Thursday, January 13, 2011

Mengukur Nyali Malaysia

Pasukan Marinir embarkasi menuju Ambalat
Belum pernah dalam sejarah perjiranan selama  lebih 4 dekade dilontarkan pernyataan bernada provokatif dari seorang Menlu Malaysia agar pemerintah Indonesia segera menghentikan aksi-aksi demo warga negaranya sebab kalau tidak kesabaran rakyat Malaysia ada batasnya, Wow, apa pasal ni Pak Cik, bukankah sebab musababnya perkara ini adalah penangkapan 3 orang petugas KKP Indonesia oleh Polis Marine Malaysia di perairan Indonesia.  Lalu akibatnya ada demo ikhwan nasionalis di Kedubes pakai lempar kotoran manusia.  Akibat perkara dimegaphonekan di media Malaysia, sementara sebab perkara tak tampak di depan mata walau sebesar gajah.

Bukankah ini arogansi dari sebuah etika bertetangga, bukankah ini statemen keangkuhan dari sebuah negeri yang sudah merasa lebih makmur, atau memang sengaja dikumandangkan sebagai bagian dari uji nyali kepada tetangganya yang sepuluh kali lebih besar dari dirinya.  Kalau dibandingkan dengan cara bertetangga dari seluruh warga dunia, mungkin hanya pertetanggaan rakyat Indonesia dan Malaysia yang paling heboh hiruk pikuknya.  Inggris dan Perancis walau ada gengsi sejarah, tidak juga seriak dengan dua bangsa serumpun ini.

Membandingkan dinamika Indonesia dan Malaysia bisa juga ditarik dengan melihat pola hubungan India – Pakistan yang posisi jumlah penduduknya 10 :1.  Sama-sama dimerdekakan Inggris lalu berpisah karena perbedaan agama, sepanjang sejarahnya mereka telah berperang sebanyak 2 kali.  Yang terakhir mengakibatkan Pakistan Timur menjadi Bangladesh tahun 1971.  Sepanjang persaingan itu keduanya melakukan lomba persenjataan dan akhirnya sama-sama punya senjata nuklir.  Dalam dinamika itu Pakistan terlihat lebih agressif, lebih cerewet dan banyak melakukan manuver gertak sambal.  Terakhir ketika ada penembakan oleh teroris di Bombay hampir saja terjadi perang antara kedua bangsa, namun India mampu meredam emosinya dengan menahan diri dan mengelus dada.

Nyali Malaysia agak mirip dengan agresivitas Pakistan, biasalah yang lebih kecil biasanya lebih banyak sundulannya agar kelihatan lebih jago.  India cenderung lebih kalem  namun secara diam-diam memperkuat militernya menjadi seperti yang sekarang ini.  

Malaysia merasa dia lebih kuat militernya dibanding Indonesia hanya karena arsenalnya lebih modern, tapi dia lupa  spirit tempur bukan ditentukan oleh kelengkapan senjata.  Ingat sejarah terusirnya AS di Vietnam atau Rusia dan Afghanistan, apa yang kurang dari dua negara besar ini, senjatanya luar biasa dan modern tapi kalah juga.  Jangan lupa Angkatan Udara tidak dapat memenangkan pertempuran, ibu dari segala perang adalah Angkatan Darat.

Seandainya Leadership kita tegas dan tanggap dalam menjawab dinamika perkembangan yang terjadi dengan Malaysia, kita yakin nyali Malaysia tak sampai memberi kesan kita pecundang dia pemenang.  Tegas bukan berarti ngajak perang tapi kekuatannya terletak pada kegagahan diplomasi.  Bisa saja diucapkan statemen seperti ini: “Dinamika bertetangga adalah mengawal hubungan atas dasar kepentingan bersama.  Manakala pola ini dicederai dengan statemen provokatif, maka Indonesia akan lebih memperhatikan harga dirinya sebagai bangsa.  Kami juga tidak segan-segan untuk menarik seluruh TKI yang ada di Malaysia atau melakukan travel warning bagi warga kami yang akan bepergian ke Malaysia.  Kami memang masih kalah makmur dengan Malaysia, kami sudah terbiasa hidup susah, namun harga diri dan rasa nasionalis bangsa kami sudah terbukti dalam sejarah perjalanan bangsa ini.  Oleh sebab itu jangan coba-coba memprovokasi bangsa dan rakyat kami karena tindakan balasan kami  akan memberi rasa kejut yang tak terduga”.

