Thursday, January 13, 2011

Militer Indonesia Belanja Alutsista, Tetangga Sebelah Panik


Skuadron 31 Penerbad dengan Heli Tempur Mi35 buatan Rusia
Adalah Menhan Purnomo secara lantang menyatakan pada event penyerahan 3 pesawat tempur Sukhoi SU-27 di Makassar tanggal 27 September 2010 lalu: Untuk membangun pertahanan negara membutuhkan anggaran yang cukup besar, namun besarnya biaya itu tidak semahal dengan kehormatan dan harga diri bangsa.  Negara yang besar harus didukung dengan pertahanan yang kuat agar bangsa ini tidak dirongrong, baik dari dalam maupun dari luar. Untuk membangun kekuatan udara NKRI, Indonesia akan melengkapi skuadron  tempurnya dengan 10 skuadron dengan kekuatan 180 pesawat tempur Sukhoi buatan Rusia untuk 10 tahun kedepan.

Statemen ini seperti petir di siang bolong  yang  membuat petinggi militer negara tetangga terutama Malaysia, Singapura dan Australia menjadi gerah dan gelisah.  Selama pekan-pekan ini semua situs militer dan forum militer di dunia maya berdiskusi hangat membahas pembangunan kekuatan militer Indonesia secara besar-besaran. Kalimat utamanya adalah kaget, ada apa gerangan, mengapa tiba-tiba, mau dibawa kemana hubungan kita (kata Armada Band), lalu mereka  mulai berhitung ulang dengan inventory arsenalnya.

Geliat perkuatan militer Indonesia secara terpadu mulai terlihat ketika kasus Ambalat pada tahun 2005 menghina harga diri bangsa oleh sebuah negara yang mengaku serumpun tapi arogan, Malaysia.  Sesungguhnya itulah titik awal kebangkitan militer Indonesia bersamaan dengan tekad TNI menjadi tentara profesional pengawal NKRI dan tidak lagi terjun dalam dunia politik dalam negeri yang belum dewasa dalam berdemokrasi sampai saat ini.

Belakangan pembangunan kekuatan militer China, India dan Australia menjadi sebab utama mengapa negara kepulauan ini harus memperkuat tentaranya dengan arsenal modern. Menhan Purnomo mengatakan belanja alutsista Indonesia selama lima tahun ke depan berjumlah US$ 16,7 milyar atau setara dengan Rp 150 trilyun, sebuah angka yang fantastik yang mampu membangunkan rasa percaya diri bagi seluruh anak bangsa yang cinta NKRI.  Pemerintah oke, DPR  juga, apalagi kalau rakyat ditanya dijamin pasti setuju banget.  Soalnya selama satu dekade ini kalau bicara alutsista kesan dan pesannya mirip lagu nelongso, minim anggaran, terbentur anggaran, prioritas ekonomi, harus banyak puasa aparat TNI sambil mengelus dada. Sabar ya nduk, kata bapak kandungnya TNI, ya rakyat, ya pemerintah.   Nah sekarang TNI sudah berbuka puasa dan menunya sangat beragam, ada PKR, ada Sukhoi, ada Kapal Selam, ada Rudal, ada Panser, bermacam-macam dah.

Apa yang bisa dibelanjakan dengan duit 150 trilyun rupiah itu dalam lima tahun ke depan.  Pasti banyak dong dan plaza atau mall arsenal berbagai negara pada sibuk menjajakan diri untuk kerjasama, kerja bareng dan kerja repot menghabiskan dana segar dan banyak itu.  Namanya juga gula, pasti banyak semut berdatangan dengan wajah manis untuk kerja bareng memproduksi alutsista di tanah air atau menawarkan produknya yang terbaru.

Kalau kita berandai-andai, setidaknya inilah arsenal yang segera mengisi  depot-depot militer Indonesia  sampai tahun 2015:

Alutsista Utama  TNI AU :

  • 4 Skuadron (64 unit) Sukhoi
  • 2 Skuadron (32 unit) F16
  • 2 Skuadron (36 unit) Hawk100/200
  • 1 Skuadron (12 unit) F5E
  • 1 Skuadron (16 unit) Super Tucano
  • 1 Skuadron (16 unit) Yak 130
  • 2 Skuadron ( 36 unit ) UAV
  • 4 Skuadron (64)Hercules
  • 7 Batteray Hanud Area
Alutsista Utama Angkatan Laut :

