Wednesday, June 12, 2013

Surat Dari Tanah Seberang



Salam Saudara....

Saya baru terjumpa blog saudara dalam pencarian blog penulisan militer yang aktif dari Indonesia. Saya kagum dengan perkembangan industri militer Indonesia terutamanya produk hasilan dari dalam negara Indonesia. Begitu juga dengan semangat nasionalisma rakyat Indonesia yang sangat kuat dan sentiasa berada dibelakang pihak pemerintah dalam urusan penambahbaikan atau modenisasi angkatan TNI.

Tetapi ada beberapa perkara yang sedikit dikesalkan berkenaan penulisan saudara. Dari senarai entri yang mendapat komentar hangat, kebanyakannya adalah berkenaan Malaysia. Apa yang saya dapati adalah saudara sering menyebut sikap arogansi(arrogant) pihak Malaysia dalam isu yang berkaitan kekuatan tentera.

Saya ingin bertanya saudara, bisakah saudara perjelaskan sikap arogasi itu berdasarkan apa? Penulisan blog? Komentator? Pencerobohan ruang udara/laut? Atau mana-mana sumber yang jelas menyatakan Malaysia umumnya mendabik dada dan memandang rendah kekuatan TNI.

Saudara, di Malaysia amat sedikit blog atau laman forum yang membicarakan soal militer. Setakat ini saya masih ragu dimana benarnya tuduhan saudara berkenaan arogansi negara kami yang kecil ini. Tidak mustahil ada sedikit yang bersifat keanak-anakan, tapi itu biasa.

Berbeda sekali dengan Indonesia dan komentar yang diberi sekiranya penulisan itu terkait isu Malaysia. Lihat saja penulisan saudara dalam entri Mengukur Nyali Malaysia. Kata saudara, isu penangkapan petugas KKP Indonesia dimegaphonekan media Malaysia. Beberapa lagi ayat saudara menyatakan Malaysia aggresif dan sentiasa mau tunjuk jago. Saya hairan sekali dengan kenyataan saudara. Pendekatan Malaysia berkenaan isu hubungan sesama tetangga amat pasif. Tindakan agresif berada ditempat terakhir sekali.

Sebagai contoh isu Lahad Datu. Malaysia sanggup berunding dengan tempoh masa panjang untuk mengelakkan pertumpahan darah walaupun pihak penceroboh bukanlah sebuah negara yang berdaulat dan memerlukan pematuhan garis panduan Geneva. lagi soal lanun Somalia di Teluk Aden. Bisa saja dibunuh sama PASKAL. Tapi semuanya ditangkap hidup dan dibicarakan di Mahkamah.

Kerna apa?  Mereka juga orang ISLAM.  Malang sekali peluang yang diberi kepada Sulu tidak dimanfaatkan untuk kesejahteraan bersama.  Mereka memilih untuk mati atas desakan dan dorongan dari 'tangan ghaib'. Benar,memang ada kelemahan dari segi risikan. Tapi saudara harus tahu,di Sabah sangat banyak warga Filipin yang keluar masuk dengan dua kerakyatan.

Berkenaan pembelian aset, setiap negara bisa saja membeli apa saja yang mampu dibayar. Jadi apa masalahnya? Kenapa harus sering saja menulis Malaysia ini arogan,melecehkan tetangga dan sebagainya. Barangkali saudara suka melihat penulisan saudara dikomentar begitu banyak oleh warga RI yang hatinya terbakar gara-gara penulisan saudara?

Di peringkat rakyat RI, segalanya panas jika melibatkan tentera. Harus saudara tahu, hubungan ATM dan TNI sangat baik dan bertuah sekali kedua-dua pemerintah tidak mudah melompat dengan isu-isu remeh.  Mahu mengakui atau tidak, kita serumpun. Seperti kata Saudara juga, negara serumpun tapi sering 'panas'. Di tulisan lain, saudara katakan tidak serumpun sama sekali.

Ingat saudara, negara kita sama-sama ISLAM. Banyak sekali pihak yang mahu kita perang, biar sama-sama lumpuh. Tapi mahukah begitu hanya kerana soal nasionalisma? Adakah bakal dinilai soal nasionalisma itu di hari kiamat nanti?

Saudara, saya juga berasal dari Indonesia iaitu Kalimantan. Separuh diri saya adalah Indonesia. Begitu juga dengan ramai lagi warga Malaysia yang berasal dari Indonesia. Tetapi kami tidak mudah diprovokasi soal remeh kekuatan tentara jiran. Mau beli apa? Ya udah, beli aja. Sama sekali tidak ganggu urusan harian kami.

Akhir kata, saya mohon saudara tidak menulis dengan menggambarkan jiran saudara ini suka memprovokasi. Fahami provokasi itu datang dari mana, barangkali dalam diri saudara sendiri. Saya tahu, segala yang ditulis adalah pendapat peribadi saudara, tetapi saudara lihat impaknya terhadap pembaca tulisan saudara. Siapa yang sebenarnya "megaphone'.

Sekian, pendapat peribadi saya, mewakili kebanyakan warga malaysia yang bertolak ansur dan menghormati jiran tetangga.

31 Mei 2013
Major Raidenovich <faizalrsd@gmail.com>
******
Jagvane / 12 Juni 2013
Catatan: 
Thanks atas imelnya, di posting di blog ini sebagai penghormatan atas nilai-nilai yang disampaikan.

94 comments:

Anonymous said...

Salam jagvane......salute to you from malaysian...someday we will be unite under one rule......nusantara will be back again.

Anonymous said...

smoga saya tetap mencintai agama saya agar saya tetap mencintai negara saya.insya allah,,dgn begitu saya pun akan mencintai sodara2 seiman saya di malaysia.ya tuhanku,satukanlah musliman di indonesia dan malaysia,serta muslimin di dunia.peliharalah kami dalam ikatan ksih sayang.amin amin amin

Anonymous said...

sulit untuk kami lupakan sebagai bangsa indonesia ketika bangsa kami sedang menghadapi bencana stunami yang menghancurkan Aceh dan semua element bangsa kami sedang berjuang memulihkan Aceh dimana kekuatan militer kami sedang lemah karena berusaha menangani daerah konflik.tentara malaysia menikam dari belakang dengan menduduki blok Ambalat ditandai dengan pelanggaran batas wilayah oleh kapal perang malaysia ditambah dengan arogansinya menganiaya dan menyandra para pekerja menara mercusuar di ambalat ...
sebuah penghianatan yang menoreh luka tajam disetiap relung hati dan nurani bangsa indonesia oleh bangsa yang mengaku saudara serumpun.....

Anonymous said...

INGATLAH WAHAI RAKYAT INDONESIA !
BAHWA BANGSA MALINGSIA ADALAH BANGSA PENGHIANAT,NGAKU BERSAHABAT TAPI KELAKUANYA GAK BERMARTABAT.

DAN PERLU DI INGAT...DALAM BENAK MALINGSIA SEBENARNYA ADALAH INDONESIA MERUPAKAN SAINGAN,ANCAMAN DAN MUSUH MEREKA.


HIDUP NKRI DAN TNI.

Anonymous said...

Salam persatuan,

Didalam ajaran islam juga diajarkan bagaimana kita sesama muslim dan non muslim untuk hidup berdampingan dengan baik,saling menghormati dan menghargai,namun sangat disayangkan anda menulis membawa hubungan sesama muslim,yang mana kami umat muslim indonesia juga tau bagaimana jiran malaysia memperlakukan umat muslim kami yg bekerja disana dengan semena2,blom lagi mengklaim peninggalan leluhur kami,pencaplokan atas pulau kami,dan banyak lagi yang membuat hati ini sedih dan membakar jiwa nasionalisme kami,jadi sebelum jiran berkomentar tolong lihat dan baca dulu,pastikan sumbernya,jangan asal2an aja,betul...betul,dan ingat jiran didalam syariat islam kami juga berhak memerangi musuh yang akan merugikan kami,,,,,salam Persatuan

Anonymous said...

Entah strategi barat atau amerika atau bahkan malasya sendiri,menurutku merupakan strategi yang salah.karena telah membangunkan"MACAN YANG TERTIDUR".yang berkusa di tahun 60 an.

Anonymous said...

disaat banyak anggota pemerintah malaysia brengsek,bukan berarti seluruh bangsanya brengsek.sama dgn bangsa indonesia,,disaat banyak anggota pemerintahnya brengsek bukan berarti bangsanya brengsek.luar biasa kita ini, karena bentrok masalah perbatasan negara, sesama saudara seiman jdi saling benci.semoga kita sll terlindung dariazab allah.amin

Anonymous said...