Seandainya statemen itu yang digemakan di Mabes TNI, kita sangat yakin nyali Malaysia akan ciut dan tidak lagi melontarkan statemen bernada ancaman.  Argumennya sederhana, Negara baru makmur atau orang kaya baru biasanya banyak polah, banyak tingkah dan pamer diri untuk sebuah pengakuan, namun ruang nyalinya rapuh karena takut ini dan takut itu.
*****
Jagvane

88 comments:

Anonymous said...

quote : "Jangan lupa Angkatan Udara tidak dapat memenangkan pertempuran, ibu dari segala perang adalah Angkatan Darat"

Ingat juga mas, klo bom atom (hiroshima, nagasaki)yg menghentikan perang pasifik dilepaskan dari pesawat udara..

TNI AL said...

Wes ojo ribut...kabeh bener, aku iki bapae tentara...ayo ojo tukaran!

yandi said...

Ingat juga mas, klo bom atom (hiroshima, nagasaki)yg menghentikan perang pasifik dilepaskan dari pesawat udara..

Ingat jga mas, bom seperti itu tidak boleh digunakan lagi, selama masih ada PBB, karena ada perundang undangan nya, nuklir juga.

TNI Jaya said...

Ingat juga mas, klo bom atom (hiroshima, nagasaki)yg menghentikan perang pasifik dilepaskan dari pesawat udara..

ingat mas, pangkalan udara itu letaknya di darat g di udara

Anonymous said...

ok, selepas itu kita lari pakai teksi seperti di lubnan ya.. harga amati dengan bendera putih.. ahhahahahaha

Anonymous said...

Ingat juga mas.... kita harus terus melengkapi kekuatan kita... Tidak usah keluarkan statetmen kaya gittul.... Biarkan Malaysia berkoar...kita menjawabnya dg memperkuat pertahanan kita... Salut buat Menhan yng langkahnya sudah menunjukkan hasil...banyak arsenal tni sdh dipegang...sukhoi sudah dipersenjatai...dan sudah ditandatangani pembelian 6 sukhoi baru lengkap dengan persenjataannya beberapa waktu lalu dalam pameran di malaysia...

Anonymous said...

Ingat juga mas-mas semua Ego Matra yg hampir menghancurkan negara kepulauan terbesar didunia !!

my arts said...

ya aku setuju sekali dengan gagasan itu... aku mendukung TNI dan hak dan harga diri seluruh warga negara Indonesia..... karena aku benci Malingsial.....................

Anonymous said...

sayang nya pemimpin saat ini tidak memiliki karisma pemberani dan lantang seperti Soekarno . walaupun itu Saya bangga menjadi warga INDONESIA, kita tinggal menunggu saja kebangkitan Macan Asia yg masih tertidur ini.

Anonymous said...

ada senjata yang bisa digunakan untuk mengalahkan negara kuat ataupun sok kuat !! yaiitu dengan membina kerjasama dengan teroris dinegara yang ingin kita hancurkan !! dengan membiayai mereka !!!

Anonymous said...

waduh gimane mau lawan musuh di luar, begini aja dah gk bs saling mengharga pendpt laen

juta juta said...

bangsa indon tak habis2 crta pasal perang,bunuh org.....emang otak indon macam otak lembu.patut la negara indon tak maju2.

Anonymous said...

juta juta:

bangsa indon tak habis2 crta pasal perang,bunuh org.....emang otak indon macam otak lembu.patut la negara indon tak maju2.

pantat kau yang maju.... kemajuan kau cm rampas wilayah orang dan mengaku kebudayaan orang saja.... taek kau malay...

