. KRI VIPER 820
  2. KRI PITON 821
  3. KRI WELING 822
  4. KRI MATACORA 823
  5. KRI TEDUNG SELAR 824
  6. KRI BOIGA 825
KAPAL LPD (LANDING PLATFORM DOCK)
MAKASSAR CLASS
  1. KRI MAKASSAR 590
  2. KRI SURABAYA 591
  3. KRI BANJARMASIN 592
  4. KRI BANDA ACEH 593
KAPAL LST (LANDING SHIP TANK)
FROSCH CLASS
  1. KRI TELUK GILIMANUK 531
  2. KRI TELUK CELUKAN BAWANG 532
  3. KRI TELUK CENDERAWASIH 533
  4. KRI  TELUK BERAU 534
  5. KRI TELUK PELENG 535
  6. KRI TELUK SIBOLGA 536
  7. KRI TELUK MANADO 537
  8. KRI TELUK HADING 538
  9. KRI TELUK PARIGI 539
  10. KRI TELUK LAMPUNG 540
  11. KRI TELUK JAKARTA 541
  12. KRI TELUK SANGKULIRANG 542
  13. KRI TELUK CIREBON 543
  14. KRI TELUK SABANG 544
TELUK LANGSA CLASS
  1. KRI TELUK LANGSA 501
  2. KRI TELUK AMBOINA 503
  3. KRI TELUK KAU 504
  4. KRI TELUK TOMINI 508
  5. KRI TELUK RATAI 509
  6. KRI TELUK SALEH 510
  7. KRI TELUK BONE 511
TACOMA CLASS
  1. KRI TELUK SEMANGKA 512
  2. KRI TELUK PENYU 513
  3. KRI TELUK MANDAR 514
  4. KRI TELUK SAMPIT 515
  5. KRI TELUK BANTEN 516
  6. KRI TELUK ENDE 517
KAPAL ANGKUT PASUKAN
TANJUNG CLASS
  1. KRI TANJUNG KAMBANI 971
  2. KRI TANJUNG OISINA 972
  3. KRI TANJUNG NUSANIVE 973
  4. KRI TANJUNG FATAGAR 974
KARANG CLASS
  1. KRI KARANG PILANG 981
  2. KRI KARANG TEKOK 982
  3. KRI KARANG BANTENG 983
  4. KRI KARANG UNARANG 984
KAPAL PENYAPU RANJAU
CONDOR CLASS
  1. KRI PULAU ROTE 721
  2. KRI PULAU RAAS 722
  3. KRI PULANG ROMANG 723
  4. KRI PULAU RIMAU 724
  5. KRI PULAU RUSA 726
  6. KRI PULAU RANGSANG 727
  7. KRI PULAU RAIBU 728
  8. KRI PULAU REMPANG 729
PROJECT 244 CLASS
  1. KRI PULAU RANI 701
PULAU RENGAT CLASS
  1. KRI PULAU RENGAT  711
  2. KRI PULAU RUPAT 712
KAPAL KOMANDO
  1. KRI MULTATULI 561
KAPAL LATIH LAYAR
  1. KRI DEWARUCI
  1. KRI ARUNG SAMUDERA
KAPAL TANKER
  1. KRI BALIKPAPAN 901
  2. KRI SAMBU 902
  3. KRI ARUN 903
  4. KRI SUNGAI GERONG 906
  5. KRI SORONG 911
KAPAL TUNDA
  1. KRI RAKATA 922
  2. KRI SOPUTAN 923
KAPAL SURVEY
  1. KRI DEWA KEMBAR 932
KAPAL PENDUKUNG
  1. KRI NUSA TELU 952
  2. KRI TELUK MENTAWAI 959
  3. KRI KARIMATA 960
  4. KRI WAGIO 961
KAPAL RUMAH SAKIT
  1. KRI DR. SOEHARSO 990
KAPAL TRIMARAN 
          Satu unit dalam  masa sea trial  (sd thn 2014 TNI AL punya 4 KRI Trimaran)
HOVERCRAFT
          8 Unit 

SEA RIDER 
          24 Unit 

KTBA

          12 Unit


 




*********
JAGVANE 05052011 / DARI BERBAGAI SUMBER
Update data :07012012

28 comments:

bang Barok Asli RI said...

sudah sepatutnya NKRI memiliki pengawal republik yang kuat karena mengurus dan menjaga rumah yang besar amatlah sulit jika hanya bermodal suara dan banyaknya anggota keluarga, dan alutsista TNI merupakan tolak ukur kita dalam mengamankan NKRI yang besar ini, makin baik jika profesionalisme TNI dengan alutsistanya dapat menjadi stabilisator kawasan tentunya bersama-sama negara jiran lainnya..kan asyik jika hidup nyaman dengan tetangga yang lingkungan yang aman tanpa andanya penggangu dari luar, karena mereka segan takut bonyok(babakbelur)...

