Monday, January 27, 2014

Australia, Mengapa Harus Panik Dan Berkeringat



Kepanikan PM Australia dengan pergerakan angkatan laut dan udara Indonesia di depan Darwin sangat terlihat ketika dia dalam sebuah wawancara dengan Independent Australia mengatakan akan memanggil pulang seluruh kapal perang yang sedang bertugas di luar negeri dan menunjuk seorang menteri urusan pertempuran.  Dalam ruang pandang diplomatik ini merupakan langkah overdosis yang justru akan mentertawakan kualitas kepemimpinan Abbott yang selalu umbar pernyataan emosional dan kepanikan.  Kenyataan memang begitu, uji cerdas cermat dan intelektual kepemimpinan dari unsur partai Liberal kalah kualitas jika ditandingkan dari unsur partai Buruh.  Karena mata pelajaran yang tak diajarkan kepada Tony Abbott selama kuliah di kampus partai Liberal adalah mata pelajaran kesantunan dan budi pekerti.

PM Australia ini mesti berhati-hati dengan model arogansi pertetanggaannya.  Jika buruknya hubungan ini tidak dikelola dengan hati nurani dan kualitas intelektual kepemimpinan maka kerugian lebih besar akan ditanggung negeri itu.  Kerugian paling fatal dari semua akibat gaya kepemimpinan yang sok jagoan itu adalah dibukanya kartu truf diplomatik yang selama ini disimpan di lemari pendingin Kemenlu.  Yaitu merapatnya Indonesia ke Cina dan Rusia. Jika ini terjadi maka sesungguhnya negeri aborigin itu sudah terisolasi dari mata rantai utama Asia Pasifik, dan benarlah  kata Gus Dur waktu itu, Australia menjadi negeri usus buntu.
Sebaran sejumlah KRI
Perhitungan visioner Indonesia ini harus bisa dianalisis dengan cermat oleh Australia kalau tak mau terjadi sebuah kisah perjiranan yang patah arang, sesal kemudian tak berguna. Kedekatan hubungan diplomatik dan militer Indonesia dengan Cina tak terbantahkan saat ini. Paman Panda sedang mendirikan sekolah rudal di Indonesia, sesuatu yang jarang terjadi di dunia karena negara pemilik teknologi rudal sangat pelit ilmu. Jika transfer teknologi rudal C 705 ini di wisuda, maka mulai tahun 2017 Indonesia akan mampu memproduksi peluru kendali anti kapal yang bisa dikembangkan menjadi peluru kendali varian lain yang lebih gahar. 

Demikian juga dengan Rusia.  Masih ingat ketika KTT APEC di Bali Oktober 2013, Presiden SBY bermain gitar dan menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk Vladimir Putin. Lalu keduanya berpelukan hangat sementara Abbott salah tingkah, padahal pemimpin APEC yang lain bertepuk tangan hangat.  Bukankah ini sinyal kedekatan RI-Rusia.  Buktinya ada tawaran 10 kapal selam herder dari Rusia dan rencana beli Sukhoi SU35 serta persenjataan maut lainnya.  Penting juga diketahui bahwa Cina dan Rusia akan mengikuti latihan gabungan angkatan laut 17 negara bertajuk Latgab Komodo April mendatang di Natuna.  Sementara Australia mengundurkan diri, sebuah sikap serba salah. Kalau diikuti malu hati karena hubungan militer dengan RI sedang dingin.  Kalau tidak diikuti kok merasa terkucil padahal latihan itu ada di medan konflik yang harus diikuti percaturannya, Laut Cina Selatan.

2 KRI jenis fregat siaga di pangkalan aju
Jika Indonesia merapat ke Cina maka konflik teritori di Laut Cina Selatan secara psywar telah dimenangkan negeri semilyar ummat itu.  Dengan Cina memeluk Indonesia sebagai pemilik teritori bumper untuk Australia maka bisa dipastikan negeri selatan itu akan klimpungan sendiri, meski di belakangnya ada AS.  Belum lagi dengan kekuatan ekonomi Cina yang akan mengambil alih posisi kepemimpinan liga kekuatan ekonomi dari AS pada tahun 2018 dan akan terus memimpin tanpa bisa dikejar lagi oleh AS.  Sementara pada saat itu kekuatan ekonomi Indonesia yang saat ini menduduki 15 besar dunia, nomor satu di ASEAN akan terus melaju menuju anak tangga 13 besar dunia.  Tahun 2030 diprediksi kekuatan ekonomi Indonesia menduduki 9 besar dunia dimana di sepanjang urutan itu tidak ada nama Australia.