VATP70 said...

jayalah tni ku majulah negriku

Anonymous said...

Otak kau ga maju2,,negara tukang maling,,berapa pulau yg sudah di ambil sama malay,,masih kurang,,,BATIK mau di ambil,,,REOG mau di ambil,,,ckckckc ga ada seni NEGARA MALAY, lagu KEBANGSAAN PUN COPY PASTE SALAH SATU LAGU INDONESIA...PENDUDUK ASLI MALAY ITU BANYAK OTAK LEMBU,,,DUNGU,,,STUPID,,,,

Anonymous said...

hei MALAY, gag ada inggris gag hidup kau di bumi ini...

Anonymous said...

Tarik TKI. Dan perekonomian Malaysia Hancur!!

Anonymous said...

ancok koen.. malaysia maling

Anonymous said...

Ingat juga yang mengusir AS dari Vietnam dan Sovyet dari Afghanistan,..adalah angkatan darat.

didit said...

malaysia sih enteng gak ada apa2nya dibandingkan kekuatan alutsista indonesia

Anonymous said...

malay tu ketakutan... ada tuh lagunya....
liriknya berbunyi begini...

"tak melayu hilang dibumi...."

Anonymous said...

INDONESIA tak layak dibandingkan dengan malaysia..malaysia terlalu kecil buat INDONESIA..

JinLaut said...

ingat juga kita dah merdeka.... darat laut udara sama saja... asal tetap NKRI...

Anonymous said...

jangankan malingsia inggrispun mikir 4x jiKA PERANG DENGAN INDONESIA

Anonymous said...

jangankan malaysia...inggeris pun mikir 4x mahu PERANG DENGAN INDONESIA... kerana INDONESIA lebihnya hanyalah cakap besar.... dia lah paling hebat katanya... yang jelas tidak lah sehebat mana seperti yang di perkatakan dalam YOUTUBE.com :) hehehe....

Anonymous said...

jadi bom atom itu masuk mana? udara, darat atau laut om mas pak bro?

Anonymous said...

Yang menjatuhkan Bom Atom itu adalah Penerbang dari US Army atau Angkatan Darat Amerika..Angkatan Udara Amerika baru berdiri 18 September 1947..Jepang menyerah karena Kaisarnya yang menyatakan menyerah, kalo pasukan Jepangnya sendiri masih ingin perang.

Anonymous said...

malingsial impoten gak bisa berdiri

Anonymous said...

malay hidup dari anus Inggris. jdi klo ngomong jg mirip kotoran'y!!

Anonymous said...

hai malingsial sukanya curi punya orang, daripada otak lu otak udang haaahaaahaaa

Anonymous said...

malingsial pasukannya lucu2 he2....bandingkan dengan tni gagah, dan pantas dikatakan sebagai seorang tentara serta profesional, coba lihat di ajang kejuaraan militer asean atau pun dunia? mana yang namanya malingsial pernah menang, boro2 menang lawan tni haaaaaaaaaaaaa.....!!!!!!

Anonymous said...

malaysia iku ancen mbahne ancok....

Anonymous said...

Kita tinggal tunggu satu letusan peluru dari MALOn. Satu peluru ATM, akan dibrondong ratusan ribu peluru TNI. Satu pulau diambil MALOn, seluruh pulau-nya kita rampas.
Tanya: Berapa jumlah tentara RI?
Jawab: Seluruh rakyat Indonesia yg masih bisa bernafas, trmasuk presiden RI. Semua siap tempur, lawan jiran manapun.
NKRI HARGA MATI.