  • KRI  PKR Fregat  32 unit
  • KRI Korvet  56 unit
  • KRI Kapal Cepat Rudal 82 unit
  • KRI Kapal Patroli  Cepat  87 unit
  • KRI Kapal Selam 6 unit
  • KRI logistik dan angkut pasukan  LPD, LST 48 unit
Kekuatan armada angkatan laut akan ditambah menjadi 3 armada yaitu Armada Barat berpusat di Tanjungpinang, Natuna dan Belawan, Armada Tengah berpusat di Surabaya, Makassar dan  Tarakan,  Armada Timut berpusat di Ambon Merauke dan Kupang.  Kekuatan Marinir diproyeksi akan mencapai 60 ribu pasukan dan disebar diberbagai pangkalan angkatan laut.  Kekuatan persenjataan marinir meliputi 350 Tank BMP 3F terbaru, 175 Tank amphibi eksisting, 320 panser amphibi eksisting, 800 rudal QW3, 40 RM Grad, 75 Howitzer.

Alutsista Utama Angkatan Darat :

  • Pasukan Kostrad  3 divisi
  • Pasukan  Pemukul Kodam  150 Batalyon
  • Main Battle Tank  200 unit ditempatkan di Kalimantan dan NTT.
  • Panser Pindad  APC 540 unit  untuk batalyon infantri mekanis
  • Panser Canon 320 unit
  • Meriam dan Howitzer artileri  890 unit
  • Roket NDL  720 unit
  • Tank dan Panser eksisting berjumlah 750 unit.
  • 20 Heli tempur Mi35
  • 26 Heli angkut Mi17
  • 95 Heli tempur jenis lain
  • 1300 Rudal anti tank
  • 60 Hanud titik dengan rudal terbaru
  • 700 Rudal strategis Pindad-Lapan
Angkatan Udara dan Angkatan Laut adalah yang terbesar menyerap alokasi anggaran alutsista mengingat  banyaknya alutsista yang dibangun dikembangkan dan dibeli dengan teknologi terkini.  Pembuatan 10 PKR light Fregat yang sedang dibangun PT PAL setidaknya menghabiskan dana  US $ 2,5 milyar.  Pembuatan 4 kapal selam ditaksir menghabiskan dana US $2 milyar.  Tambahan skuadron tempur Sukhoi dan F16 berikut arsenalnya diprediksi menyerap anggaran US $ 6 milyar. 
Angkatan Udara akan menempatkan skuadron-skuadron tempurnya di Medan   (1 skuadron F16), Pangkal Pinang  (1 Skuadron Sukhoi) dan Madiun (2 Skuadron Sukhoi).  Eksisting  yang sudah ada 1 Skuadron Sukhoi di Makassar, 1 Skuadron F16 di Madiun, 1 Skuadron F5E di Madiun, 1 Skuadron Hawk di Pekan Baru dan 1 Skuadron di Pontianak.  Dengan masuknya arsenal baru terjadi pergeseran lokasi skuadron, Tarakan mendapat 8 SuperTucano dan 8 Hawk, Malang 8 SuperTucano, Yogya 16 Yak130.   Skuadron F16 di Madiun digeser ke Kupang dan F5E digeser ke Biak dan Timika.

Membaca peta arsenal ini saja jiran sebelah terutama Malaysia, Singapura dan Australia dijamin berkeringat apalagi jika lima tahun ke depan sudah menjadi kenyataan, bisa-bisa tak bisa tidur mereka.  Namun bagi sebuah negara besar seperti NKRI, wajar saja diperlukan alutsista dalam jumlah besar untuk mempertahankan harga diri dan kehormatan bangsa, agar negara lain tidak terus menerus meremehkan kekuatan pengawal republik kita.  Yang jelas dalam pembangunan kekuatan milter ini semuanya ditujukan untuk mempertahankan kedaulatan NKRI dari ancaman pihak manapun, setidaknya mereka akan berhitung ulang jika ingin melecehkan teritori Indonesia.

****
Jagvane


79 comments:

F 14 TOMCAT said...

buat tetangga2 yg suka usil,,urusin aja rumah tangga luh...lu belanja apa aja gue ga pernah usil..giliran gue belanja..ngapain lu ikut repot...

mas_yun said...

Pak jagvane, turki punya f16 200 unit lho pak..., bagaimana dengan wilayah indonesia yg begitu luas..?
Saya rasa apapun alutsistanya punya dalam jumlah puluhan jauh dari ideal...

D'oka said...