Makanya kita harus berwawasan visioner dong dalam memandang masa depan.  Bukan mencak-mencak gak karuan, reaksioner, emosional, merasa lebih hebat, besar kepala karena dilindungi oleh Pak De dan abang sepupunya, AS dan Inggris.  Persekutuan Indonesia dengan Cina dan Rusia, jika terbentuk, akan mampu menjungkirbalikkan peta kekuatan ekonomi dan militer Asia Pasifik.  Abad Asia Pasifik sudah di depan mana.  Kan gak pernah disebut abad Asia Australia atau abad Asia Australia Pasifik.  Dari ungkapan itu saja tersirat bahwa memang ke depannya negeri benua selatan itu tidak dianggap oleh negara-negara “asli” Asia Pasifik. Jadi harap maklum ya, dia kan “pendatang” bukan penduduk asli Asia Pasifik.
Jet tempur Sukhoi menjatuhkan bom
Kahadiran armada angkatan laut Indonesia di pagar halaman Darwin tentu sudah terukur tujuannya.  Seperti yang disampaikan Menlu Marty bahwa ada 4 perahu “milik” Australia yang dikembalikan ke teritori Australia oleh tiga KRI.  Jadi diantar sampai batas 12 mil pantai utara benua itu.  Jadi jelas tujuannya, bukan mau ofensif atau menyerang.  Ini operasi kawal border dan boleh saja disebut unjuk kekuatan, tapi kan unjuk kekuatannya di pagar halaman sendiri.  Jadi sangat lucu kalau kehadiran kapal perang sebuah negara lalu disikapi dengan pernyataan kepanikan, siaga perang sampai menyebut operasi darurat mempertahankan daratan Australia, memanggil kapal perang yang sedang bertugas di luar negeri, menunjuk menteri pertempuran.  Alamak, macam gelap saja dunia ini di wajahnya.  Mengapa harus panik dan berkeringat.

Biasanya operasi siaga militer tidak untuk konsumsi publik.  Pengerahan armada laut RI ke NTT tidak diumbar di media dalam negeri.  Demikian juga ketika RI mengirim 2 fregat dan 1 LPD ke Somalia untuk membebaskan KM Sinar Kudus, semua rakyat bangsa besar ini tak ada yang tahu karena ini menyangkut strategi militer.  Jadi semua yang dilakukan Indonesia itu terukur, terkontrol dan proporsional.  Hubungan pertetanggaan RI dan Australia adalah takdir sejarah karena letak keduanya tidak bisa dipindah sampai kiamat. Jadi marilah melihat hubungan bilateral ini dalam perspektif yang luas dan visioner.  Bagaimana ke depannya generasi penerus kedua bangsa bisa saling mengisi kelas-kelas kesejahteraan dan kebagusan cara pandang. 

Semua persoalan hubungan bisa diselesaikan dengan otak bukan otot.  Karena Australia lebih dulu mengedepankan otot untuk urusan manusia perahu, kita juga bisa tunjukkan bahwa kita juga punya otot. Ini lho otot kami, kata sejumlah KRI di pagar Darwin, ditemani herder bawah laut.  Anehnya 3 KRI itu tidak ada yang “menyambut”. Memang keki juga berhadapan dengan pemimpin tetangga yang berkarakter “trouble maker”. Tapi percayalah model itu tidak mewakili suasana bathin sebagian besar rakyat dan bangsa Australia.  Dan kita yakin suatu saat nanti Tony Abbott akan terengah-engah sendiri dengan lagak cowboynya.  Apalagi kalau Pak De dan abang sepupunya AS dan Inggris bilang setengah membentak : “Mr Abbott, stop your cangkem, mingkem !”.

****
Jagvane / 27 Januari 2014

33 comments:

Anonymous said...

ha ha "stop your cangkem" ai laik it...

Anonymous said...

ben ora cangkeman

Anonymous said...

kwk...kwk.....kwk... mantap ! stop in cangkem. saya suka itu. Mr. Abott or Mr. Enteng you kakean cangkem.

Anonymous said...

mama Ely lagi pusing mikirin sepupunya yang kakean cangkem. ternyata jarak yang jauh membuat gaya bicara british berubah 180 derajat menjadi gaya bicara cowboy ingusan

Anonymous said...

Sudah lama nie tak bersuara saya. Point pada artikel kali ini ialah “Mr Abbott, stop your cangkem, mingkem !”.
Hahahahaha..
By : Ade :D

Anonymous said...

ts nya bisa saja nih...

Apalagi kalau Pak De dan abang sepupunya AS dan Inggris bilang setengah membentak : “Mr Abbott, stop your cangkem, mingkem !”.


ha ha ha

Anonymous said...