Anonymous said...

udh basi bro kalau ngomong TNI AD sebagai ibu dari segala perang untuk saat ini. perans sekarang itu bukan perang adu fisik tapi adu teknologi militer
kalau anda masih memikirkan bahwa TNI AD mampu menyelesaikannya, itu merupakah statement yang salah
yang perlu diperhatikan saat ini ialah AU dan AL, terutama AL karena negara kita negara mritim jadi perlu penambahan anggaran dan teknilogi yang memadai
terimakasih

Anonymous said...

perang darat, udara ,laut sama saja....yang penting semangat tempurnya tinggi, inget dulu vietnam melakukan gerilya dengan taktik kuno, silent, biarkan musuh berkoar koar lalu kita sergap....tahukan kalian vietnam logistik tempurnya di angkut sama sepeda onthel....tp mereka bersatu padu...bayangkan amerika, peralatan nya diangkut sama pesawat besar,....tidak ada yg bisa mengalahkan keteguhan hati bangsa vietnam.....

Anonymous said...

Saya setuju dengan anda . . .
HIDUP TNI, NKRI HARGA MATI . .

Anonymous said...

loh mas, bukannya sipadan ligitan udah diambil sama malaysia? trus apa yang kita lakukan? kayaknya ga bisa apa2x tuh.

Anonymous said...

gimana klo kita membentuk tentara supranatural indonesia ,biar disantet semua kalo ada yg menyerang indonesia ,setuju....?

demas said...

setuju, malaysial gak sebesar sekarag kalau gak dulu belajar dari indonesia tapi sekarang malah jadi maling dinegara gurunya. dasar gak tahu malu.

Anonymous said...

adu teknologi militer tu hanya tambahan boz tp yang terpenting tu manusianya dulu. jangan pek kyk tentara AS waktu di Irak yg menangis ketakutan pingin pulang jarene.
klo manusianya dah sip trs ditambah teknologi yg maju, pasti malaysial sialan tu uda gemeteran meskipun hanya dengar nama INDONESIA aj.

Anonymous said...

negara pondan ajja berlagu .... ATM (Angkatan Tentera Maling) ..
xixixixixixi

Anonymous said...

tentaranya ATM tukang pengsan di Lebanon dan suka maling tentera UNIFIL lain, bendera pun dibakar di kira bendera USA, nasib2 sombong banget nih malingsia ....

Anonymous said...

whatever.. perang adalah tentang semangat... ingat masbrow bambu runcing bonek lawan tank holigan inggris

Sada Gori said...

sipadan ligitan itu bukan perang militer tapi diplomasi. dan kita saat itu memang dalam keadaan lemah. itu pelajaran sangat berharga bahwa bangsa sebelah hanya berani ketika lengah dan musuh dalam selimut yang sesungguhnya

Sada Gori said...

malingshit sesungguhnya banyak mengahadapi persoalan internal. permusuhan antar partai, permusuhan (dalam selimut) antar etnis, ekonomi yang terus stagnan.

tunggu nasb mereka setelah PRU 13

Gheg ghel said...

saya sangat setuju dengan komen anda ...Untuk para analisis atau bloger indonesia jangan lah kalian terus dan terus membandingkan indo sama malay karena apa....?
1.malaysia akan semakin merasa diri nya di takuti
2.sangat tidak pantas karena memang malaysia tidak bisa jadi ukuran perbandingan negara manapun.Dari segi apapun ..????
3.kalau kita mengambil acuan ke negara tetangga sebagai perbandingan maka amatlah rendah prestasi yang akan kita inginkan
4.Akan kelihatan bahwa kita memang terlalu rendah di pandangan DUNIA karena negara yang kita jadikan sebagai tolak ukur adalah negara yang tidak punya konsep sama sekali.....
JADI STOP DEMI KEOPTIMISAN RAKYAT NKRI
UNTUK MENJADIKAN NEGARA 2 TETANGGA SEBAGAI UKURAN KALAU KITA MEMANG MAU MAJU DAN BERPRESTASI DI HADAPAN DUNIA INTERNATIONAL...
untuk ADMIN artikel yang anda suguh kan memang sangat membantu meningkatkan rasa nasionalisme tapi kurang dari segi perbandingan .............????

Anonymous said...

Memang begitulah seharusnya tingkah pola seoarang kk thd adiknya yg bandel..