Ksnya kok gak ada yang nongol? gak usah bingung2 pilih Kilo class 636 dan Amur class saja yang dari Rusia, kalau dari jerman U214 paling pas untuk laut Indonesia, syukur2 U212 dikasih beli (ngarep) kalau changbogo, pakai patroli juga pas. pokoknya yang mampu meredam scorpene dan collins aja!

Den jaka said...

Terima kasih malaysia sudah membangunkan macan tidur...Indonesia, kami makin kuat tapi tidak mau arogan...karena kamilah pelindung dan penyeimbang kawasan asia tenggara

den jaka said...

jangan salahin kami ya, kalau dalam 2 tahun ke depan TNI Au akan punya radar dan bateray hanud di tiap kabupaten yg berbatasan dengan mlaysia dan singapura...itu juga karena anda yg melecut kami melakukannya

Bayu said...

Seharusnya memang TNI dibelanjakan peralatan tempur seperti pesawat tempur, tank, KRI, Rudal, dll jadi bisa nakut-nakuti negara jiran, dan juga personilnya jadi sibuk belajar dan berlatih terus, gak ada waktu jadi beking sana-sini. Beda dijaman Suharto, TNI digunakan buat berpolitik, nakut-nakuti rakyat, jadi beking penguasa. Jadi lemah dimata asing. Bravo TNI profesional !!!

Anonymous said...

tni al, banyak tapi usang.. haha.. tembak pakai pistol pun mungkin karam..

endanesia said...

artikel hebat... semoga angka2 yg tadi disebutkan bisa jadi kenyataan sukur kalo lebih dari itu.. kita bisa mengulangi kejayaan militer di era 60an

bukitkuin da said...

baru lu sedar dari tidur lena mu ya tapi ngak apa asalkan jangan ngigau lagi udah la

keparat malayshit said...

ni mah bkn analisis....tp ngelindur........yak 130 ????!!!!! jelas2 indo dah beli T-50,ngapain beli yak ???? bnyk info yg bkn analisis tp cm mimpi,ga akurat

leopard coguar said...

udahlah,anad semua gausah nyindir2 tetangga banget,nah,mulai sekarang mari kita bangun negeri ini untuk jadi lebih baik

leopard coguar said...

andai saja kita kaya,mungkin yang jadi acuan dalam pembangunan pertahanan kita bukan kawasan lagi,namun tingkat dunia,bangsa kita ini besar,banyak potensi utk maju asal dimanfaatkan dengan baik.

bluerider6089 said...

coba aja tembak,....

adu tabrakkan antara kapal TNI AL yg dari Fiber dengan Kapal TDLM yang dari besi pun berakhir dengan PENYOK nya kapal TLDM anda, pa Cik hahahaha...

Mau merasakan Yakhont kami Pa Cik..? Sebelum banyak cakap , perbaiki dulu itu scorpene versi permukaan anda biar bisa Selam hihihih atau perlu bantuan pakai Torpedo SUT dari KS Cakra kami ..?

Anonymous said...

negara malaysia itu kok aneh masak negara jaran gambarya macan ????? emangnya disana gak bisa bedain ya mana macan mana jaran ????? hahahahaha

Anonymous said...

harusnya kita bisa beli lebih banyak dari itu kalo freeport & exxon diprivatisasi jadi milik kita

juta juta said...

INDON ....alutsista tua terkuat di asia tenggara.

Anonymous said...

Banyak BUAL You Upin Ipin, merdeka saja dapat hadiah, ga' ada sejarahnya Malingsia itu berperang lawan penjajah. Bilang ke Arm-mu coba saja menyerang Indonesia, bawa senjata yang paling canggih, kami tidak akan pernah mundur. Kalau tidak percaya silahkan saja.Taek Lou Anjing

Anonymous said...

Tua tapi tak takut, coba saja menyerang kami. Kami sebagai masyarakatpun akan berperang. PUKI' MAKMU NEGARA YANG MERDEKA KARENA DIBERI TANPA BERJUANG. DASAR KAU MALING

DIDIT said...

bravo TNI.....

Stop Anarki! said...

Berperang demi kedaulatan Bangsa!!! BERANGKAT!

NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA

Hadapkan Moncong Misil ke MALINGANJING... NUCLEAR MISSILE, READY!

Anonymous said...

setuju.. bener banget tuh... masa depan NKRI tercinta ini Insya Allah akan selalu maju dan terdepan... Bravo TNI... Bravo INDONESIA..... ^_^

Azhar Febrianas said...

Tak masalah BBM naik asal Alutsista NKRI lebih modern and up-to-date.
Menempatkan alat berat di daerah perbatasan tentu lebih gagah, agar siapapun yang mencoba masuk wilayah NKRI tanpa izin bisa langsung hajar di tempat tanpa takut kalah kekuatan.