Ada aksi ada reaksi, seandainya malaysia tidak semena-mena terhadap TKI, tidak arogan dengan menangkap petugas DKP ( Departemen Kelautan dan Perikanan ) Indonesia. tidak arogan dengan mengklaim ambalat merupakan wilayahnya berdasarkan peta yang mereka buat sendiri. (kalau bisa begitu, saya ingin seperti itu, saya buat aja peta sendiri trus saya masukan seluruh kalimantan atau Papua nugini sebagai bagian Wilayah NKRI, enakan kan). bila salah satu dari rentetetan peristiwa di atas (masih banyak lagi yang menyakitan hati rakyat Indonesia) tidak ada. MAKA APA YANG DI KATAKAN OLEH SAUDARA DARI SEBERANG BISA DI KATAKAN BENAR. Bercermin lah dulu sebelum anda mengatakan semua itu. SEMUA ITU ADA AKSI ADA REAKSI

Anonymous said...

Dan pesan untuk malasya kami tahu bangsa anda merupakan persemakmuran dari negara barat( inggris).jika bangsa anda menghormati bangsa kami maka hormati dan patuhi batas batas negara,jangan asal klaim baik wilayah ataupun budaya bangsa kami dan perlakukan bangsa kami yang berada di ndgara anda sebagaimana mestinya.karena bangsa anda tidak merasakan beratnya perjuangan bangsa kami untuk memperoleh kemerdekaan dr penjajah.beda dgn bangsa anda yang mendapat'hadiah"kemerdekaan dr inggris.sejengkal tanah kami peroleh dr pengorbanan darah dan nyawa.maka hormati batas2 wilayah kami.maka atas dasar rasa saling hormat maka jangan ganggu apapun bangsa kami ,kami juga tk ganggu anda.salam hormat dari bangsa kami.

Anonymous said...

jalan terbaik adalah putuskan hubungan dengan malaysia. perang itu jalan terakhir dan tidak perlu lagi menahan diri. TNI sudah mempersiapkan bahwa setiap tahun 2 sampai 3 x latihan militer diperbatsan negara dengan Malaysia. dan TNI tidak congkak dalam hal itu. dan setiap saat TNI telah didorong oleh Pertahanan SEMESTA oleh rakyat dan bangsa Indonesia dan Rakyat selalu dibelakang TNI. pejabat atau anggota dewan hanya fasilisator koruptor. makanya sakit hati bangsa Indonesia ini harus perang dengan Malaysia. jalan pertama adalah :
1. Putuskan Hubungan diplomatik dengan Malaysia dan biar harga kehidupan disana meningkat tinggi dalam jual barang ekonomi.
2. Semenanjung Malaka TNI telah mengaktipkan kepulauan dengan armada tempur yg setiap saat dan waktu bisa saja menginvasion wilayah perangnya dengan tetangga yang mengacaukan wilayah Indonesia.
3. TNI telah siap 1 x 24 jam untuk melontarkan doktrin perang. yang selama ini diam 30 x 24 jam saat sekarang telah berfungsi siap perang.
4. TNI saat ini bukan lagi anggota Politik partai tapi dia adalah jati diri TNI untuk rakyat dan kembali ke rakyat. selama 32 tahun hanya simbolis sekarang sudah berubah doktrin. TNI menjadi harimau kebangsaan NKRI.
5. anggota Asean saat sekarang bukan lagi asean yang sesuai diri bangsa asia lagi dan mereka telah di manipulasi oleh negara diluar asean.
6. Asean yang sejati adalah hanya Indonesi.
7. Indonesia telah menganut Politik bebas aktip dan tidak mau ikut campur tangan asing. dan ini benar-2 beda dengan anggota asean lainya yang selalu mengandalkan blok barat dan Timur. Indonesia beserta TNI dan Rakyat menjadi satu kesatuan bangsa yang berada.
8. Malaysia masih menganut faham british raya. dan selalu mematai perkembangan Politik dan militer indonesia. itulah yang menyebabkan negara Malaysia menjadi bansa penjilat negara luar (British).
9. Malaysia selalu angkuh dalam hal politik yang mengandalkan bantuan negara persemakmuran.
10. Malaysia belum menerapkan negara demokratis. dan masyarakat disana hanya dianggap sampah politik Malaysia. jelas karena politisi dimalaysia menganggap dirinya superpower. beda dengan indonesia politisi di Indonesia bela Korup dan nepotisme akan dijauhi oleh bangsa dan Rakyat Indonesia.
11. Warga Malaysia menganggap Bangsa Indonesia adalah negara miskin dan tidak berpendidikan. itulah yang menyebabkan negara Malaysia dibenci oleh Masyarakay Indonesia.
12. Malaysia tidak menyuluhkan batas wilayah negara luar ke warga negaranya. dan Politisi di Malaysia hanya berani mengadudomba warga malaysia dengan negara tetangganya dan setiap konflik selalu minta pertolongan dan petunjuk oleh british.
13. Disinilah letak Malaysia dibenci oleh warga Republik Indonesia. di Indonesia telah siap sedia warga negara Rep. Indonesia ini berperang tanpa makan gaji oleh pemerintah Indonesia. sesuai dengan doktrin satu bangsa satu bahasa satu negara INONESIA.

Anonymous said...

Saya Rakyat indonesia siap untuk perang melawan negara manapun yang mencoba mengusik kedaulatan NKRI Termasuk negara tetangga yang masih mengakui serumpun(malaysia).
jika ingin damai bersiaplah untuk perang...

Anonymous said...

SANGAT SETUJU....!!!!! pasti diantara kita ada perbedaan, Tetapi yang lebih kita kedepankan haruslah nilai-nilai kebaikan. tidak ada urusan kita negara yang lain mau ngapain saja, asal tidak "secara aktif meng-invasi" pilar negara kita saja (Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, NKRI). kita saudara yang lebih tua, harus lebih dewasa, lebih pintar. Kita urus dan usahakan kejayaan negeri kita sendiri.

Anonymous said...

Hai Malaysia...!!!
Bercerminlah sebelum berkomentar.
Selesaikanlah masalah dalam negerimu sebelum ikut campur urusan negeri orang.

Hai Malaysia...!!!
Kami selaku Rakyat Bangsa Indonesia, tidak akan pernah rela menjadi teman sebuah negara munafik macam Malaysia.

Anonymous said...

Mari kita tunjukkan kesemua negara, bahwa kita adalah negara besar. sesuai dengan pesan bung karno: "ini dadaku dan dimana dadamu?" Kita kobarkan semangat persatuan. JAYALAH NKRI!!!!!

Anonymous said...

Salah satu bentuk kekhawatiran dari tanah seberang!

Anonymous said...

Malaysia ingin mempunyai budaya seperti Indonesia mempunyai Bali (Tari Pendet), Padang (Masakan Rendang), Jawa (Reog, Batik, dll), Maluku (Lagu rasa Sayange)dan lain lainnya.. namun apalah daya mereka ibarat pulau sempalan pulau Kalimantan, yang miskin Budaya, karena hanya mempunyai adat Melayu.. Maka dengan sekelumit human resources yang dimiliki berinisiatif membuat Moto mengada-ada "Truly Asia" karena banyaknya warga Asia yang lain berdatangan sebagai pendatang yang mengadu nasib yang sejatinya bukan penduduk pribumi yang secara tidak langsung membawa budaya mereka masing-masing yang kemudian diklaim secara sepihak oleh malaysia sebagai budaya mereka. Begitulah cara mereka mempromosikan negara mereka.. diakui ataupun tidak..
Namun ironisnya, mereka menganggap suku melayu asli warga Malaysia adalah suku dengan ras tertinggi dengan memarginalkan ras lainnya.
Apa itu bangsa yang bermartabat..

Maaf Mayor sebelum berkomentar tolong dikaji dengan baik negara anda sendiri.


Wassalam,


Jendral Nagabonar

Anonymous said...

Ahhh tak pantas aku nulis buat kau.. kau hanya Mayor .. aku Jendral...


Wassalam,


Jendral Nagabonar

Anonymous said...

★Dokumentasi Militer Indonesia★ Garuda Militer Garuda Militer

‹ › Beranda

Lihat versi web

Kamis, 13 Juni 2013 Kamis, 13 Juni 2013

Garuda Militer di 14.00.00

Peta kekuatan Indonesia menurut Globalfirepower

Global Firepower melansir data terbaru kekuatan militer dunia.

Lembaga analisis militer, Global Firepower, melansir daftar negara-negara dengan kekuatan perang terbesar di dunia. Dari 68 negara yang disurvei, Indonesia berada di peringkat 15.

Dikutip dari laman Globalfirepower, Kamis, 13 Juni 2013, kekuatan militer Indonesia saat ini tidak hanya didesain untuk melawan teroris dalam negeri. Namun, sanggup untuk melawan serangan dari invasi negara lain.