Kalem, santun namun tetap harus berwibawa,,,biarkan malaysia trs menyundul kita...hadapi dgn dingin dan tunjukkan bahwa kita kk besar yg berwibawa

Perkuat TNI Laut Darat dan Udara,,Percepat Pembangunan Ekonomi,,Bantai Koruptor dan Para petualang Politik..

Jayalah TNI,,Trims Pak SBY (Presiden ku)

Anonymous said...

rudal buatan cina lebih berbahaya dari rudal buatan amerika, soalnya mau nembak australia jatuhnya di indonesia

funny said...

piss bro..
Betta Fighter Community

Mahathirsyah Enros said...

Tapi kalau seperti bomb hiroshima itu, itu adalah genosida dan jika presiden saat itu masih hidup sampai sekarang, harusnya dia dikenakan hukuman berat karena memakai alat pembunuh masal!

sugianto harisantoso said...

Tenang mas. Raja TKI akan muncul di malay, membebaskan malay yg masih dlm jajahan inggris dan Raja TKI memerintahkan para intelejen utk menyusup ke negeri jiran. Slamat rakyat jiran akan segera merdeka. Merdeka....

Anonymous said...

AKU MERINDUKAN SOSOK PAK KARNO,..........bangsa indonesia harus berdiri di atas kaki sendiri. NKRI

Anonymous said...

SETUJUuuuuu................

Anonymous said...

MALAYSIA ITU KECIL JADI BUKAN LAWAN KITA, ORA USAH DI PIKIR, ....

kak cao said...

di tanah kita kaya di laut kita jaya...
(BUNG KARNO)

Anonymous said...

apresidenya ndak berani sih

Anonymous said...

TAPI ISRAEL KARO PALESTINA MENGGUNAKAN BOM YG DI LARANG PBB.....HAYOOO. NGERTI PO ORA

Anonymous said...

JANGAN MEMBENCI MALAYSIA, BENCILAH SAMA HAM YG DI BUAT SEMBUNYI PENGKHIANAT NEGARA. AYO DPR BUAT UU HUKUM MATI UNTUK SEPARATIS, TENTUNYA UTK KORUPTOR JUGA

Anonymous said...

INDON KATA2 BAGUS IND & ON, BERARTI ON FIRE UNTUK INDONESIA, DARI PADA MALINGSIA, MALING & SIAL AAAH....JAUH ......

Anonymous said...

KITA SEBAGAI BANGSA INDONESIA KALAU CARI PERBANDINGAN MBOK YA JANGAN NGAWUR, MALAYSIA BUKAN LEVEL KITA DARI SEGI APA SAJA, MALAYSIA TERLALU RENDAH. RENDAH MARTABATNYA, RENDAH BUDAYANYA, RENDAH SDM NYA...................................

Anonymous said...

SIPADAN DAN LIGITAN JADIKAN SIMBOL KETIDAK ADILAN PBB SAJA, JADI KITA KALAH TAPI KALAH YG TERHORMAT

Anonymous said...

saya harap nasionalisme saudara yang di tunjukkan disini, bukannlah sekedar kata2 . karena pada dasarnya , perang itu tidak semudah yang saudara pikirkan.

tunjukkan nasionalisme saudara dengan membangun negeri ini dr dalam terlebih dahulu, sehingga kita bisa lebih makmur dan kuat. sehingga apapun yang mengganggu dri luar . kita bisa mengatasinya.

Anonymous said...

orang goblok mau aja dogoblokin ama kerajaannya yang nyebar berita ga bener..

Anonymous said...

tahun 1970 indonesia mengirim guru2 terbaik ke malaysia n menerima murid dr malaysia untuk mengajari kalian. jadi INGAT BUAPAKMU iku sing ngajari sopo mbuttt.....
mayak sekarang, bilang Indonesia itu bodoh

Putra Kal-Tim said...

Memangnya malay punya bom atom kok kayaknya ada yang takut dengan pesawat malay, padahl kurang lebih aja banyaknya dengan peswat indonesia, segede apapun nyali malay tidak akan pernah bisa menang melawan indonesia, indonesia buka negara kecil kayak malay yang punya wilayah cuman secuil, di gempur dikit kiamat, udahlah jangan terpropokasi dengan malay.... sekarang malay lg gelisah melihat pembangunan kekuatan indonesia, mungkin menhan malay gag bisa bobo tuch ckckkckkck

Anonymous said...

malonte ...