Go Indonesia, Go Garuda,,,, Tunjukkan bahwa kita Negara Besar dan Kaya akan Martabat,,,,

jafar said...

apa sudah ada pangkalan armabar di tj pinang, apa keuntungan dan kerugian lokasi disana? apa tidak terlalu dekat dg selat malaka atau justru karena itu dipilih disana? apa pertimbangannya?

Anonymous said...

macan kau bangunkan dari tidur panjangnya,rauman kelaparan menyeruak memecah keheningan pilu macan yang terbangun akibat ulah usil kuda kecil jingkrak2 disamping macan tidur,pamer kelincahan tanpa sadar macan itu siap menerkam,saudaraku serumpun apa yg kau banggakan dari ulah usil birokrasimu,caplok sana caplok sini,ingat jangan uji rasa sabar bangsa besar ini,senjata boleh tua dan usang namun jangan lupa semangat MERAH PUTIH kami selalu membara,merah darahku putih tulangku indonesia harkat dan martabatku,mari saling koreksi diri simpan arogansi mu jangan buat keresahan dalam diri.

Anonymous said...

Buktikan klo negara ingus ipin upin punya nyali, jangan bacot doang gede!! malay banci, homosex kabeh tentara'y!!

Anonymous said...

Ks nya rahasia mas,ga semua berita pembelian alutsista di umumkan ke publik...terima kasih jayalah TNI KU

Anonymous said...

Malaysia baru sedikit lebih modern aja sombong kali, kau melecehkan kami, besar bicaranya.. otak kosong.
Memang dengan peralatan modernmu sdh pasti menang perang!!!!???
Perang itu yg utama pake otak, pengalaman dan taktik bukan cuma mengandalkan peralatan modern... itu cuma sarana saja jika otakmu bego, ga pernah perang, apalagi ga punya pengalaman jg maka semua bisa tak da gunanya....
makanya hati2 kau bicara untuk menghina dan melecehkan negara lain...

Anonymous said...

orang malingsia kok pada ditanggepin....bikin dagelan aja nggak bisa kok, pake nantang-nantang perang. semua nggakusah khawatir, masih ada matra Indonesia ini yang belum ter-ekspose, armada jin! lebih murah dan banyak tersedia disini, apalagi sekarang dukun2 juga mudah bersatu...angkat ki gendheng pamungkas jadi jendral bintang 4-nya, jadi maka jadilah!

Anonymous said...

jumpa lagi budak bodoh dari malaysia ini sekarang dah 2012 dah banyak senjata tni yang dah datang bukan ngigau , sementara lu malaysia bangang tak tentu arah , dalam forummu di mom banyak yang bermimpi ( malaysia negara kuaat .... ngimpi)

hpplko said...

SYA SANGAT GERAM DN KESAL MELIHAT MALAY,AUSTRALIA,INDIA,DLL TRUS2AN MENGHINA INDO,SYA RELA PJAK PENDAPATN SAYA DI POTONG LEBIH BESAR,UNTUK MEMPERKUAT iNDO,WAHAI PARA ILMUWAN INDO&MENRISTEK,PUTAR OTAK UNTUK BISA MEMBUAT JET TEMPUR,BOM DN PERALATAN LAINYA YG 100%INDONESIA,ITU GUNANYA KALIAN,,IKUTLAH MEMPERTAHANKAN IDO DENGAN MENCIPTAKAN%MEMBUAT,KASIAN RAKYAT TRUS2AN DI HINA TETANGGA,DN TRUS2AN BELI DRI NGARA LAIN,UNTUK PRESIDEN:PECAT AJA PARA MENTERI YG GK BISA MENCIPTA DAN MEMBUAT PERALATAN PERANG( MENRISTEK,DN ILMUWAN2NYA ) AYO PRESIDEN TUNJUKAN TARINGMU KE SEMUA NEGARA !!!JANGAN LOYO!!! DAN PENAKUT !! SAYA RAKYAT SDAH SANGAT MARAH DAN GEMES LIHAT MEREKA,1.TKI DI ANIAYA !! DI BUNUH,PULAU DI AMBIL,MASIH BANYUAK LGI,,,UUUHHH..JADI PNGEN JATUHIN NUKLIR AJA KALAU SAYA PUNYA MAH,MUDAH2 AN PARA PEJABAT ADA YG BACA TULISAN SAYA!!! BRAVO TNI..MAJU,!!DAN LATIH MENTAL TNI UNTUK BELA NEGARA BUKAN BELA YG KAYA !!!!