Indonesia berada di peringkat 15 dengan power index sebesar 0,76. Kekuatan personel aktif mencapai 438.410 orang, dengan nilai kekuatan kendaraan lapis baja 400, nilai kekuatan pesawat militer 444, dan nilai kekuatan helikopter 187.

Indeks kekuatan perang angkatan laut Indonesia sebesar 150, dengan jumlah kapal militer 139 unit berbagai jenis. Anggaran militer Indonesia pada 2012 mencapai US$5,2 miliar.

Jika dibandingkan dengan negara serumpun, Malaysia, kekuatan militer Indonesia masih unggul. Malaysia dalam statistik Global Firepower berada di peringkat 33. Malaysia memiliki 80 ribu personel tentara aktif dan nilai kekuatan kendaraan lapis baja 69.

Indeks kekuatan angkatan laut Malaysia mencapai 55, dengan jumlah kapal militer sebanyak 40 unit. Anggaran militer Malaysia pada 2012 mencapai US$4,2 miliar.

Kekuatan perang Malaysia terbantu oleh aliansi dengan beberapa negara seperti Australia, Selandia Baru, Inggris, dan Singapura.(art)

● Vivanews

Anonymous said...

kalau tak segera saling menyadari perang antara indonesia dengan malaysia hanya menuggu waktu.
siapa yang salah? dua2nya salah.

Anonymous said...

Sepertinya ini artikel yang paling menantang dan meledak ledak isinya ya?
Dan bisa jadi yang mendapat komentar yang paling banyak. :D
Jayalah NEGARA Ku, Jayalah TNI Ku. MERDEKAAAAA!!!!!!!!!!!

Anonymous said...

ERRRRRRRGGGGGGG ....... maling teriak maling !!!!!!!

Anonymous said...

TUTUP MULUT KAU ..... Kalo you mau tau apa itu sikap AROGAN, tanya sendiri sama TENTERA kau yang di AMBALAT .... SUDAH HABIS KESABARAN KAMI

Anonymous said...

it 0rg malay,o0n bgt...5ng dsn mnim brita,jd e guobl0okk.
kami g btuh s0dara spt km malay !!

Anonymous said...

dalam islam kita diaiarka untuk hidup rukun satu sama lain,dlm islam kita dilarang berperang dan saling membunuh kecuali kita membela hak kita,harta,agama dan lain2.apakah tanah dikalimantan patoknya yg digeser itu bukan hak dan harta kita?apakah penangkapan petugas DKP dengan menodongkan senjata itu bukan hak kita membela diri?anda ingat angklung,lagu rasa sayange,batik,tarian diari sumatra,sampe reog ponorgo dan blok ambalat mau dicaplok,TKI di kasari dandisiksa,apa itu bukan arogansi,apa itu mau dibiarkan terus?ap itu yang namanya tetangga serumpun?seiman?negara indonesia negara cinta damai dan menolak segala kekerasan tp negara inndonesia dan rakyatnya siap perang dan mati membela kebenaran dan demi negara.Ingat..!!ini sudah kita buktikan dulu berperang dan meraih kemerdekaan dengan penderitaan,darah dan nyawa bukan hadiah seperti yang negara anda dapatkan.camkan itu..!!!

Anonymous said...

Major Raidenovich, maaf kami lebih RESPECT sama SINGAPORE, PINOY, THAI, BRUNEI, VIETNAM daripada negara MUNAFIK macam negaramu..

TENTARA CHINA mengukur nyali di laut teritorial mu aja malah ngumpet kayak kutu kupret kau!!

Dulu ketika alutsista TNI masih tertinggal, kau seenaknya saja mengukur nyali kami di Blok AMBALAT, sekarang ketika semua sudah berubah kau merengek-rengek kayak bocah!! minta berteman,minta eksesais bareng haduh..
udahlah pulang sana bilang sama mamak kau.. hati dan pikiran kami tak pernah berubah kepada kalian!!!

Anonymous said...

Terimakasih malaysia! Saat kami krisis ekonomi dahulu dan tsunami aceh. Klaim mu thdp ambalat. siksamu thdp pekerja merkusuar.petugas DKP. TKI terutama wanita dgn merendahkan dgn sebutan indon/ Klaim mu pada budaya leluhurmu (Indonesia) telah menyadarkan kami bahwa kalian bukan tetangga yang baik karena menusuk dari belakang di saat kami susah. Kini kami telah berbenah. Ekonomi dan militer kami jauh lebih maju dlm 10 th terakhir. dan ternyata dgn kemajuan kami ini kalian malaysia menjadi lebih sopan kepada kami. Terimakasih malaysia karena telah membangunkan raksasa tidur...

Anonymous said...

Masih kurang satu lagi tu, biar seperti sumpah pemuda.

Intinya setiap pemuda pemudi INDONESISA rela berkornam demi bangsa dan negara INDINESIA. Ketika tsunami di Aceh, sewaktu menteri kita dipaksa turun dari helikapter tentara Malasyia di Bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh karena TNI AU tidak menberikan BBM pada Heli tersebut (Heli tersebut tidak mengantong surat untuk mengisi BBM di Bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh)berbondong-bondong masyarakat aceh untuk menyerang warga negara Malasyia yang ada di Aceh (Aceh waktu itu masih konflik). Warga Negara Indonesia yang wilayahnya sedang konflik dan tertimpa musibah tsunami saja masih bisa menunjukkan rasa nasionalismenya, apalagi dengan kondisi INDONESIA sekarang. eeeemmmm,,,,, (Mereka berani karena mereka negara persemakmuran)

Anonymous said...

Mantab Jendral

Anonymous said...

AYO SAATNYA PERANGI MALAYSIA....JATUHKAN PEMERINTAHAN BARISAN NASIONAL...DUKUNG ANWAR IBRAHIM...SAYANGNYA MAHASISWA MALAYSIA PENGECUT, TAKUT SAMA PEMERINTAH MEMPERJUANGKAN PERUBAHAN..BELAJAR DARI INDONESIA..PEMUDA/MAHASISWA AGEN PERUBAHAN

udang sapik said...

tak perlu sampai perang ya saudara saudara..cukup main gertak2an aja,klau perang yg rugi kita2 juga..
setidaknya,,trima kasih buat saudara dri seberang sana,yg telah membangunkan kita dri tidur yg cukup lama..

Anonymous said...

betul,betul, kalau malaysia tak mengusik-usik kita tni kita akan tetap di bekali senjata tua.
kalau australi yang usil,amerika usil,inggris usil sama kita pemimpin kita masih tenang2 saja,
tapi kalau malaysia yang usil sama kita, itu KETERLALUAN......

Anonymous said...

Orang malaysia selalu menggunakan jargon-jargon “seagama” dan “serumpun” ketika terbentur tembok. Terhadap jargon “seagama” saudara kita sudah meresponnya. Dan kita semua sangat setuju. Kita selalu diajarkan oleh agama untuk mempertahankan nyawa dan harta. Dan itu adalah bagian dari jihad. Ketika kita mati mempertahankan hak milik kita maka matinya dihitung sebagai mati syahid (Hadits). Bicara tentang harta dan hak milik, urusannya bukan hanya uang atau apa saja nilai kebendaan yang terikat dengan diri kita. Itu harus dikembangkan ke teritorial yang lebih luas, dan negara adalah wilayah terluar bagi sesiapapun untuk mengklaim kepemilikannya. Maka dari sini kita bisa paham kesesuaian nasionalisme dengan agama.

Dalam Al Qur’an diajarkan mengenai syarat negara yang aman dan makmur (95:1-3) sehingga kita bisa melaksanakan hak dan kewajiban kita sebagai umat. Kita diajarkan juga untuk saling mengenal dan menghargai satu sama lain. Namun pada saat yang sama agama juga mengatur hubungan antar manusia. Dalam agama diajarkan kita harus berhubungan/berbisnis/bermuamalah atas dasar suka sama suka. Perjanjian jual beli harus jelas. Memang kalau kita bertetangga dengan si A, otomatis harta kita akan menjadi milik A.? atau si A berhak mendapatkan apa2 saja milik kita dengan gratis? Tentu tidak, meski atas alasan seagama sekalipun! Jadi klaim2 orang malaysia dengan dalih “seagama” hanyalah cara mereka untuk mengendorkan otot kita.

Anonymous said...