Anonymous said...

bahasanya ga jelas

M. A. HIDAYAT said...

Kita sebaiknya tidak usah pakai istilah serumpun. Istilah yg sangat menyesatkan. Istilah bodoh. Tapi hakekatnya : kita lebih dituntut wajib sebagai negara berdaulat penuh menjaga hubungan baik antar negara, saling menghormati, menghargai dan saling membantu BUKAN SALING MENGHINA, SALING MENYAKITI dan SALING CURIGA SERTA TIDAK SEGAN2 PERANG begitu sebaliknya negara lain punya kewajiban yang sama. Faktanya MAYORITAS negara2 didunia punya pikiran seperti itu..(kalau serumpun sih semua negara didunia satu rumpun dari Nabi Adam)..Tapi manusia wajib dituntut kedaulatan/ kemandirian dirinya untuk berbuat baik terhadap sesama sebagai PERINTAH ALLAH SWT. Sekarang realisasi dari Perintah ALLAH, MANA? MANA? ini substansinya!!! Jangan bodoh terjebah..istilah serumpun..tapi mukul tapi saling injak! ayo, bangun !! realisasikan perintah-NYA!!!

joy dut said...

malonte = malay lonte, malingsia = malay negara maling, malaysial = malay sialan, malayshit = malay mbokne uaancoooook

panjaitaN Tan said...

ada benarnya biarkan saja malaysia tenggelam dengan kesombongannya.sementara diam2 indonesia persiapkan diri dan perkuatkan alutsista.pelecehan malaysia tak perlu di jawab dengan omongan ,jawablah dengan kekuatan militer yg tangguh.kalau boleh secara diam2 teiliti semua peralatan perang malaysia.lalu tandingi dengan peralatan yg seimbang.
\

panjaitaN Tan said...

asal jangan terbalik situasinya ya.?? hehe malah di negara kita yg banyak teroris..sebabnya'dalam negara kita masih terlalu banyak generasi koruptor ala moderen...ngangkat coper aja di bandara minta duit,nunjuk jalan minta duit.jangan2 anda juga bagian dari koruptor tahab kecil2an...ingat2lah sendiri...hehe negara lambat maju akibat banyaknya koruptor yg se akan bebas makan uang negara dan rakyat.di kampung mau bikin KTP aja minta uang KOPI...GILA

adi nugroho said...

setahu saya negara malaysia sejak dulu hingga detik ini tidak pernah lebih kuat tentara dan alutsistanya. karena mereka gak perlu itu. mereka kan negara persemakmuran. yang penting siap duit aja buat bayar tentara inggris raya. makanya negara malaysia mendoktrin rakyatnya untuk jadi maling. biar cepat dapat duit dan disimpan buat jaga-jaga kalau yang kemalingan marah.


www.nusapalapa.com

Tempatnya Juragan Kumpul

freddy ajah said...

"Jangan lupa Angkatan Udara tidak dapat memenangkan pertempuran, ibu dari segala perang adalah Angkatan Darat"
kynya mesti di ralat, negara mau menang/kalah itu tergantung AL dan AU,kita liat AS,Cina,Rusia yg di perkuat AL, AD cm pendukung, pola perang uda berubah pd jaman PD2 mmg AD berperan penting karena fator wilayah eropa yg dominasi darat, tp kl sekarang gn kynya mesti di amati lbh baik lg deh

agus setiawan said...

Kalo kita mau berkaca........... NKRI adalah negara full resources, namun karena salah langkah strategis dalam hal ekonomi, menjadikan kita negara pengekspor "pembantu" terbesar...

Saya yakin kalo, ekonomi kita "kuat" jangankan si MalingSia.... amerika n sekutunyapun akan mikir berkali kali.... bayangkan, berapa negara yg sdh diperkaya oleh NKRI >> baik dengan sda maupun sdm nya....

begitu juga dengan Tentara Maling sia.... siapa yang nglatih tentara mereka, kalo bukan mbah mbah kita dulu....