@ ts

itu benara apa ngak..? 3 kapal tni antar imigran ke darwin..?
sepertinya berita dari berita wawan cara abot dengan IA ..hoax deh..
mohon di revisi bos kebenarannya

Anonymous said...

Kamu itu cakap apa to jawa tai. Jawa kontol. Dasar loe jawa pembantu.. Jawa buruh.jawa bodoh.

Anonymous said...

Wuih...! Mantap banget Bung Jagarin. Biasanya kami di Kuala Lumpur akan menunggu artikel anda setiap hari sabtu atau minggu. Tapi tadi si Brenda call saya, dia bilang please open the Jakartagreater, any something new inside. Wah, kali ini saya keduluan dari teman2 Philipines saya. Cakep dan exellent..! Intelek banget. Maju terus Bung, kami setia menanti pencerahan anda yang lainnya...

Anonymous said...

jayalah ''NKRI''

Unknown said...

Haha....mr abott.....go to hell with your head.kata bapak proklamator.

Anonymous said...

Paman sam says " mingkem'o timbang ta jejeli sandal loh"

Ausie Hater said...

Saya tadi baca artikel di blog sblh judulnya FATAL, RI TANTANG AUSTRALIA. Artikel yg ga mengobarkan semangat nasionalisme,Cb sdr2 baca deh. Saya sampe emosi baca artikel tersebut.

Anonymous said...

u mengong

Anonymous said...

wahahaha mantap gan jaagarin...
si mama ely lg pedekate buat ngejualin destroy nya yg kmren mamper untuk menutup krisis yg berkepanjangan.
belom lagi si usa lg pedekate dg ingin mnambahkan 38 f-18 hibah dan memberikan bantuan spy uranium di mamuju dan blog di natuna bs di exploitasikan..
tapi si abboot mlh cr gara". dg sikap aroganya dan cowboy nyaa. stlh 15% armada laut di pindahkan ke selatan bimbang hati si abbot.yg hanya memiki skitar 60an kapal pemukaan bd jauh dg indonesia yg memilki 160an.. jadi kemungkinan besar sikap ozt akan di tolak isa n uk.sama spt israil yg pgen nyerang iran dan d bantah oleh obamie....

ane ketawa lihat artikel anda gan jagarin.
lucu + menyengat hati .apalagi stop your cangkem..hahahah....

Anonymous said...

wadoooh si skeptis telengong.komen sampah. sm spt jiwamoe.

gan alangkah baiknya di sortir untuk mnusia yg thempramental mcam ni.drpd nyampah di blok agan jagarin.di blok saja ip nya

Anonymous said...

Analisis yang bagus,

Indonesia mengirim sejumlah armada tempurnya ke halaman belakang bukanlah untuk mengajak gelut, namun untuk memperkuat pagar dan menambah dosis detern dengan jiran selatan, eh malah di sikapi seperti itu..

.: kalau comment lewat hp kok gk bisa pakai account google ya?
-Rosyid-

harno bebek said...

wong australia gendeng,,,patroli di pekarangan sendiri kok takur dan dikira nyerbu.. lha ini baru mainan ecek2,klau dah dateng kiloklav nya bisa2 australia panas dingin tiap hari.. ha ha ha ha

Jagarin Pane said...

Thanks untuk semua komentarnya. Ini mencerminkan suasana hati kita yang tetap menggenggam semangat nasionalisme militan, yang tak tergerus oleh perputaran jaman. Ada satu komen yang berkualitas sampah membawa nama2 suku segala, tapi kita mudah mendeteksinya, paling juga dari tetangga sebelah. Biarkan saja karena blog ini menjunjung sikap demokrasi berpendapat. Trims utk Mas Harno, Rosyid, Ade, Berto dan yang lainnya.

Salam hangat untuk semuanya, salam kebangsaan untuk pecinta NKRI..

AnalisiMiliter.com said...

Om Jagpan,

Isu KRI Indonesia masuk dekat Darwin itu bukan kejadian nyata, tp cuma SINDIRAN media Ausie kepada PM nya terkait HAM pencari suaka...

ini berita swkdar candaan bukan beneran seperti yg om tulis..

ini link aslinya.. perhatikan kata SATIRE..

http://www.independentaustralia.net/life/life-display/breaking-news-indonesian-navy-invades-australian-territorial-waters,6089

Anonymous said...

Hahaha....mantafp.

Jayalah NKRI.

Anonymous said...

Tenang juragan2 sistem pertahanan kita sistem pertahanan semesta. Biar ane seorang profesional, tp kl diperlukan mau2 aja bela negara di tempat yg ngak nyaman sekalipun. hidup NKRI..

Unknown said...

mantap sekali pak...............saya selalu suka membaca analisis-analisis anda........"JAYALAH NKRI"

Unknown said...

