Tuesday, December 27, 2011

Menutup Tahun Dengan Madu Ginseng

Satu tahun sudah blog ini hadir di hadapan sidang pembaca sebagai penabuh gendang yang mengiringi modernisasi alutsista TNI.  Selama setahun ini puluhan artikel sudah digelar sebagai pemancing selera untuk melirik ruang alutsista yang ditabuh berulang-ulang agar terdengar dan dipedulikan.  Bahwa sepanjang tahun ini kabar gembira terus mengiringi minggu-minggu perjalanan tahun mengisi berita alutsista baru yang dibeli murni, dibeli dengan transfer teknologi dan dibeli dari produk dalam negeri.

Pamungkasnya adalah penandatanganan kontrak pengadaan 3 kapal selam dengan negeri ginseng Korsel, nilainya US $ 1,1 Milyar.  Seperti bermain bola setelah tendang sana tendang sini, sempat juga handsball dan offside akhirnya goal itu tercapai juga.  Inilah bingkisan manis yang menutup perjalanan belanja alutsista  tahun 2011 dengan cum laude. Kita pun ikut menutup tahun dengan menyeruput  minuman madu ginseng yang menghangatkan itu.

Tulisan yang dikedepankan di blog ini sejatinya adalah untuk mengajak kita, warga republik agar bisa memahami, mendalami dan menghargai perjuangan hulubalang negeri yang sangat wajar untuk dipersenjatai dengan alutsista modern, bukan sekedar didandani dalam selebrasi upacara dan atau unjuk diri.  Sudah selayaknya TNI mendapatkan alat pukul yang berkualitas bukan alat pukul gebuk kasur, untuk mengawal negara kepulauan terbesar di dunia ini.

Itu sebabnya dalam menulis analisis alutsista, kita selalu berada di ruang langkah yang mendahului dua tiga langkah, semata untuk memberi kamar opini bahwa kita menginginkan TNI yang memiliki kuantitas dan kualitas alutsista yang setara dengan jiran, kalau perlu selangkah lebih maju.  Kita bisa jika memang kita berniat untuk mengagahkan pengawal republik ini.  Dan niat itu sudah dilakukan Pemerintah dengan persetujuan DPR dengan menggelontorkan dana yang besar untuk mendapatkan  TNI yang gagah di tahun 2014. Program modernisasi ini  akan terus bergulir setidaknya dalam 3 kali renstra atau apalah namanya sehingga kekuatan gahar itu akan makin jelas posturnya mulai tahun 2019 dan seterusnya.

Terimakasih kepada seluruh pembaca setia yang telah mengunjungi blog ini.  Mohon maaf kalau kita terlambat mengupdate.  Soalnya dalam menuliskan setiap analisis perlu pemikiran, perlu waktu, tema dan data yang terkini.  Blog ini bukan mengutip berita militer lalu menempatkannya dalam blog. Kita ingin menyampaikan opini analisis alutsista TNI dalam koridor semangat mengajak berwawasan optimis dan percaya diri.  Kita akan terus menulis sebagai bagian dari kepedulian dan hasrat yang besar itu, melihat TNI yang berkualitas dengan gandengan alutsista yang modern.  

Selamat memasuki Tahun Baru 1 Januari 2012.   
Semoga kita semua selalu berada dalam ridho Allah SWT, amien.
Salam hangat selalu
Jagvane,-


4 comments:

harno bebek said...

assalamualaikum wr wb.mas jagvane,salam persahabatn&met kenal dariku pembaca setia ulasan2 analisa alutsitamu...semoga semua ulasan alutsita mas jagvane bisa menjadi kenyataan dan semoga TNI kita kuat,berwibawa menjaga kesatuan NKRI,amien2....saya tunggu update ulasan alutsita mas jagvane selanjutnya ditahun 2012,,,semngat selalu&moga2 maken suxses ditahun 2012,amien2...""happy new year 2012""

jurnalfuad said...

pak jagvane, chatboxnya kok gak muncul ya pak? di repair donk pak, kan gak bisa diskusi lagi lo gini...

Anonymous said...

Harapannya juga mulai tahun 2012 dan ke depan pengadaan alutsista RI makin bersih dari intervensi "tangan2 kotor" yang lebih mengedepankan keuntungan sesaat ketimbang kepentingan bangsa dan negara.

Fuad Hasan said...

jurnalfuad.blogspot.com