Maverick said...

BRAVO TNI.... Sudah wajib dan wajar anggaran ALUTSISTA tinggi, lebih baik lagi kalo bisa menyerap 40%dari APBN tiap tahun. Kita harus memodernisasi semua ALUTSISTA TNI, klo perlu sekalian potong anggaran POLRI (percuma kasih anggaran besar ke POLRI,udah gaji berlebihan, tp buntut2nya juga nyusahin rakyat, taunya cuma nyari kesalahan tapi gak tau ngelindungin rakyat, giliran ada terrorist malah kabur, giliran ada koruptor malah nempel!).
Hey TNI, jangan segan membela harkat dan martabat bangsa kita, dari jaman sejarah Gajah Mada, Nusantara sudah berjaya sampai India & Vietnam, jadi jangan takut, darah kemenangan ada di dalam urat nadi tiap anak bangsa..
Pada akhirnya kalo Malaysia sang Protektorat Inggris macam-macam, jangan segan memanggil kami untuk berperang, dan jangan segan2 untuk melawan Malaysia. Sudah terlalu lama dan sepertinya sudah cukup Malaysia menginjak injak martabat kita.

malingsia babi said...

malingsia hanya omong besar...kl berani serang aja TNI,LAWAN PENJAJAH aja g bisa...di kasih merdeka karena kasihan ga ada perjuangan apalagi mau lawan indonesia yg sudah banyak pengalaman perangnya,kl malingsai apa pegalaman nya.......????

Wayan Danu said...

lawan,,,,lawann

juhn said...

Indonesia sudah bukan saatnya lagi menargetkan negeri jiran sebagai prioritas untuk diungguli, sekarang saja Peringkat Perang Indonesia No 1 alias numero uno di south east asian, bahkan jauh di atas Australia. Saatnya kita sekarang untuk menargetkan mengalahkan China atau minimal tidak terlalu jauh dari kekuatan China, kalau bahasa jawanya menginthili China..So negeri Jiran "kelaut ajee kaleee" , although pastinya arsenal2 tsb pasti bukan untuk intervensi, karena saya yakin Indonesia negara LOVE ANd PEACE. hanya saja andaikata negara Malaysia macam2 perlu juga kita kasih jewer..NKRI HARGA MATI!!!!!!!!!!!!!!!

sutarman narmada said...

udahlah,,,pak presiden, bangun kekuatan militer indonesia dengan kekuatan terhebat di dunia,,kita sudah terlalu lelah dengan hinaan negara lain,,saya rakyat anda sangat mendukung hal itu, disamping itu perkuat dan bantu produk militer dalam negeri agar tidak tergantung pada negara lain..

Anonymous said...

Menurut Saya Kedepannya TNI jangan terlalu terbuka Masalah pembelian Alutistas supaya para negara usil tidak bisa analisa sepenuhnya kekuataan militer kita sehingga bila ada konfrontasi negara usil salah hitung dalam pertempuran dan membuat serangan kejut dengan alutistas yang di rahasiakan.

Anonymous said...

Tahun 2020, insyaAllah Kekuatan Militer RI akan masuk rangking 5 Besar Dunia.

fandi plc said...

hahahaha.. kalau pengadaan alutsisita secara besar besaran untuk jiran utara itu,..lol,. jiran ga ada apa2nya broo. kkkkkk... bikin sia2 aja... tpi kalau ingin bangkit n menjadi macan asia di belahan bumi selatan kayak jaman sukarno itu baru best>> aku dukung,, merdeka!!..

fandi plc said...
This comment has been removed by the author.
fandi plc said...

malaysia ga ada apa2nya broo!!.. wkwkwkwkwkkkk.. ga usah dilayani, cumat bacot doang.., aku lama pernah tinggal di sabah n semenanjung,. jadi karakter2 dia orang aku sdah tau semua., kasihan juga sih sama tetangga tersayang kita ni,. coba kalau bukan serumpun atau seagama!,. dari dulu kami invasi qm dari dalam.. serba salah deh.. beruntung sangat!.

Anonymous said...

idealnya indonesia punya pesawat tempur canggih sebanyak 500 buah. kapal perang 1000 buah. tank 500 buah karena dihitung luas cakupan teritorial Rep.Indonesia yg garis pantainya terluas di dunia maka pertahanan yg segitu mgkn baru minimal. nha gitu lho nalarnya hrs jalan. tapi kita acungin jempol buat belanja alutsista sekarang. Amien

hairus slamet said...