Slogan “serumpun” itu juga bisa kita ibaratkan sebuah fatamorgana tanpa ujung. Kata-kata usang itu hanya pemanis bibir yang tidak membawa arti apa-apa dilihat dari sudut kesetaraan kepentingan dan untung-rugi, apalagi jika direfleksikan ke bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang di situ di dalamnya berhimpun lebih dari 240 juta jiwa dari berbagai suku, agama, dan budaya. Mendiami sebuah wilayah luas dan kaya dari Sabang sampai Merauke, dari Talaud sampai Rote. Di Indonesia kita tidak mengenal superioritas satu suku atas suku lainnya (sebagaimana rakyat kalian di Malaysia menerapkan prinsip ketuanan melayu). Indonesia bukan hanya Jawa (sebagaimana umum orang malaysia mengidentifikasi kita) juga bukan hanya Melayu. Kita punya Minang, Sunda, Batak, Manado, Papua, Dayak, dan beratus suku lainnya. Suku melayu bukan mayoritas di Indonesia; meskipun begitu kita menggunakan bahasa melayu sebagi bahasa komunikasi yang sudah diwariskan oleh generasi terdahulu, sejak masa Majapahit, bahasa Melayu sudah menjadi alat komunikasi antar penduduk Nusantara. Maka SALAH SAMA SEKALI kalau bangsa Indonesia dianggap sebagai bangsa melayu!! KAMI BUKAN BANGSA MELAYU. KAMI BANGSA INDONESIA!!!

Oleh karena itu, mengakui atau sekedar menyambut konsep “serumpun” ini hukumnya HARAM bagi rakyat Indonesia. Konsep serumpun tidak sesuai dengan semangat Persatuan Indonesia, artinya bertentangan dengan Falsafah Negara PANCASILA dan NKRI. Konsep serumpun hanya akan melukai suku2 lainnya di Indonesia, melemahkan ikatan persatuan yang telah dibina nenek moyang kami dengan darah dan air mata. Ikatan persatuan itu sudah berkristal dan makin memperkokoh persatuan dalam beberagaman latar belakang kami yang warna warni. Tidak ada lagi kekuatan dunia yang menghancurkan persatuan kami! (Ingat, di tahun 1998 mereka mencobanya dan gagal total). Bahkan di tahun2 itu kalian ikut2an menikmati penderitaan kami.

Yang saya pahami setelah lebih 8 tahun berada di tengah2 mereka adalah mereka kelompok yang arogan ketika merasa berada di atas dan sedikit berhasil, dan akan mulai memelas jika terpuruk..

Anonymous said...

Dengan seenaknya malaysia mengeluarkan peta wilayah,dan memasukkan ambalat dalam teritorinya,
bagusnya indonesia juga bikin peta berdasar sejarah majapahit,nanti kita lihat reaksi malaysia bagaimana.

Anonymous said...

berasal dari kalimantan indonesia ......warga malaysia asal indonesia......seorang PENGHIANAT bangsa go to hell jiran laknat

Anonymous said...

Malaysia adalah negara yang penduduknya mayoritas keturunan asal pulau-pulau yang kini menjadi Indonesia. PM Najib keturunan Bugis, Menhan Malaysia keturunan Jogja, Rais yatim keturunan Minang, dan saya pun di Kalimantan Indonesia punya sepupu di Malaysia. Karena itu, disana banyak keturunan Jawa, Minang, Aceh, Batak, Bugis, Melayu Riau, Banjar, Sunda, dan lainnya. Sehingga aneh jika budaya yang nereka bawa dari tanah leluhur (Indonesia) sebagai budaya asli mereka. Boleh pakai reog ponorogo, tapi aku reog itu dari Ponorogo Indonesia. Boleh pakai angklung, namun sadari angklung dari Sunda Indonesia. Boleh nyayikan rasa sayange namun harus sadar itu lagu asli Maluku Indonesia. Boleh pakai batik tapi sadari bahwa batik malaysia dibawa oleh keturunan Jawa/solo Indonesia. Boleh makan rendang, tapi akui itu dibawa oleh orang Minang asal Indonesia. Jadi kalian Malaysia jangan asal klaim...

Anonymous said...

saat mahatir msh brkuasa pidatonya slalu nyindir Indonesia trutma klo bcra kbrhasilann proton jdi mang pemimpin2 malysia sdh mnaruh kbncian thdp RI' tpi klo ad orng Indonesia disana
mnjdi bgian dri kbrhsilan lngsung d sanjung tdk ad nama Indon' sprti atlet angkat besi dri sumatra yg menang angkt besi' ' blm lgi kerajinan2 yg dijual di kotaraya kualumpur sbgian bsr brsl dri Indonesia sprti wayang kulit golek sunda dn golek jawa' yg sprti ini mngklaim bngsa brbudaya tinggi..???

Anonymous said...

sang mayor hendaknya mengeti akan hal ini: justru bangsa indonesia merasa satu rumpun,merasa banyak ikatan darah,jadi terasa sangat sakit bila di hianati.seperti halnya dua saudara,bila yang satu
menghianati sakitnya akan terasa berlipat-lipat dibanding jika yang melakukan orang lain.

Anonymous said...

Bro..
kalau pemimpin malon benci kita atau menyembunyikan kebencian/kedengkian kepada kita itu memang sudah kita maklumi.

pemimpin2 kita skrg sudah sadar dengan sikap dan body languange dari pemimpin mereka. Pada prinsipnya mereka selalu berusaha membuat negative campaign untuk INDO. saya ambil 2 contoh yg terjado tahun lalu.

sewaktu ada Shangrila Dialogue di Singapura Juni tahun lalu dan di situ SBY jadi keynote speaker. artinya di situ SBY sdh dianggap mewakili asia tenggara di forum dunia tsb. saya ingat betul di running text berita TV3 (tv kerajaan malon) malam itu keluar pernyataanmenteri Rais Yatim bahwa "ASEAN saat ini membutuhkan sosok pemimpin kelas dunia". Saya berpendapat pernyataan itu hanya sebuah sindiran kepada SBY. sebuah body language yg menunjukkan ketidak sukaan/kedengkian kepada SBY yg secara institusional adalah seorang presiden dari sebuah negara berdaulat. (saya tdk mengartikan bahwa SBY adalah tokoh dunia. ini sangat subyektif. Tapi sindiran itu sebuah bahasa tubuh yang harus dimaknai seperti itu).

kasus ke 2: ingat tarian Tor-Tor dari Sumut? Kenapa malaysia mengumumkan claimnya pada saat SBY menjadi bintang di acara Rio Summit dan G20. Seingat saya kasus ini terjadi bersamaan saat kunjungan SBY ke Brazil dan Mexico untuk kedua acara tersebut.

para pemimpin malon yg licik hapal betul reaksi apa yg akan terjadi jika mereka mengklaim budaya kita: demonstrasi di jalanan! di kedutaan malaysia dan di kantor2 konsulat mereka di seluruh Indonesia. dan ini artinya akan memberitahukan ke dunia bahwa sedang terjadi aksi keburukan/kerusuhan di Indonesia. sebuah program demeritisasi image terhadap Indonesia, yg presidennya sedang tampil di panggung dunia.

Ini mungkin pemikiran pribadi saya. Tapi saya yakin bagi saya yang sudah lama diam di malaysia dan hapal betul karakter mereka, pikiran saya ini benar. absolutely correct!

Hidup NKRI!!
NKRI Harga Mati!!

Anonymous said...

Malon babilah kau anjing kubunuh kau malon by: adrian kalibata city herbras 02/CU

Anonymous said...

Dasar Malon Negara Jongos British, Negara Anjing British, Negara Muslim Yang MUNAFIK, Menggigit Dari Belakang, Kapan Merdekanya Loe Lon-Lon, Negara Bodoh Sedunia. Asal Ngomong Seperti Orang Berjaya Nama Loe Kan Mohd Faizal bin Arsad Telp. 014-3258607 Alamat Lot 21,Jln.U1/19,Sek.U1,Hicom Glenmarie Ind.Park, Shah Alam Selangor 40150 Malaysia. AWAS MALON KITA LENGAH KITA DIGIGIT SAMA JONGOSNYA BRITISH.

Anonymous said...

Indon kau risau jer kami bisa aktifkan fpda+nato indon pasti takut kehekwhkkekehwkeh

Anonymous said...

Hai malon babu british! terlalu bsnyak cakap kau pondan! Lelaki melayu digertak dikit pun sdh gemeteran. Ini fakta bung. Kalau berani malam ini kau dtg ke stsn shell chow kit pk. 10.

Anonymous said...

Biasa .... namanya malon dan malingsial ya begitulah, seharusnya pondan ini jangan terlalu banyak cakap karena mereka tahu indo ini sering mereka lecehkan oleh budak tante eli ini, jangan bawa2 nama ISLAM karena malon inilah yang sering usik rasa kebangsaan kami. sudah terlalu banyak gelar yang kau dapat, dari malingsial, pondan, malon, pencuri .... karena semuanya memang kau yang duluan mengusik kami.