Saya sangat berharap.... di 2014 ini>>> muncul satu tokoh yang layak disegani oleh siapapun dan mampu menjaga keutuhan NKRI tercinta......

Unknown said...

Ha Ha postinganya pantas jadi provokator nih...jadi rame tapi asyik.
Tapi bener juga ya Mas..kita tuh terlalu ga tegaan sama tetangga yang songong...kebetulan Malaysia ga punya nuklir jadi pas aja gertakannya

Anonymous said...

Hahaha melayu bangsa PEMALAS dimalas ya ada istilah "tak eksyen bukan melayu" mlawan tentara sulu aja ga brani saling berhadapan masa iya melawan tentara sulu pke pesawat tempur hahaha dasar melayu penakut.

septic tank biotech said...

sukses selalu buat tni

deni said...

mantap nich militer indonesia

goni said...

wow,,,, luar biasa tni

budi said...

hajar blehhh

Anonymous said...

udh basi bro kalau ngomong TNI AD sebagai ibu dari segala perang untuk saat ini. perans sekarang itu bukan perang adu fisik tapi adu teknologi militer
kalau anda masih memikirkan bahwa TNI AD mampu menyelesaikannya, itu merupakah statement yang salah
yang perlu diperhatikan saat ini ialah AU dan AL, terutama AL karena negara kita negara mritim jadi perlu penambahan anggaran dan teknilogi yang memadai
terimakasih
June 12, 2012 at 10:16 PM

Dafuq level Dajjal koe ndezz,,, ojo sok ngerti koen nek ra ngerti... dikira dadi TNI-AD kui gampang po SU?? ngece TNI_AD ngece bapakku jg,,, koe anak Teknokrat po??? dafuq tnan,,, rumangsamu perang ki mung arep gowo teknologi tok??? perang Game wae kono gaweanmu mung maca internet n ngegame paling,, mbacot asall... kowe paling yen ana penjajah mung dadi antek Penjajah su!!! gayamu teknologi digawa-gwa,,

Anonymous said...

Anonymous said...

rudal buatan cina lebih berbahaya dari rudal buatan amerika, soalnya mau nembak australia jatuhnya di indonesia

November 9, 2012 at 7:36 PM
dafuq,,, melu stand up comedy ae bozz,, lucu awakmu hahhaah

Anonymous said...

Mau perang aja indon ni.otak macam lembu.lembu pun tak nak kongsi dia punya otak sama indon.ingatlah tuhan banyak banyak wahai indon goblok

Anonymous said...

Jawa merasa kembang jadi tuan indon.bangsa lain di indon tak suka kamu pun jawa.maling kejam zalim sama pulau lain.wilayah kamu hanya pulau jawa ajaa ngerti

Anonymous said...

Jangan mau dicerai berai oleh rumor jawa atas Indonesia.Kita adalah satu.Satu nusa,satu bangsa,satu bahasa.Jadi mari kita galakkan persatuan sesuai dengan ajaran pancasila,ideologi negara kita

Anonymous said...

Jawa adalah penjajah...mewarisi cengkaman dari belanda ke atas non jawa..non jawa bisa lebih maju tanpa jawa..jawa menjarah sda utk kemakmuran jawa...VIVA non jawa!!

Anonymous said...

Inilah masanya utk non jawa membrbaskan diri...non jawa vs jawa..siapa menang??

Jasa Pembuatan Ijazah Asli said...

ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA / MELANJUTKAN KULIAH / KENAIKAN JABATAN ?!?!
KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN.
-SMU:4.000.000
-D3:6.000.000
-S1:8.000.000
* AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).
JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.
SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE: 085736927001.ku@gmail.com
BERMINAT?
HUB: +6285736927001.
(HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)
Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya. www.pembuatanijazah.blogspot.com www.jasapembuatanijazahpalsu.blogspot.com