Simpan amarah pikirkan ke depan ,patut do renungkan rasa terima kasih buat australia and Malaysia ."salah prediksi:hancur nya economi sekutu ,mengeliatnya economi nkri secara alami di hamtam mega krupsi terheran 2 tetap gagah perkasa ."tentu kalau do tarik kebelakang sebelah ,meyesal tiada Tara ,ahir kata nkri belanja senjata kayak orang Gila di embargo malah hidup mandiri ! Dan berkaca ke belakang .sumber yata :word defence

Anonymous said...

semua butuh itung2an pak. kalo gajian aj kita itung2an, apalagi buat beli perlengkapan protect negara, harus diitung dengan benar. Sekali-kali puji TNI kita dong, yang penting ada perubahan dari pada nggak ada sama sekali.

Anonymous said...

Peningkatan kuantitas dan kualitas alutsista memang perlu sekali. Kita ingin TNI kita berjaya seperti tahun 60'an. Tapi jangan lupa justru yang harus diwaspadai itu adalah ancaman asing melalui dalam NKRI itu sendiri. Peristiwa G30S/PKI yang menjadi awal keruntuhan hegemoni TNI thn 60'an berangsur2 membuat TNI menjadi "ompong" th 70'an, diindikasi akibat ulah asing melalui PKI. Uni sovyet yg sangat kuat pun pecah menjadi beberapa negara akibat campur tangan "asing". Jangan sampai kita terpecah juga seperti itu.

Anonymous said...

dukung prabowo jadipresidennya biar kekuatan TNInya makin ajib :)

Anonymous said...

Sabar ya nak Pard....dikit demi sedikit lama2 jadi bukit. Qt bukan org kaya, jd kl pengen punya mainan banyak nabung dulu. Ibaratnya kalo jadi artis, tingkat RT dulu baru pelan2 asah kemampuan biar bisa go internasional, jgn langsung go internasional......nanti gak kuat derajad, gak kuat bakat dan lg gak kuat biaya stress ente......

Anonymous said...

betull... kita diam bukan berarti takut, kita mengalah bukan berarti kalah... kita memang sedang sakit, dan lagi ga demen main-main sama kucing... jadinya ya lemes dan males... biarin deh kucing mainan dan minta jatah macan, ga papa deh... tapi jangan bikin Macan jadi Bad mood, bisa hilang si kucing dari peta ASEAN..

Anonymous said...

yah siiip pak prabowo si manusia super nasionalisme sejati.... siap jadi presiden .. pengganti SBY... yuuk kita dukung....

Anonymous said...

besok2 milih presiden jangan yg kaya banci lagi, jgn juga yg mikirin bisnis, kapokkkk,, walaupun perang bukan jalan terbaik, tapi itu jalan terakhir buat bikin bungkam si anjing malaysia... ga bakalan mundur alat lo secanggih apaapun, masa gw kalah ama kakek gw,

Anonymous said...

kita sudh bangun dri lama mas malay... hanya saja kita telat untuk bekerjanya. tp itu lebih baik dr pada tidak sama sekali. seperti kalian yang tetap jd pion inggris... klo inggris mau jalan2 ke asia.. kalian lah yang di jadiin kacung A.K.A BUDAK terlebih dulu. hahhahaha

Anonymous said...

walau tua.. tp punya jiwa merdeka dan harga diri ...tidak seperti kalian yang tetap jd pion inggris... klo inggris mau jalan2 ke asia.. kalian lah yang di jadiin kacung A.K.A BUDAK terlebih dulu. hahhahaha

Anonymous said...

i like prabowo

Anonymous said...

mantaaap.... kita perkuat militer kita... supaya insiden ambalat dan lainnya tidak terulang,,,, kita hajar malon sialan keparat

M. A. HIDAYAT said...

Kita sebaiknya tidak usah pakai istilah serumpun. Istilah yg sangat menyesatkan. Istilah bodoh. Tapi hakekatnya : kita lebih dituntut wajib sebagai negara berdaulat penuh menjaga hubungan baik antar negara, saling menghormati, menghargai dan saling membantu BUKAN SALING MENGHINA, SALING MENYAKITI dan SALING CURIGA SERTA TIDAK SEGAN2 PERANG begitu sebaliknya negara lain punya kewajiban yang sama. Faktanya MAYORITAS negara2 didunia punya pikiran seperti itu..(kalau serumpun sih semua negara didunia satu rumpun dari Nabi Adam)..Tapi manusia wajib dituntut kedaulatan/ kemandirian dirinya untuk berbuat baik terhadap sesama sebagai PERINTAH ALLAH SWT. Sekarang realisasi dari Perintah ALLAH, MANA? MANA? ini substansinya!!! Jangan bodoh terjebah..istilah serumpun..tapi mukul tapi saling injak! ayo, bangun !! realisasikan perintah-NYA!!!