Sutrisno Isme said...

jangankan cuma fpda+nato kalau kedaulatan bangsa kami diusik united nations kami hadapi...
dulu kami pernah digempur dari darat,laut,dan udara oleh nato disurabaya kami hadapi dengan dada terbuka sehingga Brigjen malaby komandan nato tewas di surabaya yang bahkan ketika perang dunia II tidak ada seorang jendralpun nato yang tewas tapi ditangan kami dia tewas...
lihat suriah... dimana nato saat ini...??
kenapa bangsa kami menyimak terus berita2 kemajuan militer kami karena cepat atau lambat perang dengan malaysia pasti terjadi...

Anonymous said...

Sutrisno.nggak ada nato d sby 10 nov 45. Mallaby itu jenderal tentara inggris anggota sekutu tapi bukan nato. Nato belum ada saat itu. Boleh nasionalis namun berpikir harus jernih

Anonymous said...

heh, pengecut!

Anonymous said...

negara ini dibangun atas darah dan keringat jadi peraslah keringat dan darahmu dulu sebelum anda mengganggu kedaulatan kami

Anonymous said...

Babilah kau malaysia macam beruk by: adrian kalibata city herbras 02/CU

Anonymous said...

Maaf Saudaraku dari Malaysia
Anda menyinggung masalah kesamaan ISLAM dalam hal ini.
Semoga Anda mengerti anda ISLAM saya juga ISLAM tapi Anda hidup di Rumah berpondasi dan berbahankan bangkai-bangkai dan tulang belulang yang berbau busuk menusuk hidung mencemari udara disekitarnya. Karena anda tinggal di rumah itu maka Anda sama saja BUSUKNYA. Maka harumkanlah saudara rumah itu Kalau tidak jangan salahkan siapa-siapa kalau ANDA KENA SIKAT JUGA.......

Anonymous said...

mantan pm mohatir sj keturunan india. lihat sj hidungnya mancung kedepan. ... melayu tamberang Maurice sj diperintah
india kahkahkahdan

sugianto harisantoso said...

Roket2 C-802A yg sdh dibeli oleh Indonesia segera tempatkan di kapal PKR, kapal2 tsb hrs ditempatkan menyebar di wilayah perairan medan,sabang dan roket C-802A juga ditempatkan di perbatasan kucing, tawau kalimantan. disamping itu roket pengembangan kita juga memperkuat, yg tadi saya sebutkan dan pasukan penyusup hrs sdh siap ditempat yg telah ditentukan. Utk menghadapi musuh2 NKRI, bila pecah perang antara indonesia dg malaysia sdh siap dulu dan masyarakat malaysia yg ada di Indonesia segera ditangkap.Merdeka....

Anonymous said...

MAZOR P'A........................
sudah menyadarinya sekarang'dimana kekuatan TNI super power di asia.....
ATM bakal di kacangin teru terusan sama TNI......

Anonymous said...

hati-hati ama bangsa licik macam malon ...tidak bakalan kita lupa kebiadaban malon terhadap rakyat kita, mereka lecehkan kita disaat kita lemah mereka hancurkan kita disaat kita tak berdaya ,...disaat kita kuat malon merengek rengek ngaku saudara saat kita lengah mereka tusuk kita dari belakang ...itulah silicik malingsial...tidak ada ampun bagimu malingsial ....kami bukan saudaramu ,sodaramu adalah celeng silicik iri,dengki ....demi Tuhannnnnnn rakyat Indonesia takkan memaafkan bangsa malon. saudaraku sebangsa setanah air bersatulah hajar siceleng malon jangan kasih kesempatan buat ngibuli kita lagi....

Anonymous said...

dasar cangkem maling rak iso dipercoyo....lambe maling koyok gombal mukiyo ...xixixi siape elu ngaku saudara ...dasar budakmalon...

Anonymous said...

setuju...bro..khawatir lagi kalo kita kirim asap beracun biar teler semua tu budak malon...

Anonymous said...

Kita jangan sampai terlena dengan kata-kata si budak malon ,sampai kapan pun saat kita lengah pasti ditusuk dari belakang .kata kata yang tidak tulus dari malon anjing british.lon lon sadar loe..ye

Anonymous said...

ada yang lupa, jika indo dan malay bersatu, maka kekuatan inggris, usa atau china di asia tenggara benar2 kuat apalagi ditambah brunai, ekonomi kuat, militerpun kuat setidaknya untuk wilayah asia tenggara. Ambil contoh jika terjadi perang agama secara global atau Perang karena ras? Maka Indo dan malay sudah cukup menjadi tameng di tenggara asia.
Tentunya kekuatan ini tidak ada yang menghendaki, makanya selalu diposisikan satu rumpun, satu agama tapi saling musuh bebuyutan. Malay tak mungkin menginvasi Indonesia.
Soal sipadan, atau lainnya mungkin kita kurang balance baca beritanya.
Jika mau mencari 'musuh' mungkin cocoknya dengan singapur, negara ini pelindung koruptor, negara ini yang menguasai kedaulatan udara kita.

Anonymous said...

SAUDARA SEBANGSA SETANAH AIR hentikan caci maki , mari kita pakek akal sehat itu lebih baik lebih efektif , malaysia main claim ambalat sudah berakhir , ambalat milik orang dayak orang kalimanatan Alias INDONESIA ! " sejalan berjalan waktu bangsa indonesia bangsa indonesia mulai keliatan power meliter economi , redanya comflik antar suku , bersatu padu nya menganut sytem pancasila !! " malaysia pun mulai sungkan dan mereka asal usul keturunan jawa kuno , " di buku cina secarah indo saman dinasti ming ada dan tersimpan rapi , kita kembali percaturan global ,posisi malaysia sesungguh nya di kancah global tidak sebagus 10 tahun yg lalu : memanasnya SERAWAK , ketua barisan serawak sudah menolak terangan 2 gan bahwa serawak tidak pernah mengakui bergabung dengan malaysia , DAN KEMBALINYA SUKU ASLI SULU ALIAS YG PUNYA TANAH membuat malaysia panic dan kalang kabut luar biasa ," mari kita sadar kenapa malaysia yg tadinya sennang gerong rong sekarang berbalik tentu ada maunya ," pecah nya perang malaysia sulu tampa bantuan indonesia serawak tinggal tunggu waktu lepas , " ini bola di kita .

Anonymous said...

sebenarnya saya ingin melihat Indonesia & malasya bersatu karena serumpun sebagai sesama muslim,dan hidup bertetangga dengan baik.

Tapi melihat tindak tanduk si malasya semenjak ekonomi mereka meningkat th 1990 seperti mengklaim budaya, lagu , pulau Indonesia dan segala arogansinya mengenai TKI...maka saya sudah tidak berminat lagi.

Yang paling membuat jengkel adalah setelah kita terkena krisis moneter, terlihat "niat yg tersembunyi" mereka dengan mencaplok beberapa pulau kita sembari mereka memperkuat military.


Anonymous said...

Ada baiknya setiap perbedaan kita musyawarahkan dalam posisi yang sama tinggi. Tak mudah tersulut emosi, namun harus dengan niat yang sama-suci. Malaysia harus mengakui kasus ambalat dialah dalang pengeruhnya, pengaku-ngakuan terhadap beberapa budaya bangsa kita dia jugalah dalangnya. Kita juga harus mengakui, kabut asap pulau sumatra tercipta karena kelemahan kita. Jika kita mau berkata jujur...maka persatuan dan kemajuan kedua negara ini akan segera tercapai. Hidup Indonesia dan Hidup Malaysia

Anonymous said...

Jadi kapan kita perang ???

Anonymous said...

Jangankan Perang Melawan yang mengusik negara KITA toh pemuda kita juga masih berani perang melawan sodara setanah airnya yakan ??..
Tauran dimana-mana, apalagi masalah bola, cotohnya The Jack & Viking Bandung ... masih doyan Perang .....

Kalow tentara indo abis masih banyak suporter persib haha di jawa barat .. .. ha ha ha :D

Anonymous said...

Jangankan Perang Melawan yang mengusik negara KITA FPDA+NATO apalah itu toh pemuda kita juga masih berani perang melawan sodara setanah airnya yakan ??..
Tauran dimana-mana, apalagi masalah bola, cotohnya The Jack & Viking Bandung ... masih doyan Perang tuh .....

Kalow tentara indo abis masih banyak suporter persib & suporter The Jack ha .. .. ha ha ha :D

Anonymous said...

saya bangsa indonesia tidak pernah mencaplok tanah negara orang,
suka akan kedamaian/cinta damai, menghargai orang lain walupun itu TKA (Tenaga Kerja Asing)dan tidak memperlakukannya secara semena mena

Saya Bukan tentara indonesia, tapi rakyat indonesia jika di tuntut untuk berperang saya tidak keberatan baik fpda+nato saya tidak takut, apalagih mengenai mengusik ketentraman bangsa indoneisia ....