HAI Mr ABOUT NDAK MAU MINGKEM TAK ROBEK CANGKEM MU.........ha ha ha ha lucu

Anonymous said...

Lah kapan perange?!.. iki podo kakehan cangkeman kabeh pho yo?... nek perang yuuuk perang ae... ojo perang cangkem thook !! dianjuuk !

acil said...

"stop your cangkem" I like this

Such Mr Tukul say:" Saya hanya just kidding"

sakit perut deh jadinya....hehehehe

Anonymous said...

kayanya AUS kaga berkeringat deh.

100 buah F35 mana mungkin dia takut?? Di tambah rudal JASSM dia? sekali di lucurkan 1 pangakalan skuardon akan lenyap.

Anonymous said...

kita bangsa indonesia perlu pesawat2 pengangkut bom / pesawAT khusus pembombardir seperti pada era perang dunia 2 yaitu B-17 Flying Fortress model sekarangnya B-2 Stealth Bomber jika itu ada maka kita bisa menjadi negara penyerang ...fungsinya untuk membuka jalan penyerbuan kota untuk marinir.. atau ini....Ditenagai 8 mesin jet dengan kecepatan maksimum 650 mph, daya jelajah lebih dari 8.000 mil dan kemampuan untuk menjatuhkan bom 70.000 pounds, B-52 adalah bom paling mematikan di dunia. Ini dapat juga membawa senjata nuklir, rudal jelajah dan bom presisi

Anonymous said...

setelah itu para penyapu target strategis yaitu shukoi2 kita diperuntukan untuk menyapu serangan awal...kemudian diikuti para heli gempur cepat seperti apache,..baru lah para penyisir daratan didaratkan yaitu launcer misil truck..pelindung air craft..tank2 amphibi dan suplai logistik armor wahhh pasti seru kalau indonesia bisa begitu...hhee

Unknown said...

Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya
benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D
dan alhamdulillah saya dapat Rp.330 juta dan semua ini
berkat bantuan angka dari MBAH SANGKIL
karena cuma beliaulah yang memberikan angka
ghoibnya yang di jamin 100% tembus awal saya
bergabung hanya memasang 70 ribu karna
saya gak terlalu percaya ternyatah benar-benar
tembus dan kini saya gak ragu-ragu lagi untuk memasang
angkanya karna 4X berturut-turut saya menang
buat anda yang butuh angka 2d 3d 4d dijamin tembus
hubungi di nomor hp: (~0852~1049~3757~) MBAH SANGKIL
saya jamin beliau akan membantu kesusahan
anda apalagi kalau anda terlilit hutang trima kasih..

Unknown said...

Hello there, just became alert to your blog through
Google, and found that it is really informative. I'm gonna watch out for brussels.
I will appreciate if you continue this in future.
Many people will be benefited from your writing. Cheers!

Bandar Ceme

Latest Govt Jobs in India said...

Get free notification of all India Government Jobs 2020 and its job vacancies across sectors in India like Railways, Banking Employment in India, Universities, College Govt Jobs, Teaching, Schools in India, Financial Institutions 2020, Defense, SSC, Agriculture and many more India Government Jobs.Visit: https://www.governmentjobseeker.com

RASHID HUSAEN said...

Selamat Siang Semuanya!!!

Nama saya Mr Rashid Husaen dan saya dari Jawa Barat, indonesia dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia hari ini dan saya berkata pada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan memberitahu namanya kepada dunia dan saya sangat senang untuk mengatakan bahwa keluarga saya kembali selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp300.000.000,00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah seorang ayah tunggal dengan 5 anak dan dunia sepertinya mengandalkan saya ketika saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan bank online menolak pinjaman saya, mereka mengatakan bahwa pendapatan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya online dan segalanya menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya


Sampai saya melihat postingan ibu nyonya maria dari sebuah blog dan saya memohon padanya, dia memberi saya semua syarat dan ketentuan dan saya setuju dan dia mengejutkan saya dengan pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, dan pada awalnya saya berpikir ini tidak mungkin karena pengalaman masa lalu saya dan janji-janji palsu tetapi yang mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp300.000.000,00 dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Nyonya Maria Alexander wanita kata-katanya, melalui email : ( mariaalexander818@gmail.com ) karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. siapa saja yang ingin pinjaman atau cara mendapatkan pinjaman asli, harus menghubunginya Via

email: ( mariaalexander818@gmail.com )
whatsapp: (+1 254-276-8402 )

Anda dapat menghubungi saya Pak Rashid untuk informasi lebih lanjut (rashidhusaen18@gmail.com)

Allah Maha Besar
Terima kasih semuanya