Anonymous said...

malingsia negara gk jelas, mau berpolitik disodomi, sepak bola pakek laser, ngaku srumpun nyolong, nantang perang cuman bacot doang, merdeka juga pemberian, paling2 kalo kepepet ngadu ama juragannya namanya juga budak...

Anonymous said...

si pak cik lupa, melawan gerilyawan sulu yang jumlahnya gak sampai 300 orang saja, tuh malaysia kerahkan 7 batalyon (7000 orang)lengkap dengan meriam ditambah tiga pesawat F-18 dan lima pesawat Hawk. itupun sebulan lebih gak selesai. padahal kalo TNI sich menghadapi 300 orang gerilyawan, cukup kirim 50 kopassus, tiga hari selesai..........tentara macam itu kok dibanggakan sama malaysia..

Anonymous said...

sya setuju,ganyanng malaysia...biar tahu,indonesia juga lebih bisa dari dia..

Anonymous said...

ajak pemerintah malaysia berperang dengan indonesia...berani?????? tak ada kontoll lo..cuma pandai cakap doang.malaysia anjingg

Anonymous said...

lu tanya pakcik lu...warga malaysia sebenarnya keturunan banci,merdeka diraih dari lobi,malonte.bukan berjuang seperti indonesia,,kalian orang banci lah malonte..malaysia negara anjing....

Anonymous said...

kalian orang malaysia,terutama pemerintah malaysia takut perang karna kalian orang,memang keturunan BANCI,paling gertak doang..perang NO way..BANCI TAK PANDAI PERANG<TAPI PANDAI CAKAP MALONTE.malaysia negara babi,perilaku banci

Anonymous said...

bila prabowo,tak jadi presiden,,,,,bersiaplah indonesia bakal setengah banci

Handy Ridwan said...

weleh sejak kapan ya India Menghina Indonesiaa perasaan , India dekat kok sama Indonesia

Anonymous said...

emang banci tuh Malingsial,,,
dari jaman dahulu ga ada sejarah hebat tentang Malingsia, bahkan gak ada buku sejarah yg menyebutkan tentang kerajaan Malingsia,,

Kami INDONESIA dari jaman dahulu udah ada dan banyak sejarah hebat yg kami miliki dengan bukti yg nyata seperti Candi2 dan Prasasti2, juga bisa di buktikan dengan kekayaan budhaya dan kuliner Indonesia dari Sabang-Merauke,, nenek moyang kami lebih memilih merdeka dengan berjuang, dengan perang, dengan berusaha dan berdoa,, agar INDONESIA merdeka dengan terhormat...

gak kaya loe Malingsia yg bisanya copy paste, bisanya nyuri,,
gak ada yg bisa di banggakan dari Malingsia subuah negara yg berdiri dengan belas kasihan tanpa perjuangan dan hidup di bawah ketiak Inggris..

pak hengky said...

JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL 7X PUTARAN BARTURUT TURUT JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI DARWO DI NMR (_0_8_5_3_2_5_2_9_1_9_9_9_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA, SK ROO, MX SOBAT





JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL 7X PUTARAN BARTURUT TURUT JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI DARWO DI NMR (_0_8_5_3_2_5_2_9_1_9_9_9_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA, SK ROO, MX SOBAT

maruhum simanungkalit said...

trimakasih malaysia karena anda kami akan kuat, tapi kalo macam2 namamu tinggal sejarah, dari peta dunia.

thomas matulesy ambon said...

kami akan berangkat perang sekarang kalau negara panggi lkita!!!

Anonymous said...

INDONESIA MINIMAL PUNYA 20 SKUADRON SUKHOI, 5 SEKADRON F16 +F5, 4 SEKADRON YAK 130, 5 SEKADRON HERCULES, 5 SEKADRON CN 295, 4 SEKADRON SUPER TUKANO, 4 SEKADRON HAWK 100/200, +10 SEKADRON HELI DAN LAIN2. ( UNTUK LAUT) 50 FREGAT, 50 KORVET, 5 DESTROYER, 200 KCR DAN 150 PC. (DARAT; 300 MBT, 400 BMT/3F, 1000 PANSER ANOA, 200 MLRS BERBAGAI JENIS, ++10.000 RUDAL JARAK JAUH DAN SEDANG BERBAGAI JENIS. INI BARU NKRI

Anonymous said...