Seperti yang telah dikatakan Pendahulu kami atau pejuang kami yaitu "[LEBIH BAIK PULANGDARAH DARIPADA KALAH DIMEDAN PERJUANGAN]"

Anonymous said...

begitulah bangsa bertabiat maling... kalo RI sedang jaya maka dia akan katakan serumpunlah...sama-sama muslimlah...tapi kalo RI sedang kesusahan mereka sekejap berubah menjadi musuh....mending berteman dengan yahudi sekalian daripada dengan bangsa maling munafik..

Anonymous said...

peribahasa yang cocok untuk malaysia adalah
bagaikan katak di dalam tempurung dan gajah di pelupuk mata tidak kelihatan, kuman di seberang lautan kelihatan.

Anonymous said...

wahai malaysia.... anda jual pasti kami beli..... kalau anda tak menjual buat apa kami beli.... apa anda sudah mengerti ????

Robert Tan said...

SAUDARA ANONYMOUS..WALAU APAPUN MASALAHNYA.LEBIH BAIK KITA AMBIL JALAN YG LEBIH BIJAKSANA.HARGAI USAHA KEDUA PEMERINTAH MALINDO.ANDA HANYA BISANYA BERKOMEN PANAS,TANPA MEMIKIRKANNYA TERLEBIH DAHULU.SAUDARA,TAUKAH SAUDARA KESAN PEPERANGAN ITU SEPERTI APA..?? DAPATKAH ANDA BAYANGKAN KEHANCURAN AKIBAT PEPERANGAN ITU BAGAIMANA..??BERAPA BESAR LAGI BIAYA YG HARUS DI GUNAKAN UNTUK MEMBANGUN KEMBALI NEGARA YG SUDAH HANCUR AKIBAT PEPERANGAN..??BELUM LAGI KORBAN YG BERJATUHAN,BANYAK WANITA KEHILANGAN SUAMI.ANAK KEHILANGAN BAPAK.SAUDARA ANONYMOUS,COBALAH ANDA BUKA MATA PANDANGLAH KE ARAH ASIA BARAT ,LIHATLAH IRAQ,AFGANISTAN,..NEGARA MEREKA TAK PERNAH TENTRAM.LETUPAN BOM DIMANA2,AKIBAT PERANG YG DI CETUSKAN......SAUDARA..BUKANKAH ITU SEMUA AKIBAT EGO,INGIN MENUNJUKKAN KEKUATAN MASING2..LALU APA HASILNYA..?/ SAUDARA ANONYMOUS..SIAPAPUN ANDA DARI NEGARA MANAPUN ANDA COBALAH BERFIKIR SECARA LOGIK,KAMI SAMA2 NEGARA YG DI HUNI YG MAJORITASNYA ORANG MUSLIM.DAN JUGA BANYAK SKALI TERIKAT PERTALIAN PERSAUDARAAN,BUKAN HANYA SERUMPUN....SAUDARA,ANDA SENANG SEKALI MENIUPKAN GENDANG PERANG,NAMUN ANDA MASIH JUGA DI DAPUR..TULISAN INI DARI KAMI YG MEWAKILI SEBAHAGIAN BESAR BANGSA INDONESIA YG LEBIH CINTA KEDAMAIAN...NAMUN JUGA MASIH TETAP INGIN MENJAGA HARGA DIRI DARI BANGSA LAIN...SAUDARA KAMI TIDAK SETUJU DENGAN PERKATAN YG ANDA LONTARKAN..SEMOGA MALINDO,,TERUS RUKUN ,AMAN DAMAI,DAN SALING BEKERJA ERAT MEMBANGUN EKONOMI DAN NEGARA SECARA SAKSAMA..

Robert Tan said...

mungkin juga kita harus koreksi diri juga ,kemampuan kita dalam menangani sesuatu,seperti mengclaim,dan mematen...mungkin juga kita ini sebenarnya di dunia luar masih terlihat lemah,jikalau tidak tak mungkin kita selalu di jadikan permainan negara luar.kenapa pemerintah RI tidak menyediakan payung sebelum hujan,sebelum orang yg kita anggap maling nyelonong masuk.bila barang dah lesap barulah heboh dan kalang kabut...soalnya yg namanya maling selalunya tak pernah memandang ataupun jenis apakah,yg vpenting ambil..juga kenapa kita harus minta orang lain agar tidak licik dengan kita( indonesia),seolah kita ini lemah dan sakit2kan..lucu2 pendapat saudara anonymous...dimana tahaf kepintaran dan kepandaian pemerintah kita..??

Robert Tan said...

saudara..berbicara gunakan fkiran,,bukan akal,kalau anda benar2 mau perang,anda pergilah ke palestina,di sana saudara-saudara kita butuhkan pertolongan..dan bila anda nanti pulang masih dalam ke adaan sempurna tidak cacat,barulah perang di mulai haha...haha..

Anonymous said...

(Part 1/2)
Dari semua postingan Pak Jagvane di blog ini, saya anggap “Surat dari Tanah Seberang” merupakan topik yang paling hot. Topiknya paling relevan, seperti Pak Admin sendiri tulis, untuk menggerakkan kecintaan Tanah Air sebagai tujuan utama dikembangkannya blog ini. Jumlah respon yang diterima hingga kini hanyalah cermin betapa postingan ini bisa menjadi barometer seberapa krusialnya masalah ini atau seberapa kuatnya rasa nasionalisme di antara kita FORINDO khususnya pengunjung setia blog ini. Termasuk saya yang ikut juga memberikan komentar untuk topik ini meskipun menggunakan nama anonim. Saya lebih suka anonim sekedar untuk takut tidak terjebak riya/show off. (Namun bukan berarti yg pakai nama berarti riya ya…just my personal problem). Bagi saya apa artinya juga menggunakan nama tertentu/jelas tapi palsu.
Sesungguhnya menggerakkan Cinta Tanah Air itulah misi utama yang harus kita bangun karena itu menjadi menjadi bagian ideologi penting bagi seluruh komponen Bangsa Indonesia. Cinta tanah Air adalah perisai utama yang akan melindungi kita dari setiap usaha pihak luar untuk mengambil alih hak milik kita maupun merongrong dan memecah belah kita. Kesadaran memiliki dan cinta Tanah Air itulah yang telah menggerakkan Nenek Moyang kita untuk mengusir penjajah berpuluh beratus tahun yang lalu. Sebuah kesadaran yang melahirkan tekad maha kuat untuk mencapai cita-cita mulia sehingga hanya kematian yang mampu menghentikan cita-cita itu. Demikianlah mengapa Nenek Moyang kita yang gagah berani selalu meneriakkan slogan “Merdeka atau Mati”. Sebuah kemulian yang patut dicatat dengan tinta emas.
Pancasila yang didalamya terkandung nilai-nilai ketuhanan, kemanusian, nasionalisme, demokrasi, dan keadilan sungguh merupakan sebuah ideologi adiluhung warisan para pendahulu kita yang menjadi satu-satunya senjata paling ampuh untuk membawa kita tetap survive hingga kita kembali memperoleh kejayaan gemilang sebagaimana cerita indah yang diwarisi oleh Majapahit, Sriwijaya, Singasari, dan kerajaan-kerajaan besar Nusantara lainnya.
Membaca sepintas saya mengamati sebenarnya kesadaran cinta Tanah Air di masyarakat kita khususnya di kalangan generasi muda sudah berubah menyolok kalau tidak dikatakan drastis dalam beberapa tahun terakhir ini. Melalui blog, you tube, twitter, dan berbagai cara masyarakat khususnya generasi muda sudah menunjukkan ide-ide nasionalismenya. Beberapa media umum pun sepertinya sudah mulai sadar. Tentu saja ini sebuah good news yang betul-betul good news.
Dan ketika kini teknologi informasi makin berkembang maka ia bisa menjadi salah satu wahana untuk mendukung usaha2 ke arah lebih memahami cinta Tanah Air. Internet menjadi sarana yang murah dan efisien dalam menyebarkan pemahaman cinta Tanah Air seperti ini. Tentu saja usaha2 ini ada antidotnya. Ibarat ada cuaca panas pasti ada hujan untuk menghapusnya. Ada lawan pasti ada kawan. Dan saya melihat cyber war memang telah, sedang dan akan terus terjadi terhadap setiap usaha untuk menggerakkan semangat prinsip-prinsip nasionalisme kita sebagai satu entitas, Bangsa Indonesia yang hidup di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Anonymous said...