Kangmas pengen Mangku Bumi said...

Ini Sepertinya kurang dech koleksi kapalnya cuma bisa tuk berapa skuadron nih. padahal luas Indonesia yang dominan laut n kepulauan. Salut Buat TNI yang bisa optimalkan fungsi n maksimalkan kualitas pasukan. Oh ya nie hari jadi juga buat TNI. selamat dah Josh pokoke mantab!!!

Uckit Joe said...

Pejuang Mujahidin NKRI !
Siap angkat senjata dan angakat Pacul ...

Mas agan , kayanya kurang update armada kapal perang kita mas . tolong di post lagi armada kapal perang yang terbaru dan yang masih bertugas . saya rasa TNI AL banyak armadanya , berupa fregar , korvet kelas sigma dan kelas parchim , kapal patroli cepat yang dilengkapi rudal C-802 RRC , kapal cepat rudal , LST , LPD , Kapal Penyapu Ranjau .

tolong yaa mas di post lagi , biar koleksi saya juga lengkap . perlu kita buka ke publik , biar TNI AL kita tidakk di kecilkan . TNI AL juga seperti kita , punya nafsu perang dan gerah harga diri dicabik-cabik .

leopard coguar said...

sepertinya update juga kok mas,buktinya KRI salawaku dan Badau ada juga,oh ya,berapa jumlah pasti armada ranpur TNI AD + Marinir kita????mungkin jika disatukan,bisa mengimbangi negara2 tetangga yg gak punya marinir....kalo gak salah kita punya 300 tank marinir,1100an ranpur AD

Anonymous said...

Hidup TNI...
Jaya NKRI...

Anonymous said...

pak...KAPAL SELAM MINI ITU APA???
BARU TAU SAYA..

Anonymous said...

Mas kalo bisa tolong diposting juga artilery yg dimiliki TNI terutama MLRS atau sejenisnya baik anti tank atau anti serangan udara.

trims deh sudah memberi byk pengetahuan,
Indonesia Lovers

Anonymous said...

Tolong donk info kapal Selam Mini yang dimiliki TNI AL sekarang ini... Thanks

poejangga said...

alhamdulillah akhirnya indonesia bankit,,,,,,,,,,,,hiduplah garudaku

PPOB ARTHA KHARISMA said...

Peningkatan Jumlah Alutsista TNI cukup membuat tetangga resah, tapi kalau melihat luasnya republik ini sepertinya Armada tempur TNI masih perlu banyak penambahan. Semoga kedepan kemandirian alutsista segera tercapai sehingga tidak perlu hawatir kena embargo. :)

Anonymous said...

apakah indonesia memiliki kapal perang ex rusia juga? jika ada kelas apa yang dimiliki oleh indonesia? thanks

Anonymous said...

Indonesia akan menjadi macan asia yang kembali bangkit dengan kekuatan dan semangat juang tak terkalahkan! Indonesia siap damai siap tenpur!

Anonymous said...

dengan senyap dan tanpa publikasi yang luas memang indonesia telah bangkit jauh hari sebelum hari ini , bahkan dari intelejen 2 asing terutama malaysia dan australia telah mengerti betul itu jadi walaupun diwajah tidak menampakkan keresahan tetapi didalam hati menyimpan kegalauan yang luar biasa, termasuk dengan penempatan usmc di darwin ada hubungannya dengan pla dan tni yang mulai mengepakkan sayap dengan cakar yang lebih tajam disemua jarinya

Anonymous said...

Dari daftar alutsista diatas ada kapal selam mini 22M..itu buatan mana dan sejak kapan indonesia punya kapal selam mini 22m..

Anonymous said...

Jalas Veva Jaya Mahe....

Anonymous said...