AYO DUKUNG PRABOWO..........

Anonymous said...

MENGHINA MALINGSIA PALING GAMPANG KARENA MEMANG NEGARA MALING DAN HINA, MENGOLOK OLOK MALINGSIA PALING GAMPANG KARENA MALINGSIA NDAK PUNYA BUDAYA DAN NDAK PUNYA SEJARAH YG JELAS.... YG PALING MENJIJIK KAN ADALAH PENJILAT PANTAT ELISABET.

Anonymous said...

BEGO NI ORANG, NGACO. NEGARA HINA TAPI SUKA MENGHINA YA CUMA MALINGSIA, GEDIBAL BRITISH

Anonymous said...

MAKANYA AYO DUKUNG PRABOWO BIAR TNI MAKIN MANTAAAAAAAF

Anonymous said...

MALINGSIA PALING HINA DI ASIA BAHKAN DI DUNIA

Anonymous said...

KITA SEMUA SUDAH TAHU BAHKAN MASYARAKAT DUNIA PUN SUDAH TAU KALAU MALINGSIA ITU BANGSA YG NDAK PUNYA HARGA DIRI DAN LEMAH, TAPI KITA SBG BANGSA INDONESIA HARUS BERHATI HATI SEBAB MALINGSIA MERUPAKAN SARANG ILUMINATI YAHUDI DI ASIA, LIHAT SAJA KARAKTER NYA AROGAN. MALINGSIA SBG NEGARA ISLAM CUMA LUAR NYA SAJA TAPI HATI NYA JAUH DARI BUDAYA ISLAMI

listyo pramono said...

senjata terkuat NKRI adalah persatuan dan kesatuan seluruh rakyat indonesia.kami tidak gentar terhadap senjata apapun."kamu" letuskan satu rudalmu, kami letuskan satu juta semangat membara rakyat indonesia......dari dulu sampai sekarang kami adl bangsa yang mandiri.itulah kewibawaan kami....

Anonymous said...

Itu alutsista tni ad yang heli tempur yang 96 punya siapa

chaerul fahmi said...

saaaanngggaaaaaatttt.... SETUJU...!!!
Indonesia sdh cukup bersabar, kini saatnya tunjukkan pada dunia HARGA DIRI dan KEDAULATAN BANGSA...!!!
kita adalah bangsa yang besar dan kita adalah bangsa yang nasionalis... Kita punya potensi kita punya kebersamaan yang membuat kita KUAT dan DISEGANI...

Anonymous said...

Anonymous said...

si pak cik lupa, melawan gerilyawan sulu yang jumlahnya gak sampai 300 orang saja, tuh malaysia kerahkan 7 batalyon (7000 orang)lengkap dengan meriam ditambah tiga pesawat F-18 dan lima pesawat Hawk. itupun sebulan lebih gak selesai. padahal kalo TNI sich menghadapi 300 orang gerilyawan, cukup kirim 50 kopassus, tiga hari selesai..........tentara macam itu kok dibanggakan sama malaysia..
September 12, 2013 at 11:45 AM
Subhanallah!! sampeyan betul mas,,,stuju... tau ndiri kan?korsa nya TNI-- bajingan aja dihajar pke peluru di LP (sayang KSAD nya malah seakan akan membela para Bajingan itu) --pdhl kalau mau negakkin HAM jgn jadi Tentara jadi aktifis yg nyadong uang asing aja hahaha uups,.. intinya Bravo NKRI bravo TNI!!! lanjutkan perjuangan Panglima Besar Mujahid Jendral Soedirman!!!

Requi said...

sebuah angka yang fantastik yang mampu membangunkan rasa percaya diri bagi seluruh anak bangsa yang cinta NKRI. Pemerintah oke, DPR juga, apalagi kalau rakyat ditanya dijamin pasti setuju banget.
kata orng suroboyo : " yo iyo cok, ancokk mosok perang karo malon nggowo CLURIT, yo gak lucu" wkkkww :D

Bintang Angkasa said...

ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA - MELANJUTKAN KULIAH - KENAIKAN JABATAN ?!?!
KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN :

- SMU:4.000.000
- D3 :6.000.000
- S1 :8.000.000

* AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI,BUMN, SWASTA).

JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.
KIRIM KE : 085736927001.ku@gmail.com
HUB : +6285736927001

(HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.




www.pembuatanijazah.blogspot.com