(Part 2/2)
Cyber war bisa sekasar hacking, atau merespon argument lawan dengan kata2 kasar yang menjatuhkan meski tanpa dalil jelas, bisa juga sekedar debat kusir, atau bisa juga dalam bentuk rangkaian kalimat halus yang memelintir. Apapun bentuknya semuanya ditujukan semata-mata untuk menjatuhkan mental lawan sehingga hilang semangat dan moralnya. Padahal semangat dan moral adalah dua unsur penting yang menggerakkan hidup manusia. Tanpa keduanya kita tidak akan lebih baik dari hewan; ibarat kerbau yang dicocok hidung, kita akan akan mengikuti apa saja kehendak orang lain (baca: musuh). Maka ketika kita sudah mulai mengikuti kehendak orang maka kita sebenarnya telah melupakan hakekat jati diri kita sebagai manusia yang diciptakan Tuhan dengan harga diri serta hak prerogatif untuk berusaha dan menentukan pilihan. Dan itulah sebenarnya.yang diingikan oleh orang lain terhadap diri kita, bangsa Indonesia. Betapa banyak musuh, dekat atau jauh, yang menginginkan NKRI bubar. Betapa banyak pihak yang mengungkapkan perasaan senang meski kadang dengan sembunyi2 ketika terjadi bencana di negeri kita. Saya sudah hidup lama dengan orang-orang malaysia. Sudah hafal betul karakter seperti ini.
Dan menjatuhkan mental lawan dengan kata2 halus memelintir ini juga terjadi disini. Terimakasih Robert Tan karena kamu memberikan komentar sehingga sampai saat ini saya masih punya semangat untuk menulis di sini.
Saya bedah dulu siapa orang ini. Dia BUKAN orang Indonesia! tinggal di kuala lumpur. Di forum2 topix juga nama ini muncul dan seperti biasanya mereka menggunakan istilah-istilah penghinaan seperti “indon”. Dan saya yakin sekali, dari fasihnya menulis dengan Bahasa Indonesia, robert tan kamu mencoba berkamuflase sebagai Forindo, tapi dari beberapa gaya bahasa yg kamu gunakan saya bisa buktikan kalau kamu bukan WNI. Kenapa dia pakai nama samaran china, dugaan saya untuk mengurangi semangat rivalitas kita untuk merespon argumennya (kan beda kalau dia melayu). (Tepatnya untuk sembunyi.)
Saya mengingatkan kepada semua Forindo untuk tidak salah membaca.
Pak Jagvane, bravo for good job! Teruskan kerjanya sebab dibelakang ente jutaan semangat masih mengepalkan tinju mendukung. Ditunggu postingan selanjutnya. Saya yang masih muda ini perlu banyak pencerahan (Maaf meskipun kelihatan menyampah, saya juga ingin ikut menyemangati. Dan mengepalkan tinju :P).

Salam,

Menjelang sahur…
Kuala Lumpur, 17 Juli 2013

Anonymous said...

SEKALI LAGI..

SAYA MENGINGATKAN SEMUA FORINDO UNTUK TIDAK SALAH MEMBACA TULISAN ROBERT TAN.

Anonymous said...

hei tan! tau-taunya kamu palestina.
merek ngga perlu kita datang. mereka hanya perlu bantuan materi dan moril.

kalau ngga ngerti jangan asal ngejeplak.

kami tetap siap di sini untuk mempertahankan NKRI dari serangan "kasar" ataupun "halus" negara2 tetangga yg terus berusaha meronrong kami termasuk dari negara kamu malingsia!

Anonymous said...

Kembali kita mengenang Amanat Panglima Besar Jendral Besar SOEDIRMAN

"Sangat HINA derajatnya suatu bangsa,apabila hendak menghentikan perjuangannya,hanya karena TAKUT akan banyaknya KORBAN.
Justru dengan itulah cita cita TNI semakin DEKAT kepada TUJUANnya yaitu:Menjadi Tentara KEBANGGAN seluruh Negara Indonesia MERDEKA"
(Amanat Panglima Besar Jendral Soedirman dlm rangka memperingati HUT ke 4 Kemerdekaan RI tgl 16 Agustus 1949)

Anonymous said...

Wkwkwkwkw betul banget tuh tahun 60 kan kita berkuasa di asia tenggara sampai-sampai belanda pulang kerumahnya

tonny satyaputra said...

Mantappppppp ganjang maling siaaaa

Anonymous said...

anda harus berperang untuk memperoleh suatu kedamaian...
dan kedamaian selalu di siram darah tirani dan patriot

Anonymous said...

saudara yg berani dari resimen semboyan diraja... takpalah mereka tak ingat siapa yg memicu supaya pemerintah indonesia meningkatkan belanjawan alutsista mereka....surat ini adalah untuk siapa yang mgerti saja..

Anonymous said...

jgn lupakan ekspor terorist mereka ke indonesia hihihihih

Anonymous said...

Rakyat negara Malaysia,juga mempunyai pejuang/pahlawan yg mengadai nyawa utk mencapai kemerdekaan.Tubuh badan menjadi benteng,darah tersimbah kebumi..nyawa dipertaruhkan..sehingga pesetujuan diadakn rundingan dgn pihak penjajah british ketika itu.yg bertempat di kota london,UK.Penjajah british sedia maklum org tanah melayu ketika itu miskin,mereka sengaja menyatakn,jika rakyat tanah melayu mahu mendapat kemerdekaan,pemimpin rakyat tanah melayu harus datang ke negara mereka,untuk mengadakn rundingan tentang hasrat Tanah Melayu utk mendapatkn kemerdekaan.Penjajah British,sengaja berbuat demikian,untuk mempermainkan rakyat Tanah Melayu..kerana mereka beranggapan,pasti org Tanah Melayu tidak mampu..tapi pihak penjajah silap.Rakyat ketika itu sanggup,memberi apa sahaja kepada wakil pemimpin ketika itu,Tunku Abdul Rahman Putra Alhaj seperti,rantai,gelang,wang&apa saja yg berharga supaya digadaikan atau dicagarkan supaya dapat membiayai perjalanan Tunku untuk berusaha berunding dgn penjajah supaya Tanah Melayu beroleh Kemerdekaan.Jika anda mempelajari sejarah negara jiran seperti kami Malaysia,anda akan mendapati Pemimpin&rakyat bersatu untuk mencapai satu hasrat yg sama iaitu meraih kemerdekaan.Akhirnya hasrat yg murni itu berjaya dgn izin Allah yg maha kuasa,lalu tarikh 31 August 1957 telah dipersetujui,bahawa pada tarikh tersebut Tanah Melayu akan merdeka.Sesungguhnya hanya yg Maha Esa sahaja yg mengetahui,betapa sukarnya perjuangan pemimpin&rakyat untuk mencapai kemerdekaaan,sehingga kami dpt merasakan nikmat kebebasan,hasil pengorbanan pahlawan2 bangsa.Sesungguhnya kami rakyat Malaysia sangat bersyukur ke hadrat ilahi.Oleh sebab itu,kami iaitu Pemimpin&rakyat Malaysia,berusaha bersama untuk merubah nasib supaya perjuangan nenek moyang kami tidak sia2.Kami bersama berganding tenaga usaha,&menmanfaatkn ilmu pengetahuan,untuk membangunkn negara kami.Kami mahu kami sendiri yg mencorakkn negara kami tanpa mengikut telunjuk pihak luar.Dan kami mahu memberi contoh&teladan yg berguna yg boleh diikuti oleh generasi seterusnya supaya mereka yg bakal mewarisi negara ini,dapat memberi impak yg hebat demi menerajui negara ini sebagai generasi yg berkualiti,berilmu pengetahuan tinggi&berpijak dibumi yg nyata.Sebenarnya untuk mengenali seorang rakan,anda harusla kenal latarbelakangnya.Begitu juga la untuk mengenali sesebuah negara,anda harusla mengetahui latarbelakang sejarah yg betul2 tepat tentang negara tersebut.Seperti pepatah yang mengatakan "Tak Kenal Maka Tak Cinta".Yang bermaksud,jika seseorang tidak berusaha mengetahui maklumat tepat atau betul tentang sesuatu perkara tidak kisah,orang,tempat,atau negara yg diketahui ataupun dilawati,bagaimana anda mahu mengenalinya..dan setelah mengetahui maklumat yang tepat tentangnya ...siapa tahu..anda mungkin akan jatuh cinta pada.seseorang atau tempat tersebut..

Anonymous said...

Rumah yang busuk atau kotor boleh dibersihkan.Tetapi hati yang busuk dibersihkan dengan membaca Alquran,supaya dapat mengambil pengajaran keatas bencana yg ditimpakan oleh Allah SWT kepada umat islam zaman dahulu yg mempunyai hati yg hitam dan keras.Hati itu dilembutkan pula dgn zikrullah &selawat keatas nabi.