Salam INDONESIA,Dari sabang sampai merauke tetap INDONESIA, INDONESIA JAYA, BRAVO TNI

Anonymous said...

ada satu yang kurang.. Yaitu KAPAL INDUK!!!!!!!!!!!!!!!!!

Kapan Indonesia bisa buat kapal Induk??????????????????????????

Anonymous said...

jayalah negeriku, indonesia raya

arie said...

semua KRI di atas itu suruh nyerang malingsial aja trus AU and AD juga nyerang...abisin malingsial...yang pertama serang sistem telekomunikasi dulu trus PL ( pembangkit listrik) dah gitu serang pabrik minyaknya....
nah kalo dah ancur...gantian serang singapur,abis itu..RI beli bom nuklir dari korut ato si rusia..bom tuh malingsial abis ntu ausie ,..nah beres lah..klo inggris mau nyerang ..kalo mereka minta bantuan inggris and amrik..jluntrungnya pasti israel juga ngikut..biar israel diladenin ma iran...klo ngadepin inggris...ah gampang si PM inggris di tusuk ma bambu runcing yang ada di surabaya..tuh yang ada di tugu..heeee...
NKRI harga mati....MERDEKA ato MATI....

Gheg ghel said...

pendapat anda saya dukung karena indonesia tercinta adalah pembimbing negara jiran, jadi wajarlah kita saling merangkul dalam segi apapun.sebagai negara yang lebih besar kita harus menunjukan sikap yang dewasa agar di ikuti oleh negara negara tetangga yang notabene nya adalah darah daging para leluhur kita ,jadi jika kita mau di segani oleh tetangga, kita yang lebih dewasalah yang harus memulai nya....
GURU KENCING BERDIRI MAKA MURID AKAN KENCING BERLARI LARI...damai itu indah...?

wangwa bara api said...

kayaknya malingsia lagi ngumpet tuh.maklum lah kan lagi minim anggaran.sampai mo nyewa pesawat segala

Anonymous said...

berani y yewa.... Tunjukan klw suatu negara itu berkembang n maju dpt mncptkn hasil karya y sendiri u/ mmpertahankn negara y... Contoh y indonesia dgn ekonomi yg minim dpt mmbangun bangsanya yg memiliki martabat n menciptakan pertahanan sendiri, memang msh membeli dr luar tp jangan slh ciptaan anak bngsa bisa menjadi kebanggaan n kualitasnya tdk diragukan lg ketahanan n kemampuannya, jngn sprti pencuri malaysia yg selalu mencuri kebudayaan tetangga n selalu mengandalkan kekuatan lawan, itu nama y pengecut n banci, bencong, berani y main kroyok, lihat indonesia menunjukkan seorang satria yg berani u/ melawan musuh y dgn sendiri tnp ada bantuan dr mana pun, camkan itu malaysia, NKRI harga mati

usep said...

perbanyak lagi KRI-KRI dg kecepatan tinggi dan persenjataan lengkap....dan tempatkan di setiap propinsi di seluruh indonesia....agar kedaulatan NKRI tetap terjaga sampai kiamat....NKRI harga mati.

royhan bima said...

kapal selamnya kilo clas harus cepat beli minimal 3 unit dan scorpene 2unit dan sisanya buat sendiri setelah CBG selesai.secepatnya buat kapal perang fregat,sigma,trimaran dan korvet yang bilengkapi denan peluru kendali,canon dan meriam kaliber berat .

Bagong said...

Sudah selayaknya DPR & PARTAI dikurangi karna membebani APBN Yg tdk dpt bekerja dgn baek menjadikan membengkak pengeluaran negara.
Dari sistem kerja dan pengendalian yg buruk berakibat susahnya kontrol yg berlebihan.
Dgn demikian biaya diatas dpt digunakan dlm pengadaan alusista yg berbobot.
Untuk apa byk anggota legislatif yg tkg korup ,tidur,penebar sikap buruk saling serang,caci.

Anonymous said...

woi anjing, kau kalau buat artikel jangan terlalu memnuji, itu barang tua semua, kutembak pake senapan angin pun rontok, kau di hotel aja betingkah

Anonymous said...

kau pun gerot, kapal selam mini itu sama dengan kopi kapal api, paok kali kau

Anonymous said...

maaf pak mending komen yang sopan... kalo ga suka artikel ini buat tandingane aja ya dibaca banyak orang kok bahasanya bgt