Bikup Mueller said...

kalau kamu negara bertamadun masuk negara pakailah PASPORT ini tidak datang secara haram.Dapat masaalah salahkan Malaysia. Cakap kuat tni tapi pesawat akrobatik tni au indon jatuh masa Langkawi exhibition. banyak lagi kebodohan indon datang ke Malaysia, jadi pencuri, perompak, pelacur dsb. Tiap kali ada masalah mahu perang, lu ingat orang Malaysia takut. Orang ngomong besar itulah yang pertama lari cirit birit kalau terjadi perang.

Bikup Mueller said...

Malaysia usik apa sama indon? Itu kebodohan kamu sendiri.

muhamad iskandar said...

KISAH NYATA..............
Ass.Saya IBU SERI HASTUTI.Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

Pesugihan Instant 10 MILYAR
Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
dll

Syarat :

Usia Minimal 21 Tahun
Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

Proses :

Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
Harus siap mental lahir dan batin
Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
Pada malam hari tidak boleh tidur

Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
Ayam cemani : 2jt
Minyak Songolangit : 2jt
bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

Prosedur Daftar Ritual ini :

Kirim Foto anda
Kirim Data sesuai KTP

Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

Kirim ke nomor ini : 081340887779
SMS Anda akan Kami balas secepatnya

Maaf Program ini TERBATAS .

IBU.SUMIASIH said...

Saya mau mengucapkan terima ksih g tidak terhingga, serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya kepada AKI JEYAPATI , saya sudah kerja sebagai TKI selama 5 tahun di singapore, dengan gaji lebih kurang 2.5jt/bln, tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi setiap bulan harus mengirim ortu di jawa, sudah lama saya mengetahui roomnya AKI ini, juga sudah lama mendengar nama besar aki, tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu percaya dengan hal ghoib, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng Saja.
tetapi kemarin waktu pengeluaran 8924 , saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan, angka yg diberi aki 8924 ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di singapore, tidak ada ongkos pulang, terus beliau bantu kasih angka 8924 setelah saya bantu mahar 8 juta.mulanya saya tdk percaya,mana mungkin angka ini keluar, tapidengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan januari, ternyata meledak….!!!
dapat BLT 750jt, sekali lagi terima kasih banyak AKI JEYAPATI, saya sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang aja ke sukabumi.buat aki,saya tidak akan lupa bantuan& budi baik aki.HUBUNGI AKI JEYAPTI DI NO INI 0852-4228-0055. KLIK TOGEL 2D 3D 4D 6D DISINI

Luth Dboy said...

Jangan bawa2 kata serumpun itu akal2 an mu aja malasia..akal2an untk melemahkn indo ...kalo loe mau dame damai aja jgn bilang serumpun..aku malu dengar y..dr riau

Dewa Togel said...


NURHAYATI TKW DI MALAYSIA

====================================

Lewat internet ini saya mengutarakan
ucapan terima kasih saya kepada MBAH DEWA
yang telah membantu kehidupan keluarga saya
dulunya saya Cuma seorang buruh kasar yang
bekerja di salah satu kebun kelapa sawit
milik : tuan H. BADRUN
di daerah malaysia penghasilan saya
perhari Cuma 55ribu rupiah,hanya pas pasan
untuk mengecukupi kehidupan keluarga saya
Alhamdulillah sekarang Sejak saya bergabung
jadi member_ MBAH DEWA BHARATA_
dan ini. Kemenangan saya yg Ke 3X
Kemarin Di kasih lagi.4D togel malaysia benar-benar tembus...
impian saya selama ini sudah jadi kenyataan.
Alhamdulillah Kehidupan keluarga saya pun
jauh lebih baik dari pada sebelumnya.
Buat saudara bapak/ibu yang ingin mendapatkan
REJEKI melalui jalan TOGEL..atau yg sdh bosan dgn kemiskinan
Hub: MBAH DEWA BHARATA Di:( 082 316 555 388- )
atau Klik Situs resmi kami. di bawah ini.....

KLIK-> BOCORAN TOGEL HARI INI


di jamin anda akan bahagia dengan keluarga
yang punya rumah salam jackpot & damai selalu











































Bpk.SYUKUR DI PAPUA

***********************************

...
assalamualaikum wr,wb
MBAH… saya SYUKUR
mengucapkan banyak2 terima
kasih kepada MBAH DEWA
atas nomor togelnya yang
kemarin MBAH berikan
alhamdulillah
ternyata itu benar2 tembus
MBAH dan berkat bantuan
MBAH DEWA saya bisa
melunasi semua hutan2
orang tua saya yang ada di
BANK BRI dan bukan hanya
itu MBAH alhamdulillah
sekarang saya sudah bisa
bermodal sedikit untuk
mencukupi kebutuhan
keluarga saya sehari2. itu
semua berkat bantuan MBAH
DEWA sekali lagi
makasih banyak yah MBAH…
yang ingin mencari modal dgn jalan singkat
melalui jalan togel HUB: MBAH DEWA BHARATA
DI: ( 082 316 555 388 ) dijamin tdk mengecewakan.
atau kunjungi situs resmiNya dibawah

klik => BOCORAN TOGEL HARI INI

Pak haji ridwan said...

Assalamualaikum.wr.wb. banyak yg inbox menanyakan bagaimana caranya. caranya anda langsung tlp biar jelas. ada yg bilang tlp tdk di angkat,maklum. mungkin pas lagi ada tamu atau lagi ritual, dan anda bisa hubungi kami kembali beberapa saat lagi. masih ada yg tanya testimoni,dan masih ada sebagian yg meragukan keaslian UB dari kami,bagi anda yg yg masih ragu. abaikan saja.atau anda bisa langsung datang dan buktikan di tempat kami. alamat.JL.poris indah. no.10A.cipondoh indah - tangerang - BANTEN. Tlp. 0852 1343 3456 atau KLIK http://pesugihanputih45.blogspot.co.id/ _________________________ PEMBERITAHUAN. bagi anda yg mau memesan Uang Balik (UB)Kami sarankan silahkan pesan secepatnya.masih ada kesempatan. karna biasanya satu minggu sebelum hari raya kami sudah tidak menerima pemesanan. terimakasih. wassalamualaikum.wr.wb.

Pak haji ridwan said...

Assalamualaikum.wr.wb. banyak yg inbox menanyakan bagaimana caranya. caranya anda langsung tlp biar jelas. ada yg bilang tlp tdk di angkat,maklum. mungkin pas lagi ada tamu atau lagi ritual, dan anda bisa hubungi kami kembali beberapa saat lagi. masih ada yg tanya testimoni,dan masih ada sebagian yg meragukan keaslian UB dari kami,bagi anda yg yg masih ragu. abaikan saja.atau anda bisa langsung datang dan buktikan di tempat kami. alamat.JL.poris indah. no.10A.cipondoh indah - tangerang - BANTEN. Tlp. 0852 1343 3456 atau KLIK http://pesugihanputih45.blogspot.co.id/ _________________________ PEMBERITAHUAN. bagi anda yg mau memesan Uang Balik (UB)Kami sarankan silahkan pesan secepatnya.masih ada kesempatan. karna biasanya satu minggu sebelum hari raya kami sudah tidak menerima pemesanan. terimakasih. wassalamualaikum.wr.wb.

Anonymous said...

.................................. (babi-babi merengek) (tidak perlu di-baca)

mieje said...

TENAGA KERJA INDONESIA YG BEKERJA DI MALAYSIA ADALAH SANGAT TERUK..RATA2 M'BERI KHIDMAT KERJA YG TDK SETINPAL DGN BYARAN,TAHAP PIKIRAN PULA DI BWH PARAS MANUSIA NORMAL,INGATAN TERLALU LEMAH..RATA2 BERPRILAKU SEPERTI ORG KETAKUTAN SEMASA BERURUSAN DGN ORG TEMPATAN..PADAHAL ORG2 TEMPATAN MELAYAN MEREKA DGN BAIK..TENAGA KERJA DRI FILIPIN,NEPAL,BANGLADES,PAKISTAN DAN LAIN2 LG JAUH LEBIH BERKUALITAS DRI BANGSA INDONESIA..KNAPA BANGSA MALAY MSH SANGUP M'GADAI MARUAH MENGAKU SERUMPUN DGN BANGSA INDON,PADAHAL BANGSA INDON ADALAH MUSUH MALAYSIA YG HARUS DI PERANGI DAN HAPUSKAN..

Laura Jacobs said...

Halo,
Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Mabel Nasiru, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi hari ini kami melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan persyaratan pinjaman dan kondisi di: (redeemersloanfirm@gmail.com)